Walid, Moh Birrul (2009) Pengaruh kebijakan harga terhadap keputusan pembelian di Branch Office (BO) Bumilindo Prakarsa Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Variabel harga merupakan satu-satunya variabel bauran pemasaran yang dapat menghasilkan pendapatan, dan harga juga dapat menjadi sebuah nilai yang akan diterima oleh konsumen. Adapun indikator kebijakan harga antara lain ialah indikator diskon, Allowance, dan harga geografis. Indikator-indikator tersebut memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap keputusan pembelian di BO Bumilindo Prakarsa Probolinggo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari indikator diskon, Allowance, dan harga geografis terhadap keputusan pembelian di BO Bumilindo Prakarsa Probolinggo baik secara simultan atau parsial, serta mengetahui indikator mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian di BO Bumilindo Prakarsa Probolinggo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari indikator diskon, Allowance, dan harga geografis terhadap keputusan pembelian di BO Bumilindo Prakarsa Probolinggo. Untuk mengetahui hal tersebut digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji T. Dalam penelitian ini terdapat 81 responden dengan penentuan sample menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator diskon (X1), dan harga geografis (X3), mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). secara parsial indikator harga geografis (X3) sedangkan idikator diskon (X1), allowance (X2) berpengarruh secara signifikan. Dari hasil perhitungan uji F, dapat dilihat bahwa F hitung 2,70 dan nilai signifikasi F = 0,000 ≤ 0,05. Selain itu nilai adjusted R Square sebesar 0,428 atau 42,85%. Dari hasil uji t diketahui bahwa secara parsial indikator diskon (X1 sebesar 6,750 ≥ nilai t tabel 20,952 ≥ F tabel 1,980 dan nilai p = 0,000 ≤ 0,05, berpengaruh signifikan. Indikator allowance (X2 xv), nilai t hitung nilai t hitung sebesar 2,946 ≥ nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,004 ≤ 0,05, berpengaruh signifikan. Harga georafis (X3), nilai t hitung sebesar 0,368 ≤ nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,714 ≥ 0,05,tidak berpengaruh secara signifikan. Indikator yang pengaruhnya paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) adalah indikator diskon (X1) memiliki nilai rata-rata sebesar 0,3733 dengan kontribusi 37,33%.
ABSTRACT
Price variable is the only marketing hotchpotch variable which can produce income, and price can also be accepted by consumers. Price policy indicators among others are discount indicator, allowance, and geographical price. Those indicators have influence that varies towards purchasing decision at BO Bumilindo Prakarsa Probolinggo. This research aims to detect influence of discount indicator, allowance, and geographical price to purchasing decision at BO Bumilindo Prakarsa Probolinggo either simultaneously or partially, and detect which indicator influence most towards purchasing decision at BO Bumilindo Prakarsa Probolinggo.
The method used in this research is explanatory research, aimed at detecting the influence of discount indicator, allowance, and geographical price to purchasing decision at BO Bumilindo Prakarsa Probolinggo. To detect them, it uses doubled linear regression analysis with F test and T test to examine sample in this research, there are 81 respondents, the double taken using Slovin sample technique, while the sample determination used is a purposive sampling. The data collected using questioner and documentation. This instruments used for are testing validity and reliability test.
The finding result shows that discount indicator (x1), allowance (x2), and geographical price (x3), influence simultaneously to the consumer’s purchasing decision (y). Partially, geographical price indicator (x3), discount indicator (x1) and allowance (x2) significantly influences. From test calculation result F, visible that F count xvi 20,952≥F table 2, 70 with signification value F = 0,000≤ 0, 05. Besides value Adjusted R Square is 0,428 or 42,85%. From t test result known that partially discount indicator (x1) value t count 6,750, value t table 1,980 and value p = 0,000 ≤ 0,05, influence significantly. Indicator allowance (x2), value t count big as 2,946≥ value t table 1,980 and value p = 0,004 ≤ 0,05, influence significantly. Geographical price (x3), value t count 0,368 ≤ value t table 1,980 and value p = 0,714 ≥ 0, 05, do not influence significantly. Indicators showing the dominant influence toward consumer purchasing decision (Y) is discount indicator (x1) having the average value 0, 3733 with contribution 37, 33%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kebijakan harga; Keputusan pembelian; Price Policy, Purchasing Decision | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:27 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2023 11:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44715 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |