Darmana, Adinda Annisa' (2021) Pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam terhadap motivasi belajar, tingkat percaya diri dan hasil belajar PAI siswa di SMA/SMK Negeri Kecamatan Singosari. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
19770002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pada hakikatnya penilaian hasil belajar siswa adalah perubahan tingkah laku yang awalnya tidak bisa menjadi bisa atau tidak tahu menjadi tahu, dan penilaian hasil belajar dalam pengertian taksonomi bloom mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hampir setiap orang pernah mengalami krisis percaya diri dalam hidupnya, sejak masih anak-anak hingga dewasa. Padahal percaya diri merupakan modal dasar keberhasilan disegala bidang. Proses pembelajaran motivasi merupakan salah satu aspek dinamis yang sangat penting. Siswa yang kurang berprestasi bukan disebabkan oleh kemampuannya yang kurang, akan tetapi dikarenakan tidak adanya motivasi untuk belajar sehingga tidak berusaha untuk mengarahkan segala kemampuannya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam (BDI) siswa mempunyai semangat rasa percaya diri dan motivasi dalam belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang bak, serta memperoleh perilaku keagamaan yang baik.
Penelitian ini bertujuan (1) Menjelaskan pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler BDI terhadap tingkat percaya diri siswa (2) Menjelaskan pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler BDI terhadap hasil belajar PAI siswa (3) Menjelaskan pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler BDI terhadap tingkat percaya diri dan hasil belajar PAI siswa (4) Menjelaskan pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler BDI dengan mediator motivasi belajar terhadap tingkat percaya diri dan hasil belajar PAI siswa di SMA/SMK Negeri Kecamatan Singosari.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis asosiatif, dengan teknik pengumpulan data berupa pemberian angket/kuisioner dan dokumentasi. Angket diberikan kepada 130 siswa jenjang SMA/SMK Negeri Kecamatan Singosari sebagai responden. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26.
Hasil penelitian pada rumusan pertama menunjukkan terdapat pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler BDI terhadap tingkat percaya diri siswa diketahui thitung lebih besar dari ttabel dengan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas, bersifat positif apabila salah satu variabel meningkat diikuti oleh variabel lain. Rumusan kedua menunjukkan tidak terdapat pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler BDI terhadap hasil belajar PAI siswa diketahui thitung lebih kecil dari ttabel dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai probabilitas, sehingga dapat dinyatakan hipotesis kerja ditolak dan hipotesis nihil diterima. Rumusan ketiga menunjukkan terdapat pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler BDI terhadap tingkat percaya diri dan hasil belajar PAI siswa diketahui thitung lebih besar dari ttabel dengan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas, sehingga dapat disimpulkan bahwa memiliki kontribusi secara simultan. Rumusan keempat menunjukkan terdapat pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler BDI dengan mediator motivasi belajar terhadap tingkat percaya diri dan hasil belajar PAI siswa diketahui hasil positif nilai koefisien regresi dari variabel M dan thitung lebih besar dari ttabel dengan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas, sehingga dapat dinyatakan bahwa variabel M memediasi variabel X terhadap variabel Y1 dan Y2 berpengaruh positif.
ABSTRACT
Education is an inseparable part of human life. In essence, the assessment of student learning outcomes is a change in behavior from being unable or not knowing to knowing, and the assessment of learning outcomes in terms of Bloom's taxonomy includes cognitive, affective, and psychomotor aspects. Almost everyone has experienced a crisis of confidence in their life, from childhood to adulthood. Though self-confidence is the basic capital of success in all fields. The motivational learning process is one of the most important dynamic aspects. Students who lack achievement are not caused by their lack of ability, but because there is no motivation to learn so they do not try to direct all their abilities. It is hoped that with the extracurricular activities of the (Badan Dakwah Islam) (BDI)/Islamic Da'wah Agency (IDA) students have a spirit of self-confidence and motivation in learning so that they get good learning outcomes, and acquire good religious behavior.
This study aims to (1) explain the effect of student participation in IDA extracurricular activities on students' confidence levels (2) explain the effect of student participation in IDA extracurricular activities on student PAI learning outcomes (3) explain the effect of student participation in IDA extracurricular activities on confidence levels and student PAI learning outcomes (4) Explaining the effect of student participation in IDA extracurricular activities with learning motivation mediators on the level of self-confidence and PAI learning outcomes of students in SMA/SMK Negeri Singosari District.
This research uses an associative type of quantitative approach, with data collection techniques in the form of providing questionnaires and documentation. Questionnaires were given to 130 high school/vocational high school students in Singosari District as respondents. The data analysis technique is using validity test, reliability test, normality test and simple and multiple linear regression test with the help of IBM SPSS Statistics 26.
The results of the research in the first formulation show that there is an effect of student participation in IDA extracurricular activities on students' self-confidence, it is known that tcount is greater than ttable with a significantly smaller value than the probability value, is positive if one variable increases followed by another variable. The second formulation shows that there is no effect of student participation in IDA extracurricular activities on student PAI learning outcomes. It is known that tcount is smaller than ttable with a significant value greater than the probability value, so it can be stated that the working hypothesis is rejected and the null hypothesis is accepted. The third formulation shows that there is an effect of student participation in IDA extracurricular activities on the level of confidence and student PAI learning outcomes. The fourth formulation shows that there is an effect of student participation in IDA extracurricular activities with learning motivation as a mediator on the level of confidence and student learning outcomes in PAI. it is stated that the variable M mediates the variable X on the variables Y1 and Y2 has a positive effect.
مستخلص البحث
عانى الجميع تقريبًا من أزمة ثقة في حياتهم ، من الطفولة إلى البلوغ. رغم أن الثقة بالنفس هي رأس المال الأساسي للنجاح في جميع المجالات. تعتبر عملية التعلم التحفيزي من أهم الجوانب الديناميكية. الطلاب الذين يفتقرون إلى التحصيل لا يرجعون إلى افتقارهم إلى القدرة ، ولكن بسبب عدم وجود دافع للتعلم ، لذلك لا يحاولون توجيه كل قدراتهم. من المأمول من خلال الأنشطة اللامنهجية لوكالة الدعوة الإسلامية (BDI) أن يتمتع الطلاب بروح الثقة بالنفس والتحفيز في التعلم حتى يحصلوا على نتائج تعليمية جيدة ، واكتساب السلوك الديني الجيد.
تهدف هذه الدراسة إلى (1) شرح تأثير مشاركة الطلاب في الأنشطة اللامنهجية BDI على مستويات ثقة الطلاب (2) شرح تأثير مشاركة الطلاب في الأنشطة اللامنهجية BDI على نتائج تعلم التربوية الإسلامية للطلاب (3) شرح تأثير مشاركة الطلاب في أنشطة BDI اللامنهجية على مستويات الثقة ونتائج التعلم التربوية الإسلامية للطلاب (4) شرح تأثير مشاركة الطلاب في الأنشطة اللامنهجية BDI مع وسطاء تحفيز التعلم على مستوى الثقة بالنفس ونتائج التعلم التربوية الإسلامية للطلاب في في مدرسة العليا نكري سيعوساري.
يستخدم هذا البحث نوعًا ترابطيًا من المنهج الكمي ، مع تقنيات جمع البيانات في شكل تقديم استبيان / استبيان وتوثيق. تم تقديم الاستبيانات إلى 130 من طلاب المدارس الثانوية / المدارس الثانوية المهنية في منطقة Singosari كمستجيبين. تستخدم تقنية تحليل البيانات اختبار الصلاحية واختبار الموثوقية واختبار الحالة الطبيعية واختبار الانحدار الخطي البسيط والمتعدد بمساعدة IBM SPSS Statistics 26.
أظهرت النتائج أن تأثير مشاركة الطلاب في الأنشطة اللامنهجية BDI على مستوى ثقة الطلاب في مدرسة العليا نكري سيعوساري أظهر نتائج إيجابية مما يعني أن قيمة معامل الانحدار للمتغير M كانت 0.511 و tcount 6.554 أكبر من ttable 1.9789 مع قيمة كبيرة هي 0.000 أصغر من القيمة الاحتمالية 0.05 (0.000 <0.05). لذلك يمكن القول أن المتغير M يتوسط المتغير X على المتغيرين Y1 و Y2 له تأثير إيجابي.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni and Sudirman, Sudirman | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Partisipasi Siswa; Ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam; Motivasi Belajar; Tingkat Percaya Diri; Hasil Belajar PAI; Student Participation; Islamic Da'wah Body Extracurricular; Learning Motivation; Confidence Level; PAI Learning Outcomes; مشاركة الطلاب ; الدعوة الإسلامية الجسم اللامنهجي ; الدافع التعلم ; مستوى الثقة بالنفس مخرجات التعلم التربوية الإسلامية; | |||||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Adinda Annisa' Darmana | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2022 11:18 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2022 11:18 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/33903 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |