Implementasi product life cycle (tinjauan maturity product) pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk

Arosyid, Harun (2013) Implementasi product life cycle (tinjauan maturity product) pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
09510124_Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
09510124_Indonesia.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
09510124_Inggris.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
09510124_Arab.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
09510124_Bab_1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
09510124_Bab_2.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
09510124_Bab_3.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
09510124_Bab_4.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
09510124_Bab_5.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
09510124_Daftar_Pustaka.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
09510124_Lampiran.rar

Download (284kB)

Abstract

INDONESIA:

Fenomena penurunan pangsa pasar PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk tiga tahun terakhir yaitu 45% pada tahun 2009, 43% pada tahun 2010 dan 40,8% pada tahun 2011. Ditengah-tengah meningkatnya intensitas persaingan, Semen Indonesia malah mengalami penurunan pangsa pasar, disaat para kompetitor gencar melakukan strategi gerilya dan penetrasi pasar. Selain itu, penyebab menurunya pangsa pasar Semen Indonesia adalah tidak mampunya perseroan dalam mengendalikan distribusi semen, kapasitas produksi perseroan yang terbatas dan komunikasi pemasaran yang kurang efektif.

Tujuan penelitian ini yaitu (1) melihat bagaimana strategi maturity product dan (2) implikasi strategi pemasaran dalam maturity product pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu, prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan yang bersifat penjelasan, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan wawancara, yaitu Kepala Dept. Pengembangan Pemasaran, Kabiro. Perencanaan Pemasaran dan Staf Biro Perencanaan Pemasaran.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa Product Life Cycle (PLC) merupakan konsep yang penting dalam pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika bersaing suatu produk. Berdasarkan analisa hasil penelitian, PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk berada dalam tahap kedewasaan (maturity). Yang mana tahap kedewasaan (maturity) adalah periode penurunan pertumbuhan penjualan karena produk tersebut itu telah diterima oleh sebagian besar pembeli. Laba akan stabil atau menurun karena persaingan meningkat. Dan strategi pemasaran yang digunakan dalam tahap kedewasaan (maturity) adalah setrategi defensive-offensive, yang mana menerapkan Strategi defensive disaat keterbatasan produksi fokus pada pasar utama dan strategi offensive dengan modifikasi pasar dan modifikasi produk setelah peningkatan produksi, ini terbukti sangat efektif. Dengan mengimplementasikan strategi tersebut dapat menekan pergerakan Holcim dan Indocement serta menggerus pangsa pasar kedua perusahaan tersebut. Karena meningkatnya volume penjualan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, maka dapat meningkatkan pangsa pasar PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk yaitu 43% pada tahun 2012, lebih besar dari pada tahun 2011 yang mencapai 40,8%. Saran; (1) fokus terhadap pelanggan utama, (2) Menetapkan strategi skala prioritas dalam memilih segmen yang paling potensial dan aktual dan, (3) menggunakan distributor tunggal dan ekspeditur tunggal dari anak perusahaan.

ENGLISH:

For the three last years, market share of PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. lost ground, 45% in 2009, 43% in 2010 and 40,8% in 2011. In the increase of rivalry intensity, the product of cement in Indonesia came to decrease of the market share, while the competitors intensively conducted the strategy guerrilla and market penetration. Moreover, the decrease of cement market share in Indonesia are because the company have no ability in controlling the distribution of cement, less capasity of production and the company has uneffective marketing communication.

The purpose of this research are: (1) observing how maturity product strategy is conducted and (2) knowing the marketing strategy in matury product of PT. Semen Indonesia (persero) Tbk. This research uses qualitative-descriptive research method, the research procedure which produce the spoken and written data in the descriptive one. The data collection technic uses documentation and interview from the Head of Marketing Developement Department, the Head of Marketing Plan Bureau, and the Staff of Marketing Plan Bureau.

The result of the research shows that Product Life Cycle (PLC) is the important concept in the marketing because it gives the deep understanding on rivalry dynamics of the product. Based on the research result analysis, PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. is the maturity step. Maturity step is the period of selling developement decrease because the product has already accepted by the most customers. The profit will be stabil or decrease because of the intensive rivalry. The marketing strategy which is used in the maturity step is defensive-offensive. This marketing strategy applies the defensive strategy if the restrictive production focus on the main market, while the offensive strategy is applied if the market and product are modified after the increase of production. This strategy shows the efectiveness. By implementing this strategy, it can control the production movement of Holcim and Indocement, and it can decrease the market segment of both of the companies. Because of the increased selling volume of PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., therefore it can increase the market share of PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. at 43% in 2012, bigger rather than in 2011 at 40,8%. Suggestions; (1) focusing on the main customer, (2) deciding priority scale strategy in choosing the most potential segment and actual, (3) using single distributor and single expeditor from the member of the company.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Masyhuri, Masyhuri
Keywords: Implementasi PLC; Strategi Maturity; Implikasi Strategi Maturity; Implementation of PLC; Maturity Strategy; Implication of Maturity Strategy
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Location: 150503
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 07 Jun 2016 13:33
Last Modified: 07 Jun 2016 13:33
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2511

Actions (login required)

View Item View Item