Tsanti, Azzawilda (2009) Analisis strategi pemasaran Produk Susu Nandhi Murni dalam meningkatkan pangsa pasar pada Koperasi Pemasaran Produk Susu (KPPS) Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dengan semakin berkembangnya dunia pemasaran, persaingan akan barang dan jasa (produk) juga cukup ketat, hal ini sangat membutuhkan suatu strategi pemasaran yang tepat guna memasarkan barang (produk) yang diproduksi dan untuk meningkatkan pangsa pasar yang telah ditentukan. Kota Batu merupakan kota yang sangat potensial untuk segala produk, karena kota Batu merupakan kota wisata yang mana banyak para wisatawan datang dan berkunjung ke tempat wisata dan produk kota Batu merupakan icon kota Batu. Hal tersebut tidak terlepas dari peran aktif dari manajer pemasaran, fungsi dari manajemen pemasaran sangatlah urgen keberadaannya. Dimana fungsi manajemen tersebut sebagai fasilitator antara produsen dengan konsumen (customer).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan Koperasi Batu pada unit KPPS (Koperasi Pemasaran Produk Susu) serta kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan pangsa pasarnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian Kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan teknik observasi, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Sedangkan data yang di dapat dianalisis dengan menggunakan analisis lingkungan Internal-Eksternal atau SWOT (Strenght, Weakness, opportunities, Threats) untuk mendeskripsikan posisi perusahaan serta memperoleh pemecahan masalah dengan mempertimbangkan alternatifalternatif strategi pemasaran yang tepat dari hasil analisis SWOT.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi yang digunakan dalam proses pemasaran susu Nandhi Murni unit KPPS (Koperasi Pemasaran Produk Susu) Batu adalah bersifat personal selling, dan promosi yang dilakukan Koperasi Batu melalui brosur, acara-acara tertentu seperti pada waktu pameran, bazar, dan Rakernas untuk lebih dapat mengenal produk Koperasi Batu. Dari hasil analisis SWOT dapat diketahui bahwa unit KPPS Batu berada pada posisi pertumbuhan melalui integritas horizontal. Yang mana pada posisi ini paling baik menerapkan strategi intensif yaitu pengembangan pasar (memperluas perusahaan dengan cara membangun dilokasi lain yang lebih strategis), pengembangan produk, dan penetrasi pasar.
ABSTRACT
The increase of marketing causes the competition of goods and service (products) is high enought. This really needs an efficiently marketing strategy to market the production of goods (products) and to increase market area which has been determined. Batu his high potential to many kinds of products, because Batu is tourism place where many visitors come and visit and Batu s product is the icon of Batu. It cannot be separated from the active role of marketing manager. the function of marketing management is urgent. The management s function is as the facilitator between producer and consumer (customer).
The purpose of this research is to know the marketing strategy which is applied by KUD Batu at KPPS (Milk Product Marketing Coorperation) also the difficulties that are faced in increasing its market area. In this research the writer uses descriptive qualitative research which has the purpose to describe observation technique, interview, and documentation. While the data area analyzed by using internal-eksternal environment analysis or SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threats) to describe the company position and also to gain problem solution by considering the appropriate marketing strategy alternatives from SWOT analysis result.
From the research it can be the concluded that the strategy used in Nandhi Murni milk KPPS unit (Milk Product Marketing Coorperation) KUD Batu is personal selling base, and the promotion is done by KUD Batu through brochures, special events like exhibition, bazaar, and Rakernas to known deeply about KUD Batu s product. From the SWOT analysis it can be known that KPPS (Milk Product Marketing Coorperation) unit KUD Batu is in growth position through horizontal integrity. It is the best position to apply intensive strategy, that is market
development (enterprise extended by builtding enterprise at another strategic location), product development, and market penetration.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi pemasaran; pangsa pasar; Marketing Strategy; Market Area | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:30 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2023 11:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44661 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |