Astuti, Nurul Puji (2014) Analisis persepsi UMKM atas pelaporan keuangan: Studi empiris pada UMKM pasar Porong Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
10510037_Pendahuluan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
10510037_Indonesia.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
10510037_Inggris.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
10510037_Arab.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
10510037_Bab_1.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
10510037_Bab_2.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
10510037_Bab_3.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
10510037_Bab_4.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
10510037_Bab_5.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (References)
10510037_Daftar_Pustaka.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
10510037_Lampiran.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memainkan suatu peran yang sangat vital di dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Namun, di balik prestasi yang dimilikinya, masih terdapat permasalahan yang dihadapi oleh UMKM yaitu mengenai pengelolaan keuangan dalam usahanya diantaranya seperti tidak terbiasa menyusun laporan keuangan. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara empiris persepsi pelaku UMKM di Pasar Porong atas pelaporan keuangan, untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pelaku UMKM Pasar Porong atas pelaporan keuangan, serta untuk mengetahui pengaruh persepsi pelaku UMKM Pasar Porong terhadap pelaporan keuangan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis Partial Least Square (PLS). Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Pasar Porong Sidoarjo dengan jumlah 2615 UMKM dan jumlah sampel yang diambil berdasarkan tabel Nomogram Herry King adalah sebanyak 245 UMKM.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil rekapitulasi data dan scoring adalah UMKM di Pasar Porong Sidoarjo memiliki persepsi negatif atas pelaporan keungan. Sebanyak 139 UMKM memiliki persepsi negatif atas penggunaan laporan keuangan dengan persentase sebesar 57%. Pada pengujian Partial Least Square dapat diketahui bahwa faktor-faktor dalam diri (X1) secara langsung berpengaruh terhadap persepsi UMKM di pasar Porong Sidoarjo (Y1). Demikian faktor-faktor dalam situasi (X2) secara langsung juga berpengaruh terhadap persepsi UMKM di pasar Porong Sidoarjo (Y1). Akan tetapi, faktor-faktor dalam objek (X3) secara langsung tidak berpengaruh terhadap persepsi UMKM di pasar Porong Sidoarjo (Y1). Sedangkan persepsi UMKM di pasar Porong Sidoarjo (Y1) secara langsung berpengaruh terhadap pelaporan keuangan UMKM pasar Porong Sidoarjo (Y2).
INDONESIA:
Micro, small , and medium enterprises (SMEs) play a very vital role in the development and economic growth . However , despite its achievements , there are still problems faced by SMEs is about financial management in their business such as not accustomed to prepare financial statements . Based on the description , this study was conducted in order to determine empirically the perception of SMEs in Porong Market over financial reporting , to identify the factors that influence the perception of SMEs Porong Market over financial reporting , as well as to determine the effect of the perception of SMEs towards reporting Porong Market finance .
This study uses quantitative methods to the analysis of Partial Least Square (PLS) . The population in this study is Porong Sidoarjo SME Market SMEs with the number 2615 and the number of samples taken by King HerryNomogram table is as much as 245 SMEs .
Conclusion of the results and scoring data summary , SMEs in the Porong Sidoarjo market have a negative perception over the financial reporting . A total of 139 SMEs have a negative perception on the use of financial statements with a percentage of 57 % . In Partial Least Square test can be seen that the factors within (X1) directly affect the perception of SMEs in the Porong Sidoarjo market (Y1) . Thus the factors in the situation (X2) is also directly affect the perception of SMEs in the Porong Sidoarjo market (Y1) . However , the factors in the object (X3) does not directly affect the perception of SMEs in the Porong Sidoarjo market (Y1) . While the perception of SMEs in the Porong Sidoarjo market (Y1) directly affect the financial reporting of Porong Sidoarjo market SMEs (Y2) .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fitriyah, Fitriyah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Persepsi; Laporan Keuangan; UMKM; Perception; Financial Statements; SMEs | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Location: | 150201 | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2015 11:41 | ||||||
Last Modified: | 08 Sep 2015 11:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1756 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |