Nadhiroh, Alfin (2009) Pengaruh Positioning Produk Tabungan terhadap citra Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610056.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Positioning merupakan strategi perusahaan untuk menempatkan posisi tertentu dibenak konsumen target, sehingga terbentuk citra produk yang lebih unggul dibanding pesaing. Positioning menjadi penentu penting bagi konsumen pada saat memutuskan untuk membeli, karena positioning menjadi penjabar dari value yang akan perusahaan berikan pada konsumen target. Sebagai obyek dalam penelitian ini adalah Bank BRI Syariah cabang Malang. BRI Syariah merupakan bank yang memfokuskan penyaluran dana pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan bank yang berani menanggung resiko dalam menghadapi ketidakpastian usaha.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Pengambilan sampel menggunakan rumus Maholtra yaitu empat kali jumlah instrumen sebesar 68 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, dan dokumentasi. Analisis untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikatnya menggunakan analisis regresi linier berganda.
Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa positioning produk tabungan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap citra Bank BRI Syariah, yang dibentuk dari variabel teknologi, kualitas produk, dan layanan. Sedangkan, secara parsial dapat diketahui, terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk, dan layanan. Adapun variabel teknologi tidak berpengaruh secara signifikan. Dari ketiga variabel, yang paling dominan pengaruhnya adalah kualitas produk.
ABSTRACT
Positioning is a company’s stratetgy to place a certain position in the mind of the targeted consumer in order to from impresive of the product that is superior compared to competitors. Positioning is an important determiner for consumer when deciding to buy, because it is describing a value a company will give to the targeted consumers. The object in this research is a branch of Bank BRI Syariah Malang. BRI Syariah is a bank that focuses on the distribution of funds Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) and takes the risk of uncertainty in the business.
This research is a quantitative research using survey metods. The sample using the formula Maholtra, that is four times of the number of instruments of 68 respondents. Data collection techniques used are questionnaire, and documentation. Analysis to indentify relationship and influences between the independent variables and dependent variables use doubled regression linier.
From the result of the analysis it can be known that product positioning has a significant simultanous influen toward reputation of the Bank BRI Syariah, which is formed variables technology, quality of product and services. In addition, this is significant influence between the quality of product, and services. The technology variables do not have influence. Among the three variables, the most dominant influence is the variable the quality of the product.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rozi, M. Fatkhur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | positioning; citra bank; regresi linier berganda; positioning; image bank; multiple regresion linier | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:10 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 14:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44624 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |