Hilmi, Muhamad Sholih (2015) Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi berprestasi siswa SMKN II Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
10410040 pendahuluan.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
10410040 Indonesia.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
10410040 Inggris.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
10410040 Arab.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
10410040 Bab 1.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
10410040 Bab 2.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
10410040 Bab 3.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
10410040 Bab 4.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
10410040 Bab 5.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (References)
10410040 Daftar Pustaka.pdf Download (187kB) | Preview |
|
![]() |
Other (Appendices)
10410040 Lampiran.rar Download (1MB) |
|
|
Text (Summary)
10410040 Ringkasan.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Motivasi berprestasi merupakan suatu hal yang penting, dengan motivasi berprestasi seorang akan mampu meraih berbagai macam prestasi. Motivasi berprestasi merupakan modal untuk meraih kesuksesan. Manusia dibekali akal untuk berfikir supaya menjadi lebih baik. Motivasi berprestasi didefinisikan sebagai keinginan untuk melakukan yang terbaik, menjadi sukses, dan merasa mampu atau memiliki kompetensi. Sebagaimana motivasi pada umumnya, motivasi berprestasi diasumsikan akan mendorong dan memberi energi tertentu sesuai dengan situasi yang ada. Dukungan sosial merupakan informasi dari orang lain bahwa seseorang dicintai dan diperhatikan, dihargai dan dinilai dan bagian dari jaringan komunikasi dan hubungan timbal-balik dari orang tua, teman, sosial, dan masyarakat. Motivasi berprestasi ada karena dipengaruhi oleh dukungan sosial teman sebaya. Faktor dukungan sosial teman sebaya mampu membentuk motivasi berprestasi seorang siswa. Teman sebaya berpengaruh terhadap pribadi seorang siswa dalam hal akademik yaitu motivasi berprestasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana tingkat dukungan sosial teman sebaya siswa SMKN II Malang. 2) Bagaimana tingkat motivasi berprestasi siswa SMKN II Malang. 3) Bagaimana pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi berprestasi siswa SMKN II Malang.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMKN II Malang, sampel diambil dengan cara cluster random sampling. Sampel yang diambil adalah 10% dari tingkat populasi dan didapat 195 siswa-siswi dari jumlah populasi 1940 siswa-siswi. Pengambilan data menggunakan angket, interview, observasi dan dukumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik regresi berganda dan uji validitas dengan pearson correlation serta reliabilitas dengan alpha cronbach dengan software SPSS 17 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat dukungan sosial teman sebaya 71% dalam kategori tinggi, 27% sedang dan 2% rendah. Sedangkan tingkat motivasi berprestasi 72% dalam kategori tinggi , 26% sedang, dan 2% rendah. Berdasarkan hasil penelitian variabel bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Hasil regresi berganda menunjukkan niala 0,158 berarti dukungan sosial teman sebaya (Bantuan Nyata, Dukungan Informasi, Dukungan Emosional, Dukungan tidak Terlihat dan Dukungan Penghargaan) berpengaruh terhadap motivasi berprestasi sebesar 15,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketika dukungan sosial teman sebaya tinggi maka motivasi berprestasi akan meningkat, begitu juga sebaliknya dukungan sosial teman sebaya rendah motivasi berprestasi akan rendah juga.
ENGLISH:
Achievement motivation is an important thing, and achievement motivation will be able to achieve a wide range of achievements. Achievement motivation is capital for success. Humans equipped by reasonable to think to be better. Achievement motivation is defined as the desire to do the best, to be successful, and feel able or have competences. As motivation in general, achievement motivation is assumed to be encouraging and specific energy in accordance with the existing situation. Social support is the information from others that someone loved and cared for, valued and assessed and a part of the communication network and the mutual relations of parents, friends, social, and community. Achievement motivation exists because of influenced by the social support peers. Peer social support factors capable of forming a student's achievement motivation. Peer influence on the person of a student in that academic achievement motivation.
This research aims to determine: 1) What level of peer social support students SMKN II Malang. 2) How does the level of student achievement motivation SMKN II Malang. 3) How does the influence of social support peer on student achievement motivation SMKN II Malang.
Subjects in this study were students of SMKN II Malang, samples collected by cluster random sampling. Samples taken is 10% of the population level and obtained 195 students from the population of 1940 students. Retrieving data using questionnaires, interviews, observation and document. Processing data using multiple regression techniques and the pearson correlation test validity and reliability with alpha cronbach with SPSS 17 software for windows.
The results showed the level of social support peer 71% in the high category, 27% moderate and 2% are low. While the 72% level of achievement motivation in the high category, 26% moderate, and 2% lower. Based on the research results of the independent variables simultaneously significant effect on the dependent variable. The results of multiple regression showed score 0.158 means of social support peer (Tangible assistance, Information Supports, Emotional Support, Invisible Support and Appraisal support) affect the achievement motivation of 15.8%. So it can be concluded that when a peer social support high, achievement motivation will then rise, and otherwise when peer social support low achievement motivation will be low as well.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Dukungan Sosial Teman sebaya; Motivasi Berprestasi; Social Support Peers ; Achievement Motivation |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Departement: | Fakultas Psikologi |
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 13:55 |
Last Modified: | 04 Aug 2015 13:55 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/904 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |