Winarti, Sri (2012) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial pada siswa-siswi SMK X dan XI Cendika Bangsa Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
09410023_Pendahuluan.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
09410023_Indonesia.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
09410023_Inggris.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
09410023_Bab_1.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
09410023_Bab_2.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
09410023_Bab_3.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
09410023_Bab_4.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
09410023_Bab_5.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text (References)
09410023_Daftar_Pustaka.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
09410023_Lampiran.rar Download (698kB) |
Abstract
INDONESIA:
Manusia pada dasarnya sebagai makhluk sosial, yaitu makhluk yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain atau selalu membutuhkan orang lain dalam rangka bersosialisasi. Interaksi merupakan hubungan sosial yang dinamis menyangkut hubungan tersebut dapat saling berlangsung antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Kecerdasan emosional tersebut meliputi empati, mengungkapkan dan memahami perasaan, mengendalikan amarah, memecahkan masalah antar pribadi, kesetiakawanan, keramahan, dan rasa hormat. Terdapat realita pada siswa-siswi Smk Cendika Bangsa Kepanjen Malang, kebanyakan mereka memiliki kemampuan berinteraksi menengah dengan kecerdasan emosional yang tinggi.
Tingkat kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kualitas interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa-siswi Smk Cendika Bangsa Kepanjen Malang yang berhubungan dengan Interaksi Sosial. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan kemampuan berinteraksi sosial. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah kecerdasan emosional dan variabel terikatnya adalah interaksi sosial. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi smk cendika bangsa kelas X dan XI yang berusia antara 15-17 tahun yang berjumlah 55 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi, adapun metode pengumpulan datanya menggunakan angket dengan skala linkert, observasi, dan wawancara.
Sampel yang diambil sebanyak 25% dari populasi, ditentukan melalui teknik random sampling. Adapun cara pengolahan data menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa-siswi mayoritas berada pada kategori tinggi yakni 76,4% dengan frekuensi 42 siswa. Sedangkan tingkat interaksi sosial siswa-siswi mayoritas pada kategori sedang yakni 61,8% dengan frekuensi 34 siswa. Kedua variabel ini mempunyai hubungan positif dengan hasil 88,7% signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi pula kemampuan berinteraksi sosialnya siswa-siswi Smk Cendika Bangsa Kepanjen Malang.
Hasil korelasi kecerdasan emosional dengan interaksi sosial diperoleh hit 0.887, tabel 0.000 dan nilai N adalah 55. Dengan demikian, berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima karena terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecerdasan emosional dan interaksi sosial pada siswa-siswi SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang.
ENGLISH:
Escentially, human as social beings, which can’t line alone with out other support or always need the other for social interaction. Interaction contituted dynamic social relation concern that can mutual occur between individually, individu with group,or group with group. Emotional intelegent mentioned cover empation, feeling reveal and anderstanding, anger control, personal problem solving, esprit de corps, friendly, andrespectfull. There was a reality at student of cendika bangsa vocational high school kepanjen malang. Almost of them have intermediate interaction ability with high emotional intelignt.
Emotional intelegent take affect against socioal interaction quality. This research alms to know emotional intelegent level student of cendika bangsa vocational high school kepanjen malang in relation ship with social interaction. The hypothesis is that there is a positive relationship between emotional intelligence and the ability to interact socially. In this study there are two variables are independent variables and the dependent variable of emotional intelligence is social interaction. The samples in this study were students smk cendika class X and XI nation between the ages of 15-17 years, amounting to 55 students. This research is quantitative correlation approach, while the method of data collection using a questionnaire with a scale linkert, observation, and interviews.
Samples taken as much as 25% of the population, determined through random sampling technique. As for how to use a computer-assisted data processing program SPSS 16.0 for Windows. Based on the analysis, it is known that the level of emotional intelligence are the majority of students in the high category ie 76.4% with a frequency of 42 students. While the level of social interaction majority of the students in the category that is 61.8% with a frequency of 34 students. Both of these variables have a positive relationship with the significant results of 88.7%. This suggests that higher emotional intelligence, the higher their social interaction skills students Smk Cendika Nations Kepanjen Malang.
The correlation of emotional intelligence with social interaction obtained hit 0887, 0000 table and the value of N is 55. Thus, it means that the hypothesis proposed in this study received because there is a significant relationship between the level of emotional intelligence and social interaction in vocational students Cendika Nations Kepanjen Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hidayah, Rifa | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Interaksi Sosial; Emotional Intelegent; Social Interaction; | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Location: | 170113 | ||||||
Depositing User: | Annas Al-haq | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2015 12:52 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2015 12:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2205 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |