Rasyid, Miftahul Syukron Al (2013) Intelijensi pemasaran dalam mempertahankan keunggulan kompetitif di perusahaan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
09510042_Pendahuluan.pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
09510042_Indonesia.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
09510042_Inggris.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
09510042_Arab.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
09510042_Bab_1.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
09510042_Bab_2.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
09510042_Bab_3.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
09510042_Bab_4.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
09510042_Bab_5.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (References)
09510042_Daftar_Pustaka.pdf Download (86kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
09510042_Lampiran.rar Download (336kB) |
||
|
Text (Summary)
09510042_Ringkasan.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Intelijensi Pemasaran sangat penting bagi perusahaan yang terkait untuk mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan dalam menghadapi persaingan industri. Sehingga apabila intelijensi pemasaran dilakukan dengan maksimal maka informasi mengenai data pesing bisa didapatkan dan perusahaan akan dapat mengambil keputusan berkaitan dengan informasi tersebut. Dalam prakteknya, perusahaan berskala besar yang dijadikan obyek penelitian menerapkan intelijensi pemasaran berdasarkan atas aktivitas intelijensi, sumber intelijensi dan faktor intelijensi. Oleh karena itu perusahaan dituntut untuk mengadopsi sistem intelijen pemasaran berkaitan dengan menghadapi persaingan yang ada dalam industri serta mampu mengaplikasikan sistem intelijen pemasaran dengan baik dan sesuai prosedur,
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam hal ini peneliti menggunakan wawancara tertulis dalam tekhnik penelitiannya untuk mengumpulkan data berkaitan tentang intelijensi pemasaran, setelah wawancara tertulis dilakukan peneliti kemudian menganalisisnya dengan reduksi data, penyajian data dan pembuatan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Intelijensi pemasaran yang digunakan dalam perusahaan berskala besar menggunakan aktivitas merancang keunggulan kompetitif dan analisis nilai pelanggan dalam mengamati pesaing. 2) sumber intelijensi pemasaran yang digunakan perusahaan berskala besar menggunakan dua sember yaitu lingkungan dalam perusahaan (Internal) dan lingkungan luar perusahaan (eksternal). 3) Faktor intelijensi pemasaran yang digunakan perusahaan berskala besar menggunakan 3 macam faktor yatu: pertama, faktor pengamatan 6 data pokok pesaing yang meliputi: produk pesaing, harga pesaing, promosi pesaing, strategi pesaing, penjualan pesaing dan data lainnya yang berkaitan dengan pesaing, kedua adalah faktor keunggulan kompetitif yang menekankan pada pemrosesan informasi berkaitan dengan inovasi pesaing seperti kualitas produk dan ketiga faktor yang digunakan adalah faktor wiraniaga yang menggunakan orang dalam perusahaan untuk melakukan intelijensi pemasaran yang dimana kemampuan perusahaan sangat dibutuhkan dalam penggunaan faktor tersebut.
ENGLISH:
Marketing intelligence is very important for a company to maintain its competitive advantage in order to face industrial competition. So, if it is done optimally, the information about competitors data can then be achieved and the company can make a decision related to the information. In reality great scale company, which is the object of the research, implement marketing inteligence based on intelligence activities, sources, and factors. Therefore, the company has to adopt the marketing intelligence syste m to face existing industrial competition and be able to apply it as the procedure.
The research employs qualitative method by using descriptive approach. The researcher employs written interview as the research technique to gather data related to marketing intelligence. After the written interview, the researcher analyzes the data through data reduction, data presentation, and conclusion.
The result shows that: 1) The marketing intelligence employed by great scale companies uses competitive advantage planning and customer value analysis in observing its competitor. 2) The marketing intelligence source employed by great scale companies uses two sources, company environment (internal) and outside environment of the company (external). 3) Marketing intelligence factor employed by great scale companies uses 3 factors. First, the observation of 6 main competitor data including competitor’s products, price, promotion, strategy, sale, and other data. Second, competitive advantage factor emphasizing on information processing related to competitor’s innovation such as product quality. Third, the salesman factor who employs person in the company to do marketing intelligence in which the company ability is very important in these factors application.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Intelligent activities; intelligence source; intelligence factor in the company; Aktivitas intelijensi; sumber intelijensi dan faktor intelijensi dalam perusahaan. | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Location: | 150503 | ||||||
Depositing User: | Annas Al-haq | ||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2015 15:56 | ||||||
Last Modified: | 13 Oct 2015 15:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2346 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |