Rosida, Nur Itsna Arina (2019) Implementasi program tahfidz dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an hadis di MTs Al-Ittihad Poncokusumo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15110031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Usaha untuk memelihara kemurnian Al-Qur’an salah satunya dengan menghafalkannya, kecenderungan masyarakat sekitar yang sangat antusias dalam mendukung adanya program hafalan di sekolah, karena banyak diantara mereka anak-anaknya sudah khatam program Qira’ati maka sangat disayangkan jika kemampuannya tidak ditampung. Oleh karena itu MTs Al-Ittihad menetapkan program unggulan tahfidz untuk memfasilitasi dan mengembangkan keinginan siswa dalam menghafal Al-Qur’an.
Berdasarkan permasalahan di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan implementasi program tahfidz dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadis, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat prestasi siswa program tahfidz pada mata pelajaran Qur’an Hadis.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi program tahfidz dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadis. pelaksanaan program tahfidz di MTs Al-Ittihad satu minggu empat kali yaitu hari selasa, rabu, kamis, dan sabtu, dan di mulai dari pukul 07.00 sampai 09.30. Setiap hari siswa wajib menambah hafalan baru minimal ½ halaman dan muraja’ah minimal 2 halaman. Metode yang digunakan yaitu: wahdah, talaqqi, dan takrir. Evaluasi Tahfidz dilaksanakan setiap 3 bulan sekali, penilaiannya dari segi bacaan yaitu kelancaran, makhroj, tajwid dan penguasaan hafalan, selain itu terlihat pada proses pembelajaran di kelas tahfidz materi lebih cepat selesai, mereka tidak merasa terbebani dengan materi-materi hafalan, dan juga perolehan nilai yang lebih unggul dari pada kelas-kelas yang lainnya, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswa program tahfidz pada mata pelajaran Qur’an Hadis yaitu: faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung prestasi siswa yaitu: peranan guru, dukungan orangtua, dan program tahfidz. Sedangkan faktor penghambat prestasi siswa yaitu: tingkat kecerdasan dan kerjasama orangtua.
ENGLISH:
One of the efforts to maintain the purity of the Qur’an is to memorize, the tendency of the surrounding community who are very enthusiastic in supporting the memorization program at school, because many of them have their Qiraati programs aware that their abilities are not accommodated. Therefore MTs Al-Ittihad has established a flagship program for tahfidz to facilitate and develop students whises in memorizing the Qur’an.
Based of the above problem, the objectives of this study were: (1) To describe the implementation of the tahfidz program in improving student achievement on Qur’an Hadith subjects, (2) To describe the supporting factors and achievement barriers of tahfidz program student on the Qur’an Hadith subject.
The research used descriptive qualitative research. Data collection is done using observation, interviews, documentation. The data analysis technique was by reducing data, presenting data, and drawing conclusions.
The result of the study indicates that: (1) The implementation of the tahfidz program in the Qur’an Hadith subjects. The tahfidz program at MTs Al-Ittihad is one week four times on Tuesday, Wednesday, Thursday, and Saturday, and it starts from 07.00 to 09.30. an everyday student must add new memorization at least half a page and muroja’ah at least two pages. The methods used are Wahdah, Talaqqi, and Takrir. Tahfidz evaluation is held every three months, its assessment in terms of reading, namely fluency, makhroj, tajweed and memorization mastery. Besides that also seen in the learning process in the tahfidz class of material is more quickly completed, they do not feel burned with memorizing materials, and also the acquisition of superior values than other classes. (2) Factors that influence the achievement of the tahfidz program student in the Qur’an Hadits subjects are Supporting factors and inhibiting factors. Supporting factors for student achievement are the role of teacher, parental support, and tahfidz program. While the inhibiting factors of student achievement are: the level of intelligence and collaboration of parents.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fattah, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | program tahfidz; prestasi belajar; tahfidz program; learning achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2019 13:45 | ||||||
Last Modified: | 12 Aug 2019 13:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14483 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |