Hubungan antara tingkat stress dengan motivasi berprestasi mahasiswa semester II (dua) dan IV (empat) Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Fatimah, Siti (2012) Hubungan antara tingkat stress dengan motivasi berprestasi mahasiswa semester II (dua) dan IV (empat) Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
08410106_Pendahuluan.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
08410106_Indonesia.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
08410106_Inggris.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
08410106_Arab.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
08410106_Bab_1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
08410106_Bab_2.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
08410106_Bab_3.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
08410106_Bab_4.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
08410106_Bab_5.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
08410106_Daftar_Pustaka.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
08410106_Lampiran.rar

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Stress merupakan suatu keadaan dimana seseorang merasa tertekan baik secara fisik maupun secara psikologis. Sedangkan motivasi berprestasi adalah suatu keinginan untuk melakukan hal yang terbaik dan ingin sukses. Pada beberapa mahasiswa semester II (dua) dan IV (empat) Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengalami stress yang disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah banyaknya tugas kuliah yang kemudian berdampak pada menurunnya semangat atau dorongan untuk melakukan aktivitas atau yang berhubungan dengan kuliah dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat stress, tingkat motivasi berprestasi serta mengetahui hubungan antara variabel stress dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa semester II (dua) dan IV (empat) jurusan Fisika Fakultas Sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek penelitian berjumlah 125 responden yang dipilih dengan menggunakan kluster sampling terlebih dahulu kemudian diambil dengan random sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 32 responden. Pengambilan data menggunakan dua skala berbentuk Likert, yaitu skala Stress dan skala Motivasi Berprestasi, serta dilengkapi dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Korelasi Product- Moment dengan bantuan SPSS versi 16.0 for Windows.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Tingkat stress Mahasiswa Semester II (dua) dan IV (empat) Jurusan Fisika Fakultas Sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang rata-rata mengalami stress pada kategori rendah dengan prosentase 53% dan rata-rata memiliki tingkat motivasi berprestasi pada kategori tinggi yaitu dengan prosentase sebesar 59,4%.

Berdasarkan hasil uji analisa dengan menggunakan analisis product-Moment diperoleh hasil nilai rxy sebesar -0,479 dengan taraf signifikansinya sebesar 0,005 dengan sampel sebanyak 32 responden. Hasil korelasi antara tingkat stress dengan motivasi berprestasi menunjukkan angka sebesar -0,479 dengan nilai p = 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara atress dengan motivasi berprestasi karena p< 0,05. Hal ini berarti bahwa semakin rendah tingkat stressnya, maka semakin tinggi tingkat motivasi berprestasinya, begitu juga sebaliknya.

ENGLISH:

Stress is a condition where a person feels depressed, both physically and psychologically. While Need for achievement is a desire to do the best and want to succeed. In some student semester (Two) and IV (Four) physics department faculty of Science and Technology of the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang experiencing stress caused by many things, one of which is the number of the coursework and then decrease the passion or the drive to do activity or related to college and others. The purpose of this study was (1). determine the level of stress, the level of achievement motivation and determine the relationship between stress variables with student achievement motivation in the semester II (two) and IV (four) Department of Physics Faculty of Science and Technology of the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang

This study uses quantitative methods. Subjects of research amount 125 respondents were selected usingKluster Samplingand random sampling. Sampling of reseach amount 32 reapondents. Retrieval of data using two Likert-scale form, the scale Stress and Achievement Motivation scale, and features an interview, observation and documentation. Data analysis in this study using techniques Product-Moment Correlation analysis using SPSS version 16.0 for Windows. The survey results revealed that the level of stress Students Semester II (two) and IV (four) Department of Physics Faculty Sains and Tecnology State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang averaged stress in the low category with the percentage of 53% and an average level of achievement motivation in categories with the percentage as high as 59,4%.

From the test results analyzed using product-Moment analysis results obtained rxy value of -0.479 with a significance level of 0.005 with a sample of 32 respondents. The results of the correlation between stress levels of achievement motivation showed a rate of -0,479 with p = 0.005. This indicates that there is a significant relationship as p <0.05. This means that the lower levels of mental distress, the higher level of the motivation underachievement, so otherwise.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Amiq, M. Bahrun
Keywords: Stress; Motivasi Berprestasi; Achievement Motivation
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Departement: Fakultas Psikologi
Location: 170103
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 28 Sep 2015 01:58
Last Modified: 28 Sep 2015 01:58
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item