Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa di MI Miftahul Ulum Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan

Mufarohah, Luluk (2012) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa di MI Miftahul Ulum Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
08410126_Pendahuluan.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
08410126_Indonesia.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
08410126_Inggris.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
08410126_Arab.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
08410126_Bab_1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
08410126_Bab_2.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
08410126_Bab_3.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
08410126_Bab_4.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
08410126_Bab_5.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
08410126_Daftar_Pustaka.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Appendices)
08410126_Lampiran.pdf

Download (821kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pola asuh orang tua meupakan cara orang tua mendidik dan membimbing anak dalam bentuk interaksi sehari-hari. Kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan pribadi dan sosial yang harus dimiliki setiap orang. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana jenis pola asuh orang tua, bagaimana tingkat kecerdasan emosional, dan Apakah ada Pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa-siswi di MI Miftahul Ulum Payaman Solokuro Lamongan Tahun Pelajaran 2011-2012.

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat pola asuh orang tua, untuk mengetahui bagaimana tingkat kecerdasan emosional, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa-siswi di MI Miftahul Ulum Payaman Solokuro Lamongan Tahun Pelajaran 2011-2012.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenisnya berupa korelasi yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara dua variabel. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, dokumentasi. Dari populasi kelas I-VI MI Miftahul Ulum Payaman Solokuro Lamongan berjumlah 65 siswa, sehingga yang dijadikan sampel kelas III-VI MI Miftahul Ulum Payaman Solokuro Lamongan berjumlah 40 siswa. Analisisnya menggunakan uji multiple regresi dengan menggunakan bantuan SPSS versi 16.0.

Berdasarkan analisa dapat diketahui pola asuh orang tua yang diterapkan pada siswa di MI Miftahul Ulum Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan adalah pola asuh demokratis dengan prosentase sebesar 62.5%. Dan kecerdasan emosional siswa di MI Miftahul Ulum Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan yang berkategori tinggi berjumlah 7 orang atau 17.5%, sedangkan yang berkategori sedang berjumlah 26 orang atau 65%, dan yang berkategori rendah 7 orang atau 17,5%. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa MI Miftahul Ulum mempunyai kecerdasan emosional sedang. Dari hasil korelasi menunjukkan bahwa pola asuh (otoriter, demokratis, permisif) mempunyai pengaruh signifikan positif. Dan dapat dinyatakan dengan analisis multiple regresi
nilai F tabel dengan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Arifin, Zainul
Keywords: Pola Asuh; Orang Tua; Kecerdasan Emosional; Care Pattern; Parent; Emotional Intelligence
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Departement: Fakultas Psikologi
Location: 170109
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 28 Sep 2015 03:07
Last Modified: 28 Sep 2015 03:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item View Item