Ummah, Zahrotul (2013) Hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI IPA MA Miftahul Ulum Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
08410172_Pendahuluan.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
08410172_Indonesia.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
08410172_Inggris.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
08410172_Arab.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
08410172_Bab_1.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
08410172_Bab_2.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
08410172_Bab_3.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
08410172_Bab_4.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
08410172_Bab_5.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (References)
08410172_Daftar_Pustaka.pdf Download (11kB) | Preview |
|
![]() |
Other (Appendices)
08410172_Lampiran.rar Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang, baik dalam keluarga, masyarakat, dan bangsa. Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh tingkat keberhasilan pendidikan. Motivasi belajar mempunyai peranan yang penting dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang dan semangat untuk belajar. Siswa yang memiliki motivasi kuat akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar. Motivasi juga terbagi menjadi dua bagian, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang tidak memerlukan rangsangan dari luar sedangkan sebaliknya motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang membutuhkan adalah dorongan dari luar diri individu. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah adanya peranan dari konsep diri sebagai pandangan siswa terhadap dirinya sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsep diri dan motivasi belajar pada siswa kelas XI IPA MA Miftahul Ulum Mojokerto serta hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan bentuk penelitian korelasional kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan secara populatif dengan jumlah subyek sebanyak 45 siswa kelas XI IPA. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kesioner atau angket konsep diri berjumlah 30 aitem dengan reliabilitas α = ,932, angket motivasi belajar berjumlah 30 aitem dengan reliabilitas α = ,969. Teknis analisis yang digunakan adalah dengan cara mengklasifikasikan ke dalam tiga kategori, tinggi, sedang, rendah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan product moment pearson.
Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1. Tingkat konsep diri siswa kelas XI IPA MA Miftahul Ulum Mojokerto berada dalam kategori tinggi dengan prosentase 95,6%, kategori sedang dengan prosentase 4,4% dan dalam kategori rendah 0%. 2. Tingkat motivasi belajar siswa kelas XI IPA MA Miftahul Ulum Mojokerto berada dalam kategori tinggi dengan prosentase 97,8%, kategori sedang dengan prosentase 2,2% dan dalam kategori rendah 0%. Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI IPA MA Miftahul Ulum Mojokerto menunjukkan hubungan bermakna dengan rxy sebesar 0,446 dan p = 0,002 (<0,05) yang berarti hipotesa H0 dalam penelitian diterima. Artinya terdapat kecenderungan semakin tinggi tingkat konsep diri maka semakin tinggi motivasi belajarnya.
ENGLISH:
Education is the most important thing that can not be separated from the human life,good in a family, cityzen, and the nation. The development of a nation is determined by succeed studying level. Motivational Studying got an important rule in increasing passion, happy feeling, and spirit for studying. The students who had a strong motivation power will have so much power to study. Motivation is devided by to parts. They are interinsict and eksterinsict motivation. Interinsict Motivation is a motivation doesn’t need any stimulant,while otherwise eksterinsict motivation is a motivation that need any stimulant from the outside individu. One of the factor that could influence studying is any rule from the self concept as a vision about himself.
This research had a purpose to know self concept level and study motivation in XI Science students of MA Miftahul Ulum Mojokerto and correlation self concept with studying motivation.
This research used description research methode and shape research quantitative corelation. The taken sample is done populatively with 45 XI Science subject students. The collecting data is done by using questionner methode with 30 item, and reliability α = ,932, motivational questionner study with 30 item and reliability α = ,969. The Analyze Technic is used by classified into 3 category, high, medium, low. The Data analyze in this case using product moment person.
Based on the researching result, it concludes : 1. The self concept level Science class students MA Miftahul Ulum Mojokerto, is in a high category with 95,6% percentage, Medium category in 4,4% and low category in 0%. 2. The studying level motivation XI Science class students MA Miftahul Ulum mojokerto in high category with 97,8 %, medium category with 2,2%, and low category in 0 %. There are significant relationship between self concept with study motivation XI science class MA Miftahul Ulum Mojokerto show a relation with 0,446 and p = 0,002 (< 0,05) that mean H0 hypothesis in research accepted. In this case, more higher self concept, the studying motivation is increase.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahayu, Iin Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep Diri; Motivasi Belajar; Self Concept; Studying Motivator | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170103 | ||||||
Depositing User: | Dwi Aprilia Gendhis | ||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2015 09:49 | ||||||
Last Modified: | 11 Sep 2015 09:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1784 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |