Cahyaningtyas, Rohmatul Azizah (2009) Implementasi pengukuran kinerja sektor publik dengan Metode Balanced Scorecard: Studi pada PDAM Kota Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05610050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Balanced Scorecard adalah suatu alat manajemen kinerja (performance management tool) yang dapat membantu organisasi untuk menerjemahkan visi dan strategi ke dalam aksi dengan memanfaatkan sekumpulan indikator finansial dan non-finansial yang kesemuanya terjalin dalam suatu hubungan sebab akibat. Tolok ukur yang digunakan dalam metode Balanced Scorecard terdapat empat perspektif yang meliputi perspektif finansial atau keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Balanced scorecard bukan hanya digunakan oleh organisasi bisnis akan tapi juga dapat dipergunakan oleh organisasi sektor publik, misalnya dalam penelitian ini adalah PDAM, Balanced Scorecard dapat membantu organisasi sektor publik dalam mengontrol keuangan dan mengukur kinerja organisasi secara keseluruhan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Analisis data yang digunakan adalah metode Balanced scorecard dengan mengukur kinerja pemasaran, sehingga tolok ukur yang digunakan adalah perspektif pelanggan dan perspektif bisnis internal bisnis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendiskripsikan kinerja PDAM Kota Madiun.
Berdasarkan hasil analisis, bahwa kinerja PDAM Kota Madiun setelah menggunakan Balanced Scorecard sebagai alat ukur, telah sesuai dengan visi, misi dan strategi yang telah ditetapkan. Sehingga Balanced scorecard dapat digunakan sabagai alat ukur kinerja di PDAM Kota Madiun. Keunggulan menggunakan Balanced Scorecard adalah pengukuran kinerja lebih terfokus kepada empat perspektif, sehingga semua kegiatan perusahaan dapat terukur.
ABSTRACT
Balanced Scorecard is an appliance of management performance (Management Performace Tool)which can assist organization to translate strategy and vision into action by exploiting a group of financial and noun-financial indicator wich all inter-twin in cause-effect inter-relation. The standard used in Balanced Scorecard methode consist of four perspective covering perspective of finance, custopmer/ client internal business process, and growt and learning, Balanced Scorecard is not only used by business organization but also public sector in controlling finance and measuring organization s performace as a whole.
This type of study is qualitative research using discriptive approach. Data analysis used is Balance Scorecard methode by measuring market performance, so the standard used is customer perspective and business-internal-business perspective. The data collections applied in this study are interview, observation, and documentation. While the methode of data analysis used is descriptive analysis, because at this study the researcher explains the performance of PDAM Madiun.
Based on the result of analysis, performace of PDAM Madiun aftere using Balanced Scorecard as a means of measurement, has matched with vision, mission and strategy that has been set. As a result, Balanced Scorecard can be used as a measurement of performance in PDAM Madiun. The strength to use Balanced Scorecard is the measurement of performance is more focused to four perspective, so that all activities of company can be measured.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kinerja; Sektor Publik; Balanced Scorecard; Performance; Public Sector; Balanced scorecard | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:10 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 14:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44612 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |