Saputra, Ifana Chandra (2013) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan di PT. Sumber Yalasamudra Muncar Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Introduction)
09410006_Pendahuluan.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
09410006_Indonesia.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
09410006_Inggris.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
09410006_Bab_1.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
09410006_Bab_2.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
09410006_Bab_3.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
09410006_Bab_4.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
09410006_Bab_5.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (References)
09410006_Daftar_Pustaka.pdf Download (95kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
09410006_Lampiran.rar Download (427kB) |
Abstract
INDONESIA:
Karyawan dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) yang tinggi menjadi harapan pokok dan terbesar bagi perusahaan. Karena dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB), maka karyawan akan bekerja secara optimal dan efektif sesuai dengan tujuan perusahaan. Organizational Citizenship Behavior (OCB) terbentuk karena adanya Kecerdasan emosional (EQ). Kecerdasan Emosional adalah kompetensi individu dalam memahami dan mengontrol emosi diri serta bagaimana menjalin dan menjaga hubungan dengan orang lain. Jadi dengan karyawan yang memiliki kecerdasan Emosional yang baik maka sangatlah bermanfaat bagi perusahaan dan karyawannya sehingga akan menimbulkan sinergitas dalam kinerja perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Kecerdasan Emosional, dan mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional sebagai variabel bebas (independent) terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebagai variabel terikat (dependent) di PT. Sumber Yalasamudra Muncar Banyuwangi. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 51 karyawan yang statusnya sebagai staff atau pegawai tetap dan pegawai bulanan di perusahaan. Metode pengambilan datanya menggunakan skala. Skala penelitian terdiri dari dua skala yaitu skala kecerdasan emosional dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) yang masing-masing terdiri dari 35 aitem dan 30 aitem. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi sederhana dengan mencari korelasi dan pengaruh daya prediksinya.
Berdasarkan analisa penelitian didapatkan hasil sebagai berikut: pada variabel Organizational Citizenship Behavior (OCB) karyawan menghasilkan 6 karyawan (12%) dengan kategori tinggi, 39 karyawan (76%) dengan kategori sedang, dan 6 karyawan (12%) dengan kategori rendah. Sedangkan variabel Kecerdasan Emosional (EQ) menghasilkan 7 karyawan (14%) dengan kategori tinggi, 39 karyawan (76%) dengan kategori sedang, dan 5 karyawan (10%) dengan kategori rendah. Hasil penelitian kedua variabel diatas menghasilkan bahwa terdapat hubungan positif (rxy 0,599). Artinya hubungan antara dua variabel adalah positif significan dengan mendapatkan nilai 0,000 dan nilai signifikasnsinya Sig. (2-tailed) adalah dibawah atau lebih kecil dari 0,05. Sumbangan efektif atau daya prediksi ditunjukkan dengan koefisien determinan r2= 0,359 yang berarti bahwa 35,9% Organiztional Citizenship Behavior ditentukan oleh Kecerdasan Emosional,dan sisanya sebanyak 64,1% ditentukan oleh faktor lain lain seperti kepemimpinan, kepuasan kerja, iklim organisasi dll yang tidak
dijelaskan pada penelitian ini.
ENGLISH:
Employees with Organizational Citizenship Behavior (OCB) high into the principal and greatest hopefor the company. Because of the Organizational Citizenship Behavior (OCB), the employee will workoptimally and effectively in accordance with company objectives. Organizational Citizenship Behavior (OCB) formed because of emotional intelligence. Emotional Intelligence is theindividual competence in understanding and controlling one's emotions as well as how to establishand maintain relationships with others. So with employees who have good emotional intelligence itis very beneficial for the company and its employees that will lead to synergy in the company's performance.
This study aims to determine the level of Organizational Citizenship Behavior (OCB) and Emotional Intelligence, Emotional Intelligence and determine the effect of the independent variables (independent) on Organizational Citizenship Behavior (OCB) as the dependent variable (dependent) at PT. Sumber Yalasamudra Muncar Banyuwangi. The number of respondents in this study were 51 employees whose status as staff or permanent staff and employees in the company monthly. Scale used in data collection methods. Scale study consisted of two scales, namely emotional intelligence scale and Organizational Citizenship Behavior (OCB), each consisting of 35 and 30 item. Analysis technique used is a simple regression analysis to look for correlations and predictive power of influence.
Based on the analysis of the study found the following results: the variable Organizational Citizenship Behavior (OCB) employees produced 6 employees (12%) with high category, 39 employees (76%) with the medium category, and 6 employees (12%) with a low category.While variable Emotional Intelligence (EQ) produces 7 employees (14%) with high category, 39 employees (76%) with the medium category, and five employees (10%) with a low category. The results yield that the above two variables is a positive relationship (rxy 0.599). It means that the relationship between the two variables is positive significan with scores of 0.000 and Sig value. (2-tailed) is below or less than 0.05. Effective contribution or predictive power indicated by the coefficient determinant r2 = 0.359 which means that 35.9% determined by Organizational Citizenship Behavior Emotional Intelligence, and the remaining 64.1% is determined by other factors such as leadership, job satisfaction, organizational climate, etc. are not described in this study.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Organizational Citizenship Behavior (OCB); Emotional Intelligence | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170107 | ||||||
Depositing User: | Chusnul Faida Ulfa | ||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2015 09:23 | ||||||
Last Modified: | 11 Sep 2015 09:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1768 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |