Aldiansyah, Muhammad Alfan (2021) Pembentukan karakter cinta tanah air melalui pembelajaran social study di Sekolah Dasar My Little Island Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16140024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter merupakan hal penting yang perlu ditekankan baik di lingkungan keluarga maupun di sekolah. Pendidikan karakter pada hakikatnya memiliki makna yang lebih luas dari pendidikan moral, sebab pendidikan karakter bukan hanya sebatas tentang soal benar-salah, tetapi bagaimana menanamkan kebiasaan hal-hal baik dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu karakter yang diterapkan adalah karakter cinta tanah air. Poin utama penerapan cinta tanah air terletak pada konsep cara berpikir, bersikap dan bertindak yang membutuhkan pembelajaran secara teoretis dan aplikatif. Melalui pembelajaran social study pendidik bisa memberikan pendalaman dari karakter cinta tanah air karena berkaitan dengan kehidupan sosial yang ada dimasyarakat yang memiliki keberagaman yang berbeda.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) desain pembelajaran yang diterapkan dalam membentuk karakter cinta tanah air di SD My Little Island Malang, (2) pelaksanaan pembelajaran social study dalam pembentukan karakter cinta tanah air di SD My Little Island Malang, (3) kendala pembelajaran social study dalam membentuk karakter cinta tanah air di SD My Little Island Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan pada data yang diperoleh dengan mereduksi data yang di perlukan, menyajikan data dalam bentuk deskriptif dan disusun secara sistematis serta memverifikasi data yakni dengan pengambilan kesimpulan penelitian.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1) desain pembelajaran yang diterapkan dalam membentuk karakter cinta tanah air dengan menggunakan kurikulum campuran yang dipakai oleh SD My Little Island Malang yang dinamakan Curriculum MINE 4.0. (2) pelaksanaan pembelajaran social study didesain dan diaplikasikan sesuai dengan substansi pembelajaran yang berdasar pada kebutuhan dan persiapan untuk lingkungan yang akan siswa hadapi dalam kehidupan sehari–hari, (3) ada beberapa kendala dalam pembelajaran social study yakni penggunaan bahasa, kurangnya minat siswa untuk mengenal negeri sendiri daripada negeri lain, dan sulitnya mengontrol konsentrasi siswa dalam pembelajaran social study dalam pembelajaran daring (dalam jaringan).
ENGLISH:
Character building is an important thing needs to emphasized both in the family or school environment. Character building basically has broaden meaning than just moral education, because character building is not only about something right or wrong, but also how to have a good attitude in social life. One of the characters needed is patriotism. The main point of patriotism is take place on the way of thinking (paradigm), attitude, and act which require theoretical and applicable learning. Through the social study learning, the educators can provide an in-depth understanding of patriotism because it is related to social life in society with different diversity.
This study aims to describe: (1) the learning design applied in character building of patriotism in SD My Little Island Malang, (2) the implementation of social study learning in the formation of character building of patriotism, (3) the difficulties social study learning in character building of patriotism at SD My Little Island Malang.
This study uses a qualitative research approach with descriptive methods. Data collection techniques are carried out through interviews, observation and documentation. Data analysis was carried out on the data obtained by reducing the required data, presenting the data in descriptive form and systematically compiling and verifying the data, namely by taking research conclusions.
The result of this study shows that, (1) the learning design applied in character building of patriotism by using mix curriculum in My Little Island Malang Elementary School is called Curriculum MINE 4.0. (2) the implementation of social study learning is designed and applied in accordance with the learning substantial based on the needs and prepare the student to the daily life, (3) there are some weakness of social study learning, those are the use language, less interest of the student to know their own country rather than other countries, and the difficulties controlling the students’ concentration in online learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Karakter; Cinta Tanah Air; Pembelajaran Sosial; Character; Patriotism; Social Study; احلب الوطين،تعليمالدراسةاالجتماعية شخصية | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Muhammad Alfan Aldiansyah | ||||||
Date Deposited: | 18 Jun 2021 10:33 | ||||||
Last Modified: | 18 Jun 2021 10:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/27688 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |