Adnyana, Aditya (2013) Analisis pengaruh Ekuitas merek minuman Yoguku terhadap keputusan pembelian: Studi pada PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa Kota Batu-Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
09510055_Pendahuluan.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
09510055_Indonesia.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
09510055_Inggris.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
09510055_Arab.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
09510055_Bab_1.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
09510055_Bab_2.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
09510055_Bab_3.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
09510055_Bab_4.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
09510055_Bab_5.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
09510055_Lampiran.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Analisis Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian menjelaskan setiap produk memiliki suatu brand yang selalu melekat, sehingga diingat dan di kenang oleh konsumen, peran merek sangat penting sebagai salah satu pertimbangan dalam memutuskan pembelian, disamping sebagai pembeda dari merek lain, merek juga berfungsi sebagai aset. Aset tersebut sangatlah penting, merek yang sudah dikenal oleh banyak orang tentu memiliki nilai aset yang tinggi. Bahkan sudah dilindungi oleh Undang-undang untuk melindungi hak cipta atas merek tertentu. Dikaitkan dengan ekuitas ini mendeskripsikan bagaimana aset-aset dari merek tersebut dalam menambah atau mengurangi liabilitas atau nilai merek tersebut. Dalam penelitian ini aset atau ekuitas yang diukur terdiri dari brand value, brand setrenght dan brand description. Yoguku adalah salah satu merek minuman berjenis yoghurt diproduksi oleh PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa, salah satu perusahaan berada di Kota Batu-Malang. Berbagai jenis merek minuman yoghurt yang beredar dipasaran seperti Yakult, Nice, Chimory, Yumy yofut. Yoguku adalah salah satu merek yoghurt khususnya dikota Batu-Malang. Sehingga dari situlah akan diungkap pengaruh atas ekuitas merek yoguku dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh secara simultan atas ekuitas merek terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh secara parsial dimana akan diuji satu-per satu atas variabel brand value, brand setrenght dan brand description.
Penelitian ini bersifat kualitatif-kuantitatif dengan pendekatan inferensial dalam hal ini peneliti melakukan pengujian terhadap hipotesis yang dibangun berdasarkan kajian teori, kemudian melakukan pengumpulan data dilapangan dengan cara menyebar kuisioner dimana bersumber dari populasi atau konsumen yoguku dengan mengambil sebagian sampel menggunakan rumus Maholtra dan dilakukan pengujian yaitu analisis regresi linier berganda dan uji validitas, reliabilitas dan hasil pengujian ditarik sebuah kesimpulan. Dalam penelitian ini pengolahan data menggunakan teknik statistik parametrik dengan menggunakan skala ordinal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: secara simultan 3 variabel dari ekuitas merek bersama-sama berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan uji secara parsial menunjukkan bahwa 1. Brand value tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. 2. Brand strenght berpengaruh signifikan dan menjadi variabel paling dominan terhadap keputusan pembelian. 3. Diikuti variabel Brand description yang juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
ABSTRACT
Analysis of brand equity effect on purchase decision explains that each product has its attached brand so that the consumers would keep it in mind and remember it. The role of the brand is very important to consider in purchase decision. Beside as differentiator from other brands, the brand also has function as an asset. Those assets are very important; a brand that is popular certainly has a high asset value. Some brands even register their copyright to protect their products. Associated with this equity, it describes how the assets of those brands in increasing or decreasing the liabilities or the brands value. In this research, the asset or equity which is measured consists of brand value, strength and description. Yoguku is a brand of yoghurt drink produced by PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa which is located in Batu-Malang. There are various brands of yoghurt drink in the market such as Yakult, Nice, Chimory, Yumy Yofut. Yoguku is one of the yogurt brands in Batu-Malang. As a result, this research tries to reveal the influence of Yoguku brand equity on consumers’ purchasing decisions. The purpose of this study is to discover the simultaneous influence of brand equity on purchase decisions, and the partial effect of which will be tested one by one over the variables of brand values, strength and description.
This research is a qualitative-quantitative one with inferential approach. In this case the researcher tests the hypothesis built based on the study of the theory, then collects the data in the field by spreading questionnaires to the population or Yoguku consumers by taking some samples using Maholtra formula and test them by multiple linear regression, validity, and reliability analysis. Finally, the conclusion is drawn from the test results. In this research, the data processing employs parametric statistical techniques by using ordinal scale.
The results showed that: simultaneously 3 variables of brand equity have positive and significant influence on costumers’ purchase decisions, while the partial test showed that 1. Brand value has no significant influence on the purchase decision. 2. Brand strength has a significant influence and become the most dominant variable on purchase decisions. 3. Brand description variable also has significant influence on the consumer purchasing decisions.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Analisis Pengaruh Ekuitas Merek; Keputusan Pembelian; Analysis of Brand Equity Effect; Purchase Decision | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Location: | 150503 | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2015 09:49 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2023 10:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2343 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |