Zufarisna, Syakirani Insanu (2023) Implementasi model pembelajaran problem based learning dan discovery learning pada materi statistika dalam meningkatkan kemampuan computational thinking peserta didik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
19190053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kemampuan Computational Thinking merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan pada era saat ini, terutama pada peserta didik. Maka upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemampuan Computational Thinking siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kemampuan Computational Thinking adalah dengan menggunakan pembelajaran Cooperative yang diantaranya adalah model Problem Based Learning dan Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemamuan Computational Thinking peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi-Eksperimen. Pemilihan metode ini didasarkan dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning oleh peneliti terhadap kemampuan Computational Thinking peserta didik. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,40. Dimana 0,40≤ 0,50 maka...
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Mukti, Taufiq Satria |
Keywords: | Computational Thinking; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Model Pembelajaran Discovery Learning; التفكير الحسابي ; نموذج التعلم القائم على حل المشكالت ; نموذج التعلم باالكتشاف |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Syakirani Insanu Zufarisna |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 14:39 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 14:39 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56849 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |