Hermawan, M. Eka (2009) Analisis daya saing Kualitas Siaran Radio Simfoni FM terhadap Kepuasan Pendengar: Studi kasus pada Mahasiswa Unversitas Islam Negeri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04610086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (921kB) |
Abstract
ABSTRAK
Kualitas pelayanan merupakan salah satu penentu keberhasilan perusahaan, baik yang bergerak pada bidang usaha barang maupun jasa. Terlebih lagi Simfoni FM sebagai satu-satunya organisasi yang bergerak dibidang penyiaran radio di UIN Malang. itengah maraknya persaingan radio di Malang yang begitu banyaknya dengan dominasi radio yang lebih besar dan radio kampus yang lain, apakah Simfoni FM mampu bersaing merebut hati mahasiswa UIN. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana daya saing kualitas siaran radio Simfoni FM terhadap kepuasan pendengar mahasiswa UIN Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diperoleh dari rumus Slovin, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana. Variabel bebasnya terdiri dari Kehandalan (X1), Daya Tanggap (X2), Perhatian (X3), Jaminan (X4), dan Bukti Fisik (X5). Variabel terikatnya adalah Kepuasan Pendengar (Y). pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan asumsi klasik. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.
Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung 59,781 > F table 2,31 dengan nilai p sebesar 0,000 ≤ 0,05 selain itu nilai nilai Adjusted R square yang sebesar 0,748 yang artinya besarnya variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 74,8%. Dan dari uji t diketahui bahwa secara parsial variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Perhitungan t hitung variabel Kehandalan (X1) sebesar 2,744 > t tabel 1,984, Daya Tanggap (X2) sebesar -2,544 > t tabel 1,984, Perhatian (X3) sebesar 4,952 > t tabel 1,984, Jaminan (X4) sebesar 2,255 > t tabel 1,984, Bukti Fisik (X5) sebesar 4,444 > t tabel 1,984. Variabel yang dominan adalah variabel Perhatian (X3) dengan koefisien regresi sebesar 0,704 lebih besar dari variabel yang lain. Dari hasil penelitian, daya saing simfoni FM dilihat dari segi frekuensi dirasa telah mampu bersaing dengan radio-radio kampus sejenis yang mana dengan kekuatan daya pancar sebesar 300 Watt, dengan radius pancar efektif sejauh 20 Km, sedang radio kampus yang lain hanya sebesar 250 Watt, sehingga dapat menjangkau masyarakat luas terutama mahasiswa UIN Malang sebagai responden. Strategi yang telah dilakukan oleh radio simfoni FM dengan cara selalu meng-update lagu-lagu terbaru, serta dengan mengadakan pelatihan yang terkait Skill dan kapasitas penyiar dalam rangka perbaikan kualitas pelayanan.
ABSTRACT
Quality of service is one of determinant successes of a company either in commodity or service effort. Moreover, Simfoni FM is the only organization which is peripatetic in radio broadcasting at State Islamic University of Malang. In the middle of lustrous radio competition in Malang, which is dominated by the famous radio and also other radio in many universities, Simfoni FM gains a success to make the students of UIN Malang interested in listening to it. Therefore, this research is done in order to know how far the competitiveness quality of Simfoni FM radio broadcast to listeners’ satisfactory (students of UIN Malang).
The research is a quantitative research which is done with a descriptive approach. The number of sample is 100 people according to Solvin’s formula, while the sample technique applies simple random sample. The independent variable consists of Reliability (X1), Response Power (X2), Attention (X3), Guarantee (X4), and Physical Evidence (X5). The dependent variable is Hearer’s Satisfactory (Y). Examination of instrument applies validity test, reliability test and classic assumption. While the data analysis of this research is doubled linier regression with F test and T test.
From the calculation of F test it is obtained that F calculate 2,31 with value p 0,000 ≤ 0.05. Beside that, the values adjusted R Square 0,74,8%. In addition, from T test it is known that Reliability (X1), Response Power (X2) -2,544 > T table 59,781> T table 1,984, and Physical Evidence (X5) 4,444 > T table 1,984. The dominant variable is Attention (X3) variable which is shown with regression coefficient and 0,704 bigger than others variables. The result shows that the competitiveness of Simponi FM can be seen from the frequency, whether this radio has been able to compete with other campus’ radios because it has 300 Watt of emittance power and 20 Km of effective beam radios. The other campus’ radios, in the other way around, only have 250 Watt of emittance power. It means that Simponi FM can reach a wider public especially the student of UIN Malang as its bigger responders. Simponi FM has used some strategies in order to increase the quality of its service such as updating the news, song and performing a related training of skill and broadcaster.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pendengar; Quality of Service; Listeners’ Satisfactory | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:09 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44050 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |