Aini, Nur (2014) Analisis pengaruh pesan iklan televisi terhadap pengambilan keputusan pembelian pada sabun deterjen Rinso: Studi pada masyarakat Kelurahan Merjosari RW 12 Kecamatan Lowokwaru Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
10510076 Pendahuluan.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
10510076 Indonesia.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
10510076 Inggris.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
10510076 Arab.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
10510076 Bab 1.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
10510076 Bab 2.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
10510076 Bab 3.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
10510076 Bab 4.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
10510076 Bab 5.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text (References)
10510076 Daftar Pustaka.pdf Download (172kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
10510076 Lampiran.rar Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Periklanan merupakan salah satu komponen bauran promosi yang menjadi salah satu alternatif pilihan bagi para pemasar untuk mengkomunikasikan produknya kepada konsumen sasaran. Media periklanan yang dianggap paling tepat adalah media televisi yang sekaligus dapat memberikan kombinasi antar suara dengan gambar yang bergerak dan dapat dinikmati siapa saja. Penelitian pada iklan sabun deterjen Rinso didasari oleh dominasi sabun deterjen Rinso di masyarakat daripada deterjen lainnya, dengan adanya iklan sabun deterjen Rinso peneliti ingin mengetahui pengaruh pesan iklan televisi (isi pesan, format pesan dan sumber pesan) baik secara simultan, parsial maupun dominan terhadap keputusan pembelian sabun deterjen Rinso.
Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya yakni iklan (X) yang terdiri dari variabel isi pesan (X1), format pesan (X2), dan sumber pesan (X3). Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel Keputusan Pembelian Konsumen (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan model penelitian survey. Sedangkan populasi yang digunakan adalah Masyarakat Kelurahan Merjosari RW 12 Kecamatan Lowokwaru Malang, yang pernah melihat iklan televisi dan telah menggunakan sabun deterjen Rinso. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 95 responden yang dipilih secara random sampling. Dengan instrument yang digunakan adalah angket atau kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Isi pesan (X1), Format pesan (X2), dan Sumber pesan (X3) baik secara simultan , parsial maupun dominan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji F (simultan) yang menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabel dan juga dari hasil perhitungan uji t (parsial) yang menunjukkan bahwa thitung>ttabel serta uji variabel dominan yang ditunjukkan dari kuadrat korelasi sederhana variabel bebas dan terikat yang paling dominan. Variabel Sumber pesan (X3) merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen karena mempunyai nilai koefisien regresi (beta) paling besar yakni 0,235225 (23,52%). Jadi dapat disimpulkan bahwa isi pesan, format pesan dan sumber pesan memiliki peran yang sama penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian Masyarakat Kelurahan Merjosari RW 12 Kecamatan Lowokwaru Malang.
ENGLISH:
Advertising is one of promotion hotchpotch component which become one alternative choice for markers to communicate their product target to consumer. Advertising media that are considered most appropriate is television that is able to give combination of voice with moving picture and can be enjoying by anyone. Research on Rinso detergent soap advertising is based on domination of Rinso detergent soap on society than other detergent, which is Rinso detergent soap advertising. Researcher want to know the effect of television advertising message (message content, message format, message source) simultaneously, partially although dominantly on purchase decision of Rinso detergent soap.
Variable that used on this research consist of dependent variable and independent variable. Dependent variable is advertising (X), which comprise of message content (X1), message format (X2), and message source (X3) variable. Whereas independent variable is consumer purchase decision variable (Y). Research method uses survey research model. Whereas the population used is Merjosari RW 12 village society, Malang Lowokwaru sub district who ever seen television advertising and used Rinso detergent soap. The used sample uses 95 respondents that are chosen randomize sampling. The used instrument is questionnaire.
Based on the result of research got be summarized that message content (X1), message format (X2), message source (X3) simultanneously, partially although dominantly had the significant effect on purchase decision (Y). These was indicated the result of computed of F test showed that Fratio> F table and the result of computed of T test (partial) also proved that tratio>ttable and dominant variable test point from simple correlation quadratic of more dominant dependent and independent variable. Source message variable (X3) was more dominant to influence consumer purchase decision because regression coefficient value (beta) was biggest that was 0,235225 (23,52%). So message content, message format, and message source had the important role on affecting the society in Merjosari RW 12 villlage, Malang Lowokwaru sub district.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Iklan Televisi; Keputusan Pembelian; Television Advertising; Purchase Decision |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Dian Anesti |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 18:06 |
Last Modified: | 29 Jul 2015 18:06 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/718 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |