Penerapan metode balance scorecard sebagai tolak ukur kinerja pada usaha keripik skala kecil dan menengah: Studi pada perusahaan keripik tempe Abadi Malang dan industri keripik buah Putra Fajar Batu

Billah, Zahida I'tisoma (2014) Penerapan metode balance scorecard sebagai tolak ukur kinerja pada usaha keripik skala kecil dan menengah: Studi pada perusahaan keripik tempe Abadi Malang dan industri keripik buah Putra Fajar Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
10510038 Pendahuluan.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
10510038 Indonesia.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
10510038 Inggris.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
10510038 Arab.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
10510038 Bab 1.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
10510038 Bab 2.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
10510038 Bab 3.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
10510038 Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
10510038 Bab 5.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
10510038 Daftar pustaka.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
10510038 Lampiran.rar

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Persaingan usaha dibidang makanan kecil olahan khas kota Malang dan Batu yaitu keripik tempe dan keripik buah sangat ketat sekali. Oleh karenanya diperlukan suatu inovasi dan kreativitas bagi para pelaku industri keripik di kota Malang dan sekitarnya untuk tetap bertahan dan dapat memenuhi permintaan pasar. Melihat kondisi diatas, diperlukan suatu pengukuran kinerja yang komprehensif, artinya dapat mengukur kinerja dari sisi keuangan dan non keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengukuran kinerja perusahaan keripik tempe “ABADI” Malang dan perusahaan keripik buah “PUTRA FAJAR” Batu jika diukur dengan metode balanced scorecard.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. dengan melakukan penerapan dan membandingkan hasil pengukuran kinerja usaha keripik skala kecil dan menengah dengan menggunakan penilaian kinerja berbasis balanced scorecard yang diukur menggunakan standar nilai untuk menilai tiap perspektif dalam balanced scorecard yang disebut performance grade. Adapun empat perspektif yang diukur dalam balanced scorecard dalam penelitian ini adalah perspektif keuangan yang terdiri dari meningkatnya pendapatan, berkurangnya biaya, meningkatkan laba, perspektif pelanggan terdiri dari kepuasan pelanggan dan retensi pelanggan, perspektif proses bisnis internal terdiri dari on time delivery dan product innovation, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terdiri dari retensi karyawan dan kepuasan karyawan.

Dari hasil pengukuran menggunakan 4 perspektif dalam balanced scorecard, maka diperoleh skor kedua usaha tersebut. Seluruh kinerja Perusahaan keripik tempe “ABADI” Malang mendapatkan skor sebesar 3,75, dalam tabel tolok ukur kinerja (performance grade) balanced scorecard dikategorikan baik. Kemudian seluruh kinerja industri keripik buah “PUTRA FAJAR” mendapatkan skor 3,98, dalam tabel tolok ukur kinerja (performance grade) balanced scorecard dikategorikan baik. Akan tetapi dari perspektif keuangan peningkatan laba pada “ABADI” lebih tinggi dibandingkan “PUTRA FAJAR”, dari perspektif pelanggan untuk retensi pelanggan “PUTRA FAJAR” lebih tinggi daripada “ABADI”, dari perspektif bisnis internal untuk inovasi produk “ABADI” masih kurang dibandingkan “PUTRA FAJAR”,dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran kinerja “ABADI” lebih tinggi disbanding “PUTRA FAJAR”

ENGLISH:

Competition in the field of small food businesses typical of Malang and Batu namely fruit chips and tempe chips very tight indeed. Therefore required an innovation and creativity for the industrial chips in Malang and surrounding areas to stay afloat and can meet the demand of the market. See above, conditions required a comprehensive performance measurement, that can measure the performance of the financial and non-financial side. The purpose of this study was to describe the performance measurement tempe chips company "ABADI" and fruit crisps company "PUTRA FAJAR" Batu if measured with the balanced scorecard method.

This research uses a quantitative research method with descriptive approach. by performing application performance measurement results and compare the efforts of small and medium-scale chips by using the balanced scorecard based performance assessment measured using standard values to assess each of the perspectives of the balanced scorecard in the so-called performance grade. As for the four perspectives of the balanced scorecard in measured in this study is a financial perspective which consists of increased revenues, reduced costs, increased profits, customer perspective consists of customer satisfaction and customer retention, internal business process perspective consists of on time delivery and product innovation, learning and growth perspective consists of employee retention and employee satisfaction.

From the measurement results using of the four balanced scorecard perspectives, then obtained a second attempt to score. The whole tempe company's performance chips "ABADI" Unfortunate to get a score of 3.75, benchmark the performance (performance grade) balanced scorecard categorized either. Then the whole fruit chips industry performance, "PUTRA FAJAR" get score 3.98, in the table of benchmark performance (performance grade) balanced scorecard categorized either. But from a financial perspective increasing the profit on "ABADI" higher than "PUTRA FAJAR", from the perspective of customer to customer retention "PUTRA FAJAR" is higher than "ABADI", from the perspective of internal business for product innovation "ABADI" is still less than the "PUTRA FAJAR", from the perspective of growth and learning performance "ABADI" is higher than "PUTRA FAJAR"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Oktaviana, Ulfi Kartika
Keywords: Kinerja; Balanced Scorecard; Performance Grade
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 29 Jul 2015 10:41
Last Modified: 29 Jul 2015 10:41
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item