Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap agresivitas pada siswa

Hanum, Nova Dwi (2013) Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap agresivitas pada siswa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

[img]
Preview
Text (Introduction)
0910122_Pendahuluan.pdf

Download (963kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
0910122_Indonesia.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
0910122_Inggris.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
0910122_Arab.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
0910122_Bab_1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
0910122_Bab_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
0910122_Bab_3.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
0910122_Bab_4.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
0910122_Bab_5.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
0910122_Daftar_Pustaka.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Appendices)
0910122_Lampiran.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Manusia merupakan makhluk mendekati sempurna dengan akal budi yang dimilikinya. Salah satu bentuknya merupakan kecerdasan baik berupa kecerdasan intelektual maupun kecerdasan emosional. Kecerdasan menjadi salah satu tolak ukur manusia dalam melakukan aktivitas. Meskipun di temukan cara untuk meningkatkan kecerdasan manusia, akan tetapi hal tersebut disebut dengan meningkat pula tingkat agresivitas di kalangan masyarakat. Agresivitas yang sejatinya perilaku permusuhan, pemaksaan dan penindasan menjadi hal biasa dan sering terjadi di masyarakat khususnya remaja.

Mengacu pada latar belakang diatas problematika masalah yang dibahas akan dijawab dalam penelitian ini yaitu bagaimana tingkat kecerdasan intelektual, tingkat kecerdasan emosional dan tingkat agresivitas siswa serta bagaimana hubungan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap agresivitas pada siswa.

Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif regresi. Sampel penelitian sebanyak 79 siswa dan siswi di MA Darul Karomah Randuagung Singosari dengan metode pengambilan data menggunakan skala psikologis. Pada pengelolahan data menggunakan product moment correlation dari pearson, dan uji validitas serta reabilitas memakai alpha cronbach. Pengelolaan data tersebut diolah menggunakan SPSS 15.0 for windows.

Dari hasil analisa penelitian ini memiliki persamaan regresi yaitu pengaruh antara kecerdasan intelektual (X1), kecerdasan emosional (X2), terhadap agresivitas (Y). Persamaan regresi berganda mengandung makna sebagaiberikut:(a)Koefisien regresi kecerdasan intelektual sebesar -0.220 menandakanbahwa kecerdasan intelektual mempunyai pengaruh yang negatif terhadap agresivitas. (b) Koefisien regresi kecerdasan emosional sebesar -0.490 berpengaruh negatif dan signifikan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional yang dimiliki seorang akan berdampak pada tingkat agresivitasnya. Nilai Koefesiendeterminasi (R2) digunakan untuk mengetahui sebesar variabel kecerdasanintelektual (X1), kecerdasan emosional (X2) menunjukkan angka 0.264.hal tersebut menjelaskan bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh sebesar 26.4% terhadap variabel terikat, sedangkan sisanya 73.6% berasal dari faktor yang diluar variabel penelitian.

ENGLISH:

Human is a near-perfect beings with intellect he had. One form is the form of intellectual intelligence and emotional intelligence. Intelligence into one measure human activity. Although in find ways to improve human intelligence, but it is known to increase the level of aggressiveness in the community. Aggressiveness is true conduct of hostilities, imposition and oppression become so common and often occurs in people, especially teenagers.

Referring to the background of the problematic issues discussed above will be answered in this study is how the intellectual level, the level of emotional intelligence and the aggressiveness of the students and how the intellectual relationship to aggressiveness and emotional intelligence in students.

The design of this study used a quantitative research regression. Samples are 79 students in MA Darul Karomah Randuagung Singosari with data retrieval method using psychological scales. In the administration of the data using Pearson product moment correlation of, and the validity and reliability using Cronbach alpha. Management of the data is processed using SPSS 15.0 for Windows.

From the analysis of this study has the effect of regression equation between intellectual intelligence (X1), emotional intelligence (X2), the aggressiveness (Y). Multiple regression equation implies following: (a) intellectual regression coefficient of -0220 indicates that intellectual had a negative effect on aggressiveness. (b) the regression coefficient of emotional intelligence shows -0.490, significantly and negatively impact in terms pf aggressiveness. Vakue coefficient determination (R2) of the variables used to determine intellectual intelligence (X1), emotional intelligence (X2) 0.264. it is clear that the effect of the independent variables explained 26.4% have an influence on the dependent variable, while the remaining 73.6% coming from outside factors research variables.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Aziz, Rahmat
Keywords: Kecerdasan Intelektual; Kecerdasan Emosional; Agresivitas; Intellectual Intelligence; Emotional Intelligence; Aggressiveness
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Departement: Fakultas Psikologi
Location: 170103
Depositing User: Chusnul Faida Ulfa
Date Deposited: 11 Sep 2015 02:28
Last Modified: 11 Sep 2015 02:28
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1831

Actions (login required)

View Item View Item