Sari, Ivo Intany Permata (2022) Pengaruh perilaku konsumen terhadap minat menggunakan e-money yang dimediasi oleh perkembangan era digital: Studi kasus pada OVO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16510066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Di Indonesia bergerak menuju perekonomian digital dengan adanya pembayaran menggunakan ¬e-money dan itulah mengapa gaya hidup telah berubah tanpa menggunakan uang tunai menjadi populer di kalangan generasi millennial. Salah satu instrumen cashless paling populer adalah e-wallet sebagai bentuk inovatif dari e-money untuk meningkatkan transaksi lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan uang elektronik dengan memediasi perkembangan era digital. Variabel penelitian ini adalah motivasi hedonisme, kebiasaan, dan kondisi yang memfasilitasi yang berasal dari Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Responden dalam penelitian ini adalah pengguna aktif OVO di Jawa Timur. Data yang diperoleh melalui kuisioner online. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah partial least square-structural equation modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat menggunakan aplikasi OVO dipengaruhi oleh perkembangan era digital. Variabel motivasi hedonisme dan kondisi yang memfasilitasi mempengaruhi perkembangan era digital yang ditemukan sebagai mediasi yang signifikan. Variabel kebiasaan tidak mempengaruhi pada mediasi perkembangan era digital.
ENGLISH:
Indonesia is moving towards a digital economy with payments using e-money and that is why the lifestyle has changed without using cash to become popular among the millennial generation. One of the most popular cashless instruments is e-wallet as an innovative form of e-money to increase transactions more effectively and efficiently. This study aims to examine the factors that influence interest in using electronic money by mediating the development of the digital era. The variables of this research are hedonism motivation, habits, and facilitating conditions that come from the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Respondents in this study were active users of OVO in East Java. Data obtained through online questionnaires. Sampling was done by using simple random sampling. The data analysis technique used for this research is partial least square-structural equation modeling (PLS-SEM). The results of this study indicate that interest in using the OVO application is influenced by the development of the digital era. Variables of hedonism motivation and facilitating conditions affecting the development of the digital era were found to be significant mediations. The habit variable does not affect the mediation of the development of the digital era.
ARABIC:
ﻓﻲﺇﻧﺪﻭﻧﻴﺴﻴﺎ ، ﺍﻟﺘﻮﺟﻪ ﻧﺤﻮ ﺍﻻﻗﺘﺼﺎﺩ ﺍﻟﺮﻗﻤﻲ ﻣﻊ ﺍﻟﻤﺪﻓﻮﻋﺎﺕ ﺑﺎﺳﺘﺨﺪﺍﻡ ﺍﻟﺘﺠﺎﺭﺓ ﺍﻹﻟﻜﺘﺮﻭﻧﻴﺔﺍﻟﻨﻘﻮﺩ ﺍﻹﻟﻜﺘﺮﻭﻧﻴﺔﻭﻫﺬﺍ ﻫﻮ ﺳﺒﺐ ﺗﻐﻴﻴﺮ ﻧﻤﻂ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻨﻘﺪﻱ ﻟﻴﺼﺒﺢ ﺷﺎﺉﻌﺎً ﺑﻴﻦ ﺍﻷﺟﻴﺎﻝﺍﻷﻟﻔﻴﺔ.ﺃﺣﺪ ﺍﻷﺩﻭﺍﺕ ﺍﻟﺴﻴﻮﻟﺔﺍﻟﻨﻘﺪﻳﺔ ﺍﻷﻛﺜﺮ ﺷﻌﺒﻴﺔ ﻫﻮﺍﻟﻤﺤﻔﻈﺔ ﺍﻟﺮﻗﻤﻴﺔﻛﺸﻜﻞ ﻣﺒﺘﻜﺮ ﻣﻦﺍﻟﻨﻘﻮﺩ ﺍﻹﻟﻜﺘﺮﻭﻧﻴﺔﻟﺰﻳﺎﺩﺓ ﻓﻌﺎﻟﻴﺔ ﻭﻛﻔﺎءﺓ ﺍﻟﻤﻌﺎﻣﻼﺕ.ﺗﻬﺪﻑﻫﺬﻩ ﺍﻟﺪﺭﺍﺳﺔ ﺇﻟﻰ ﻓﺤﺺ ﺍﻟﻌﻮﺍﻣﻞ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺆﺛﺮ ﻋﻠﻰ ﺍﻻﻫﺘﻤﺎﻡ ﺑﺎﺳﺘﺨﺪﺍﻡ ﺍﻟﻨﻘﻮﺩ ﺍﻹﻟﻜﺘﺮﻭﻧﻴﺔ ﻣﻦ ﺧﻼﻝ ﺍﻟﺘﻮﺳﻂﻓﻲ ﺗﻄﻮﺭ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﺍﻟﺮﻗﻤﻲ. ﻣﺘﻐﻴﺮﺍﺕ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺒﺤﺚ ﻫﻲ ﺩﻭﺍﻓﻊ ﺍﻟﻤﺘﻌﺔ ﻭﺍﻟﻌﺎﺩﺍﺕ ﻭﺍﻟﻈﺮﻭﻑ ﺍﻟﺘﻴﺴﻴﺮﻳﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺄﺗﻲﻣﻦ ﺍﻟﻨﻈﺮﻳﺔ ﺍﻟﻤﻮﺣﺪﺓ ﻟﻘﺒﻮﻝ ﻭﺍﺳﺘﺨﺪﺍﻡ ﺍﻟﺘﻜﻨﻮﻟﻮﺟﻴﺎ )2ﻓﻲ ﺟﺎﻭﺓ ﺍﻟﺸﺮﻗﻴﺔ. ﺍﻟﺒﻴﺎﻧﺎﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﻢ ﺍﻟﺤﺼﻮﻝ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻣﻦﺧﻼﻝ ﺍﻻﺳﺘﺒﻴﺎﻧﺎﺕ OVO ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﺴﺘﺠﻴﺒﻮﻥ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺪﺭﺍﺳﺔ ﻣﺴﺘﺨﺪﻣﻴﻦ ﻧﺸﻄﻴﻦ ﻟـ UTAUT2(.ﻋﺒﺮ ﺍﻻﻧﺘﺮﻧﺖ. ﺗﻢ ﺃﺧﺬ ﺍﻟﻌﻴﻨﺎﺕ ﺑﺎﺳﺘﺨﺪﺍﻡﻋﻴﻨﺔ ﻋﺸﻮﺍﺉﻴﺔ ﺑﺴﻴﻄﺔ.ﺗﻘﻨﻴﺔ ﺗﺤﻠﻴﻞ ﺍﻟﺒﻴﺎﻧﺎﺕ ﺍﻟﻤﺴﺘﺨﺪﻣﺔ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺒﺤﺚﻫﻲﺍﻟﻨﻤﺬﺟﺔ ﺍﻟﺠﺰﺉﻴﺔ ﻟﻠﻤﻌﺎﺩﻟﺔ ﺍﻟﻬﻴﻜﻠﻴﺔ ﺍﻟﺘﺮﺑﻴﻌﻴﺔPLS-SEM(.) ﺗﺸﻴﺮﻧﺘﺎﺉﺞ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺪﺭﺍﺳﺔ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﺍﻻﻫﺘﻤﺎﻡ ﺑﺎﺳﺘﺨﺪﺍﻡ ﺗﻄﺒﻴﻖ OVO ﻳﺘﺄﺛﺮ ﺑﺘﻄﻮﺭ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﺍﻟﺮﻗﻤﻲ. ﺗﻢ ﺍﻟﻌﺜﻮﺭﻋﻠﻰ ﻣﺘﻐﻴﺮﺍﺕ ﺍﻟﺪﺍﻓﻊ ﻭﺭﺍء ﻣﺬﻫﺐ ﺍﻟﻤﺘﻌﺔ ﻭﺗﺴﻬﻴﻞ ﺍﻟﻈﺮﻭﻑ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺆﺛﺮ ﻋﻠﻰ ﺗﻄﻮﺭ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﺍﻟﺮﻗﻤﻲ ﻟﺘﻜﻮﻥ ﻭﺳﺎﻃﺔﻛﺒﻴﺮﺓ. ﻻ ﻳﺆﺛﺮ ﻣﺘﻐﻴﺮ ﺍﻟﻌﺎﺩﺓ ﻋﻠﻰ ﻭﺳﺎﻃﺔ ﺗﻄﻮﺭ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﺍﻟﺮﻗﻤﻲ.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | UTAUT2; Uang Elektronik; Era Digital; Pembayaran Elektronik; UTAUT2; E-Money; Digital Era; Mobile Payment; UTAUT2; ﺍﻟﻨﻘﻮﺩ ﺍﻹﻟﻜﺘﺮﻭﻧﻴﺔ ; ﺗﻄﻮﺭ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﺍﻟﺮﻗﻤﻲ ; ﺍﻟﻤﺪﻓﻮﻋﺎﺕ ﺍﻹﻟﻜﺘﺮﻭﻧﻴﺔ | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150302 Business Information Systems 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Ivo Intany | ||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2022 12:39 | ||||||
Last Modified: | 19 Jul 2022 12:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/38993 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |