Mahfiroh, Lailatul (2014) Peran Pondok Pesantren dalam menanamkan akhlak di era globalisasi pada santri Pondok Pesantren Al-Ghozali Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
10110092.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK
Merosotnya moralitas bangsa semata-mata karena kurangnya penekanan akhlak terhadap generasi muda, sehingga akan mengakibatkan tingkah laku yang mencemaskan terutama bagi anak yang terlibat dalam perkelahian, masalah narkotik, dan pergaulan bebas. Dalam kondisi yang seperti ini, dibutuhkan sistem pendidikan yang mampu membentuk akhlak anak dengan baik yang sesuai dengan ajaran agama. Sistem pendidikan pesantrenlah yang kemudian dinilai mampu untuk itu, karena pesantren pada umumnya bertujuan untuk belajar agama dan mencetak pribadi Muslim yang Kaffah yang melaksanakan ajaran agama Islam secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Menjelaskan peran pondok pesantren dalam menanamkan akhlak di Era Globalisasi pada santri Pondok Pesantren Al-Ghazali Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang, 2) Mengetahui metode yang digunakan pondok pesantren dalam menanamkan akhlak di Era Globalisasi pada santri Pondok Pesantren Al-Ghazali Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang, 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pondok pesantren dalam menanamkan akhlak di Era Globalisasi pada santri Pondok Pesantren Al-Ghazali Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang ada di lokasi penelitian. Data yang diambil penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, agar hasil penelitian tersusun secara sistematis. Langkah-langkah peneliti dalam menganalisis data adalah pertama, dengan memilih hal-hal yang pokok dalam memfokuskan kepada hal-hal yang penting. Kedua menyajikan data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat, tabel dan lain sebagainya. Ketiga menarik kesimpulan guna menjawab rumusan masalah yang di rumuskan sejak awal.
Hasil penelitian menemukan bahwa : 1) Peran pondok pesantren dalam menanamkan akhlak di Era globalisasi kepada santri adalah : a) Memberikan pembelajaran dengan berbasis IT (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), b) Peran sebagai kontrol perubahan zaman, 2) Metode yang digunakan Pondok Pesantren dalam menanamkan akhlak di Era globalisasi kepada santri adalah: a) Metode ceramah, b) metode keteladanan, c) metode pembiasaan, d) metode pemberian nasehat dan hukuman. 3) Faktor pendukung Pondok Pesantren dalam menanamkan akhlak di Era globalisasi pada santri, yaitu: a) Adanya pengaruh dari pengasuh, b) antusiasme santri dalam mengikuti kegiatan. 4) Faktor penghambat Pondok Pesantren dalam menanamkan akhlak di Era globalisasi pada santri, yaitu: a) Adanya waktu yang berbenturan dengan kegiatan sekolah.
ABSTRACT
The decline of morality solely due to lack of emphasis on youth character, so it will result in behavior that is worrisome, especially for children who get into fights, drug problems, and promiscuity. In conditions like this, it takes an education system that is capable of forming a good character with a child in accordance with the teachings of religion. Pesantren education system are then considered capable for it, because the boarding school in general aims to study religion and personal printing Kaffah Muslims who carry out the teachings of Islam consistently in daily life.
The purpose of this study was to: 1) Explain the role of boarding school in instilling morals in the Era of Globalization on Boarding School of Al-Ghazali Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, 2) Know the methods used boarding school in instilling morals in the Era of Globalization on Boarding School Al -Ghazali Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, 3) Know the factors supporting and inhibiting boarding school in instilling morals in the Era of Globalization on boarding School of Al-Ghazali Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.
This research was conducted using qualitative research methods with the aim to describe or depict the phenomenon of the research sites. Data taken from research through observation, interviews, and documentation, in order to research results systematically arranged. Steps researchers in analyzing the data were : first, by selecting the subject matters in focusing on the things that are important. The second, presents data in the form of brief descriptions, tables, and so on. Third, draw conclusions to answer the formulation of the problem was initially formulated.
The study found that: 1) The role of boarding school in instilling morals in the era of globalization to students are: a) Provide learning with IT-based (Science and Technology), b) the role of the control of the changing times, 2) The method used in the Boarding School instill morals in the era of globalization to students are: a) the lecture method, b) exemplary method, c) the method of habituation, d) methods of providing legal advice and punishment. 3) Factors supporting Islamic boarding school in instilling morals in the era of globalization the students, namely: a) The influence of caregiver, b) the enthusiasm of students in participating in the activities. 4) Limiting Factors Boarding School in instilling morals in the era of globalization the students, namely: a) The time that clashed with school activities.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sudiyono, Sudiyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pondok Pesantren; Menanamkan akhlak; Santri; Boarding School; Instilling morals; Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 09:03 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 09:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39790 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |