Rojiqin, Davit Andriansyah Nur (2014) Pengembangan media Compact Disk berbasis konstruktivistik pada materi perawatan jenazah kelas XI-B Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pakisaji Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110215.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini dimaksudkan mengembangkan penerapan pembelajaran konstruktivistik dalam bentuk CD interaktif yaitu konsep belajar dimana guru mengkonstruksi pemikiran peserta didik sehingga dalam alam pikirannya sudah terkonsep mnegenei PAI pada bab perawatan jenazah sehingga mendorong siswa membuat hubungan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya untuk menghidupkan kelas secara maksimal agar siswa memperoleh pengalaman belajar menemukan dengan mengalami sendiri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan media digunakan dalam penguasaan konsep perawatan jenazah siswa SMK kelas XI (2) menerapkan pembelajaran menggunakan media dalam penguasaan konsep pembelajaran materi perawatan jenazah siswa SMK kelas XI sebelum digunakan produk hasil pengembangan (3) mendeskripsikan penguasaan konsep perawatan jenazah siswa SMK kelas XISMK PGRI Pakisaji Malang, setelah digunakan produk hasil pengembangan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) Deskriptif (penelitian awal menghimpun data dalam kondisi nyata) (2) Evaluatif (evaluasi proses ujicoba pengembangan produk) (3) Eksperimen (uji keampuhan produk yang dihasilkan).
Hasil pencapaian pada pre test mencapai 73,83%. Yang menunjukkan nilai rata-rata yang kurang memuaskan, masih ditemukannya angka 55 pada hasil ujian. Setelah melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media hasil pengembangan yakni CD Interaktif Perawatan Jenazah, siswa diuji post test dan hasilnya terjadi peningkatan sebanyak 15,5%. Dengan mencapai 89,33% ini menunjukkan bahwa CD pembelajaran yang dikembangkan peneliti memang membantu meningkatkan keefektifan belajar siswa.
Kesimpulan (1) pengembangan media mendapatkan nilai sangat baik dari guru mata pelajaran yakni 93% dan setelah diuji di depan ahli bahasa yaitu sebesar 84%, ahli isi mata pelajaran sebesar 78,66%, dan ahli desain sebesar 58% dari segi kemenarikan desain masih perlu diadakan perbaikan, namun secara keseluruhan produk hasil pengembangan sudah layak untuk di gunakan setelah melakukan beberapa revisi terhadap CD Pembelajaran. (2) penerapan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran CD interaktif ini menjadikan siswa aktif, siswa memperoleh pengalaman yang baru dalam belajar, meningkatkan penguasaan konsep perawatan jenazah siswa kelas XI-B SMK PGRI Pakisaji Malang.
ABSTRACT
The research is intended to develop the application development of constructivist learning in the form of an interactive CD that is the concept of learning in which teachers construct learners thought so in his own thinking has been conceptualized hitting PAI treatment on the body of the chapter that encourages students to make connections everyday life as an attempt to turn the maximum classroom gain experience in order to learn to identify with the experience itself.
The purpose of this study was to (1) develop a mastery of the media in the treatment of corpse concept students of SMK class XI (2) to apply learning to use the media in the mastery of the concept of learning material treatment of corpse class XI before using products of development (3) describe the mastery of treatment of corpse concept class XI SMK PGRI Pakisaji Malang, having used the product development results.
The design study is a research and development which consists of three stages: (1) Descriptive (research early mustering real data in a condition) (2) Evaluative (evaluation trial of the product development process) (3) Experiment (test the efficacy of the resulting product). Achievement of the pre-test results reach 73.83 %. The average value of less than satisfactory, still finding number 55 on the exam results. After making the learning process by using the results of the development of the media interactive CD treatment of corpse, students were tested post-test and the results are an increase of 15.5%. With a reach of 89.33 % indicates that the researchers developed instructional CD does help increase the effectiveness of student learning.
Conclusions (1) the development of media get very good value from the teacher that 93 % of subjects were tested before and after that linguists by 84 %, the expert subject matter content of 78.66 %, and 58% expert design in terms of the attractiveness of the design is still the necessary repairs, but the overall product development outcomes is feasible to be used after making some revisions to the Learning CDs. (2) The applying of study with learning interactive CD is make an active student, students gain new experience and increase treatment of corpse concept student class XI-B SMK PGRI Pakisaji Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Perawatan Jenazah; PAI; Learning Media; Treatment of Corpse. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:47 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39981 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |