Dedy, Dedy (2010) Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05110026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (863kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kurikulum merupakan bagian terbesar dari input sekolah/madrsah yang paling banyak mendapatkan perhatian dalam upaya peningkatan mutu sekolah, karena dari kurikulumlah perubahan kemampuan, keterampilan dan sikap dari peserta didik yang direncanakan. Atau dengan kata lain, rencana rekayasa tentang kehidupan peserta didik disekolah/madrasah untuk menuju kehidupan yang lebih baik tergambar dari kurikulum yang ada disekolah/madrasah.
Sebagai implikasinya, kesadaran tentang peran guru meningkat. Sebagai tenaga profesional, guru merupakan pintu gerbang inovasi, sekaligus gerbang menuju kepembangunan yang terintegrasi. Tanpa manusia yang cakap, berpengetahuan, trampil, cerdas, kreatif dan bertanggung jawab, pembangunan yang terintegrasi tidak dapat terselenggara dan berhasil dengan baik. Oleh karena itu, guru dan tenaga kependidikan lainnya perlu dan harus memahami kurikulum sekolah tempat mereka bertugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan dalam kurikulum.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, persepsi, pemikiran orang secara individual atau kelompok. Kehadiran peneliti adalah sebagai seorang pengamat secara penuh. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahapan yakni, identifikasi, klasifikasi, dan interpretasi. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertakan, pemeriksaaan sejawat melalui diskusi, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil analisis data dilapangan dapat diperoleh temuan bahwa MTs Al- Ittihad Belung Poncokusumo Malang belum maksimal dalam pelaksanaan KTSP. Untuk saat ini MTs Al-Ittihad masih menggunakan model KTSP dari Depag. Disamping itu, latar belakang akademik para guru yang masih rendah dan belum memahami KTSP berdampak terhadap pengembangan silabus dan RPP yang dikebutuhan lembaga setempat. Dan evaluasi dilakukan setiap akhir tahun. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan KTSP adalah adanya semangat dari para guru dan berada dalam lingkungan pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya work shop, seminar, pelatihan dan sebagainya terkait dengan penyusunan dan pengembangan KTSP, dan belum adanya kesiapan guru dalam pemberlakuan KTSP di Madrasah Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Pelajaran Fiqh | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 11:00 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 11:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44983 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |