Marliah, Siti (2009) Pengaruh Strategi Diferensiasi terhadap Keputusan Pembelian: Survei pada pengguna kartu prabayar IM3 di Galeri Indosat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05610051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (567kB) |
Abstract
ABSTRAK
Diferensiasi adalah serangkaian perbedaan yang berarti untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing. Pemilihan barang diantara banyak produk selalu berdasar pada perbedaan, implicit atau eksplisit. Seorang konsumen akan mempertimbangkan diferensiasi tawaran dalam memilih produk yang akan dibeli, mereka akan dipengaruhi diferensiasi produk, personalia dan citra produk tersebut. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah Galeri Indosat Cabang Malang. Galeri Indosat merupakan salah satu cabang layanan PT. Indosat yang didirikan untuk menjamin ketersediaan barang dan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya. Dan produk yang diteliti adalah kartu prabayar IM3, karena IM3 salah satu kartu prabayar segmen anak muda yang merupakan pasar seluler terbesar kedua setelah pasar pekerja, sehingga harus tetap dapat bersaing dengan operator seluler yang lain.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research atau penelitian penjelasan. Dalam pelaksanaannya, explanatory research menggunakan metode penelitian survei. Pengambilan sampel dalam analisis ini sebanyak 96 orang responden, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa strategi diferensiasi secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 23,6 % sedangkan yang 76,4 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial variabel Produk mempunyai pengaruh sebesar 20,37%, variabel Personalia 3,63% dan variabel Citra mempunyai pengaruh sebesar 36,95%.
ABSTRACT
Differentiation is a chain of differences which means to differentiate company’s offering from competitor’s offering. The choice of goods among many products is always based on differences, implicit or explicit. A consumer will consider differentiation offering in choosing products that will be bought, they will be influenced by products differentiation, personal and product repotation. The object of this research is one of Indosat Gallery branch Malang. Indosat Gallery is one of PT. Indosat service’s branches built to guarantee product stocks and to give the best service to the customers. And the product being researched is pre-paid card IM3, as IM3 is one of cards that are mostly interesting for the customers so that it must compete with other cellular operators.
This research is an explanatory research or explanation research. In conducting this research, a survey research method is used the analysis takes 96 respondents as the samples and uses questioner, interview and documentation as the data collection techniques. While data analysis method uses double regression analysis.
Based on the result of data analysis, it can be known that differentiation strategy simultantly influences 23.6%, while 76.4% influenced by another variable that is not researched. Partially, Product variable influences 20.37%, Personal variable 3.63% and Citra variable influence 36.95%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Diferensiasi; Keputusan Pembelian; Differentiation Strategy; Buying Decision | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:10 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 14:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44620 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |