Badriyah, Lailatul (2013) Peran simpati dengan kualitas pelayanan perawat Rumah Sakit Islam Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
09410054_Pendahuluan.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
09410054_Indonesia.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
09410054_Inggris.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
09410054_Bab_1.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
09410054_Bab_2.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
09410054_Bab_3.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
09410054_Bab_4.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
09410054_Bab_5.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (References)
09410054_Daftar_Pustaka.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
09410054_Lampiran.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perawat merupakan salah satu komponen penting dan strategis dalam pelaksanaan layanan kesehatan. Kehadiran dan peran perawat tidak dapat diabaikan. dalam menjalankan tugasnya tersebut, seorang perawat dituntut untuk memahami proses dan standart praktik keperawatan. dan pelayanan keperawatan bermutu yang diberikan oleh perawat dapat dicapai apabila perawat dapat memperhatikan sikap keperduliannya kepada pasien. Dalam memberikan pelayanan, perawat hendaklah menggunakan keahlian, kata-kata yang lembut, sentuhan, memberikan harapan, selalu berada disamping pasien dan berkemampuan untuk memberikan rasa simpati serta rasa empati. Simpati yang ada pada diri seorang perawat secara tidak langsung akan mendekatkan hubungan emosional antara perawat dengan pasien, sehingga dengan adanya simpati tersebut, perawat akan senantiasa memberikan perawatan yang lebih baik dan dengan adanya rasa simpati dari perawat maka pasien akan merasa nyaman dan tenang dalam menjalani proses penyembuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran antara variabel terikat, yaitu kualitas pelayanan dengan variabel bebas, yaitu simpati di rumah sakit islam Gondanglegi Malang. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 53 perawat.
Metode pengumpulan datanya menggunakan skala. Skala penelitian terdiri dari dua skala yaitu skala kualitas pelayanan dan simpati yang masing-masing terdiri dari 25 aitem dan 20
aitem.
Berdasarkan analisa penelitian didapatkan hasil sebagai berikut: pada variabel kualitas pelayanan menghasilkan 9 perawat (17%) memiliki kualitas pelayanan tinggi, 32 perawat (60%) memiliki kualitas pelayanan sedang, dan 12 perawat (23%) memiliki kualitas pelayanan rendah. Sedangkan variabel simpati menghasilkan 10 perawat (19%) memiliki simpati tinggi, 33 perawat (62%) mempunyai rasa simpati sedang, dan 10 perawat (19%) memiliki rasa simpati rendah.Hasil penelitian kualitas pelayanan dan simpati menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif (rxy 0.814; dengan sig < 0.05). Artinya, hubungan antara variabel simpati dan kualitas pelayanan adalah positif signifikan dengan mendapatkan nilai 0.000 dan nilai signifikansinya Sig. (2-tailed) adalah dibawah atau lebih kecil dari 0.05. Sumbangan efektif atau daya prediksi simpati dengan kualitas pelayanan ditunjukkan dengan koefisien determinan r² = 0,66 yang berarti bahwa 66% kualitas pelayanan ditentukan oleh rasa simpati.
ENGLISH:
The nurse is one of the important and strategic component in the implementation of the health service. Presence and role of nurses cannot be ignored. In carrying out the duty, a nurse is required to understand the process and standards of nursing practice. The quality of nursing care provided by nurses can be reached if the nurses are able to pay attention and to take care to the patient. In providing services, the nurse should use the expertise, the gentle words, touch, give hope, always be beside the patient and capable to give a sense of sympathy and empathy. Sympathy is in a nurse will indirectly bring closer emotional relationship between nurse and patient, so that the existence of such sympathies, nurses will always give better care and with the sympathy of the nurse then the patient will feel comfortable and calm in convalescence.
The purpose of this research is to know the role between the bound variables that is the quality of service with free variables, that is, sympathy in the Islamic hospital of Gondanglegi Malang. The number of respondents in this study were 53 nurses.
The method of collecting data uses the scale. The scale of the research consisted of two scales: the scale of the service quality and sympathy that each aitem consists of 25 and 20 aitem.
Based on the analysis of the research results obtained are as follows: the variable quality of service produces 9 nurses (17%) have a high service quality, 32 nurses (60%) have a medium service quality, and 12 nurses (23%) have a low service quality. While variable sympathy produces 10 nurses (19%) have a high sympathy, 33 nurses (62%) have a sense of medium sympathy, and 10 nurses (19%) have a sense of low sympathy. The research of service quality and sympathy shows that there is a positive relationship (rxy 0.814; with sig < 0.05). It means that the relationship between the variables of sympathy and the quality of service is significantly positive by getting their significance and value 0000 and the significance value Sig (2-tailed) is below or less than 0.05. Effective
contribution or sympathy with predictive power service quality indicated by the coefficient of determinant r² = 0,66 which means that 66% quality of service determined by a sense of sympathy.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Irawan, Andik Rony | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Simpati; Kualitas Pelayanan; Sympathy; Service Quality | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170106 | ||||||
Depositing User: | Dwi Aprilia Gendhis | ||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2015 09:48 | ||||||
Last Modified: | 11 Sep 2015 09:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1740 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |