Upaya membangun pengetahuan konsumen dalam meningkatkan pemasaran produk syariah pada Koperasi Muhammadiyah Jatim Pakis Malang

Herlambang, Denis (2013) Upaya membangun pengetahuan konsumen dalam meningkatkan pemasaran produk syariah pada Koperasi Muhammadiyah Jatim Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
09510017_Pendahuluan.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
09510017_Indonesia.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
09510017_Inggris.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
09510017_Arab.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
09510017_Bab_1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
09510017_Bab_2.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
09510017_Bab_3.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
09510017_Bab_4.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
09510017_Bab_5.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
09510017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
09510017_lampiran.rar

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA:

Pertumbuhan koperasi syariah sebagai lembaga keuangan mikro mulai menunjukkan eksistensinya di tengah persaingan dengan lembaga keuangan konvensional. Dan salah satu koperasi syariah yang ada di kota Malang adalah Koperasi Muhammadiyah Jatim. Dalam strategi pemasarannya untuk mendapatkan konsumen, menggunakan pemasaran langsung (penawaran kerja sama) kepada masyarakat dan instansi-instansi. Akan tetapi kondisi sesungguhnya yang terjadi di lapangan yakni sebagian besar masyarakat yang memilih koperasi syariah masih dominan dipengaruhi oleh emosi keagamaan belum berdasarkan pada pemahaman rasional yang baik terhadap produk-produknya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana upaya membangun pengetahuan konsumen yang dilakukan Koperasi Muhammadiyah Jatim dalam memasarkan produk syariah Simpanan dan Pembiayaan agar meningkatkan pemasaran produknya, serta bagaimana implikasi dari upaya membangun pengetahuan konsumen yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengembangan validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menentukan strategi pemasarannya, Koperasi Muhammadiyah Jatim melakukan berbagai analisis, baik internal maupun eksternal. Setelah melihat berbagai pertimbangan yang mendasarinya, maka ditetapkan strategi pemasaran yang meliputi tujuan, pelaksana, pesan, media, audiens, waktu, anggaran, dan evaluasi. Koperasi Muhammadiyah Jatim dalam membangun pengetahuan konsumen sudah menjelaskan jenis pengetahuan konsumen yaitu pengetahuan produk, pengetahuan pembelian, dan pengetahuan pemakaian. Sesuai dengan teori tentang konsep pengetahuan konsumen. Koperasi Muhammadiyah Jatim mengaplikasikan proposisi nilai dalam upaya membangun pengetahuan konsumen. Meskipun Koperasi Muhammadiyah Jatim menggunakan beberapa aspek, namun ada aspek yang lebih diutamakan dalam upaya membangun pengetahuan konsumen yaitu membangun pengetahuan produknya dengan pengenalan produknya dalam bentuk penawaran kerja sama.

ENGLISH:

Growth of cooperatives as an institution of Islamic microfinance began its presence in the middle of the competition with conventional financial institutions. And one of the Islamic cooperatives in the city of Muhammadiyah Malang East Java is cooperative. In its marketing strategy to get consumers, using direct marketing (offer of cooperation) to the public and agencies. However the real conditions that occur in the field, including most of the people who choose the cooperative is still predominantly influenced by the Islamic religious emotion not rational based on a good understanding of the products.

The purpose of this study is to describe how the efforts made to build consumer knowledge Cooperative Muhammadiyah in East Java in marketing Islamic Financing Savings and marketing in order to improve its products, and how the implications of the efforts made to build consumer knowledge. This research uses descriptive qualitative method. Data from this study were obtained by interview, observation, and documentation. Development of the validity of the data in this study was done by using triangulation. Triangulation technique used in this study is triangulation and triangulation of data sources.

The results showed that before determining the marketing strategy, Cooperative Muhammadiyah Java perform a variety of analyzes, both internally and externally. After seeing the various considerations underlying it, then set a marketing strategy that includes goals, implementing, messaging, media, audience, time, budget, and evaluation. Cooperative Muhammadiyah in East Java to build consumer knowledge has explained the types of consumer knowledge of product knowledge, knowledge of purchase, and use of knowledge. In accordance with the theory of the concept of consumer knowledge. Cooperative Muhammadiyah Java value proposition apply in an effort to build consumer knowledge. Although Muhammadiyah Cooperative Java using some aspects, but there are aspects that are preferred in order to build consumer knowledge of building knowledge products with the introduction of its products in the form of offers of cooperation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Al-Idrus, Salim
Keywords: Pengetahuan Konsumen; Produk Syariah; Koperasi; Consumer Sciences; Syar’i Products; Cooperative
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Location: 150502
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 09 Oct 2015 01:34
Last Modified: 09 Oct 2015 01:34
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item