Izdihar, Nisrina (2021) Hubungan model pembelajaran blended learning dengan kualitas pembelajaran mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadits di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Siti Fatimah Pandaan, Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17110089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kualitas pembelajaran merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan guna mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil PISA 2018 diketahui bahwa capaian akademis Indonesia berada pada peringkat ke-74 dari 79 negara. hal ini menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran di Indonesia memerlukan perhatian yang serius. Salah satu langkah awal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu melalui pemilihan model pembelajaran yang tepat. Satu diantaranya adalah model pembelajaran blended learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran blended learning yang diterapkan pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di kelas VII MTs Siti Fatimah Pandaan. 2) Kualitas pembelajaran mata pelajaraan Al-Qur’an dan Hadits di kelas VII MTs Siti Fatimah Pandaan. 3) Hubungan model pembelajaran blended learning dengan kualitas pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di kelas VII MTs Siti Fatimah Pandaan.
Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data menggunakan angket, peneliti menggunakan sampel dengan jumlah 91 responden dari siswa kelas VII MTs Siti Fatimah Pandaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran blended learning yang diterapkan pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits siswa kelas VII di MTs Siti Fatimah Pandaan berada pada kategori baik. Hal ini sesuai dengan hasil angket yang menunjukkan bahwa, terdapat 56 atau 62% responden yang menyatakan baik dengan rentang skor 38-46. 2) Kualitas pembelajaran siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur’an dan hadits di MTs Siti Fatimah Pandaan berada pada kategori baik. Hal ini sesuai dengan hasil angket yang menunjukkan bahwa, terdapat 61 atau 67% responden yang menyatakan baik dengan rentang skor antara 72-88. 3) Berdasarkan hasil uji signifikansi, diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,527 > 1,986. Maka, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran blended learning dengan kualitas pembelajaran siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur’an dan hadits di MTs Siti Fatimah Pandaan.
ENGLISH:
The quality of learning is an important thing to pay attention to in order to achieve learning objectives. Based on the results of the PISA 2018, it is stated that Indonesia's academic achievements are ranked 74th out of 79 countries. These results indicate that the quality of learning in Indonesia requires serious attention. One of the first steps that can be taken to improve the quality of learning is through the selection of an appropriate learning model. One of them is the blended learning model.
This study aims to determine: 1) The blended learning model applied to Al-Qur'an and Hadith subjects for 7th grade students at MTs Siti Fatimah Pandaan. 2) The quality learning of 7th grade students in Al-Qur'an and Hadith subjects at MTs Siti Fatimah Pandaan. 3) The correlation between blended learning model and learning quality in Al-Qur'an and Hadith subjects for 7th grade students at MTs Siti Fatimah Pandaan.
This research uses a quantitative approach with a correlational type. The data collection techniques used were questionnaires and documentation. In collecting data using a questionnaire, researcher used a sample of 91 respondents from 7th grade. Data that has been obtained then analyzed using the help of the SPSS 22.0 for windows application.
The results showed that: 1) The blended learning model applied to the Al-Qur'an and Hadith subjects of grade VII students at MTs Siti Fatimah Pandaan is in a good category. 2) The learning quality of grade VII students in Al-Qur'an and hadith subjects at MTs Siti Fatimah Pandaan is in a good category. 3) Based on the results of the significance test, the t count is greater than t table, that is 5,527 > 1.986. So, it can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected. In other words, there is a significant relationship between the blended learning model with the quality of learning in the Al-Qur'an and hadith subjects of 7th grade students at MTs Siti Fatimah Pandaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rossidy, Imron | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran; Blended Learning; Kualitas Pembelajaran; Learning Model; Blended Learning; Quality of Learning | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nisrina Izdihar | ||||||
Date Deposited: | 08 Jun 2021 10:28 | ||||||
Last Modified: | 08 Jun 2021 10:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/27259 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |