Sudrajat, Muhammad Unggul (2009) Strategi Key Success Factor pemasaran sayur pada PT Rodeo Fresh Vegetable and Fruits Lawang Malang: Tinjauan Poin Produk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Fokus kajian dalam penelitian ini adalah key success factor dalam pemasaran sayur, dimana dalam suatu perusahaan yang bergelut dalam bisnis sayur seperti yang dilakukan PT Perusahaan Rodeo Fresh Vegetable And Fruits Lawang-Malang, mereka harus mampu bergerak cepat dan tepat, hal ini diperlukan karena sayur merupakan produk yang tidak tahan lama, maka dalam hal ini strategi merupakan unsur yang sangat penting dalam melakukan suatu pemasaran dengan memperhatikan faktor-faktor penentu kesuksesan suatu perusahaan. Pengaruh strategi yang tepat akan berdampak pada seberapa besar pasar yang akan dikuasai.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Key Success Factor Pemasaran Sayur Pada PT Rodeo Fresh Vegetable And fruits Lawang-Malang serta kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan pangsa pasarnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendiskripsikan teknik observasi, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Sedangkan data yang didapat dianalisis dengan menggunakan analisis lingkungan Internal-Eksternal atau SWOT (Strenght, Weakness, opportunities, Threats) untuk mendiskripsikan posisi perusahaan serta memperoleh pemecahan masalah dengan mempertimbangkan alternatif-alternatif strategi pemasaran yang tepat dari hasil analisis SWOT, selain itu penelitu juga menggunakan matrik BCG supaya bisa mengetahui posisi perusahaan dalam pasar untuk dasar menggunakan strategi apa yang akan dipakai kedepannya.
Analisis ini menggunakan SWOT (Strenght, Weakness, opportunities, Threats) dengan menggunakan variable EFAS (Eksternal Strategic Factor Analisys Summary) dan IFAS (Internal Strategic factor Analisys Summary) penelitian ini dilakukan untuk mengetahui posisi perusahaan dalam pasaran dan mengetahui strategi alternatif yang harus digunakan oleh suatu perusahaan dengan posisinya.
Dari hasil analisis IFAS pada PT Rodeo yang disajikan dalam tabel menunjukkan skor total perusahaan sebesar 2,25 jumlah tersebut berada di bawah rata-rata yang sebesar 2,5 bahwa kondisi saat ini dalam keadaan sedikit lemah. Hasil analisis EFAS pada PT Rodeo yang disajikan dalam tabel menunjukkan sekor total perusahaan sebesar 2,95 jumlah tersebut berada dibawah rata-rata yang sebesar 2,5 bahwa kondisi saat ini mampu merespon dengan baik peluang-peluang yang ada dan menghindari ancamanancaman dipasar industrinya.
ABSTRACT
Study focus in this research is factor success key in marketing of vegetable, where in a company struggling in vegetable business is such as those which conducted by PT Company of Rodeo of Fresh Vegetable and Fruits Lawang-Malang, they have to can dart and precisely, this matter is needed because vegetable represent product which is not durable, hence in this case strategy represent very important element in conducting a marketing by paying attention factors determinant of successfulness a company. Influence of correct strategy will affect at how big market to master.
Target of this research is to know Strategy of Key Success Factor Marketing of Vegetable At PT Rodeo of Fresh Vegetable and fruits Lawang-Malang and also constraints faced in improving its market compartment. In this research of researcher use descriptive research type qualitative with aim to to explain observation technique, or interview of interview, and documentation. While got to be data to be analysed by using environmental analysis of Internal-Eksternal or of SWOT (Strenght, Weakness, opportunities, Threats) to explain company position and also obtain get trouble-shooting by considering correct marketing strategy alternatives from result of analysis of SWOT, besides researcher also use BCG matrik so that can know company position in market to be elementary to use strategy what will wear to the fore its.
This analysis use SWOT (Strenght, Weakness, opportunities, Threats) by using EFAS variable (Eksternal Strategic Factor Analisys Summary) and IFAS (Internal Strategic Factor Analisys Summary) this research is conducted to know company position in marketing and know alternative strategy which must be used by a company with its position.
From result of analysis of IFAS at PT Rodeo which is presented in tables show total score of company equal to 2,25 the amount under mean which equal to 2,5 that condition in this time in a state of a little a few. Result of analysis of EFAS at PT Rodeo which is presented in tables show total choir of company equal to 2,95 the amount reside in under mean which equal to 2,5 that condition in this time can merespon better existing opportunitys and avoid its industrial market threats.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Faktor Sukses; Pemasaran Produk; Successful Factor, Product Marketing | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:28 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2023 11:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44738 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |