Maisaroh, Maisaroh (2013) Hubungan self esteem dengan perilaku asertif siswa Mts-SA Roudlotul Karomah Sukorame Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
06410103_Pendahuluan.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
06410103_Indonesia.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
06410103_Inggris.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
06410103_Bab_1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
06410103_Bab_2.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
06410103_Bab_3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
06410103_Bab_4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
06410103_Bab_5.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (References)
06410103_Daftar_pustaka.pdf Download (145kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
06410103_Lampiran.rar Download (70kB) |
Abstract
INDONESIA:
Salah satu tugas perkembangan harus dipenuhi pada masa remaja adalah penyesuaian social. Seorang remaja akan mampu bersosialisasi dengan baik jika membiasakan diri dengan sikap yang asertif. Self esteem merupakan konsep dasar individu mengenai dirinya, kesadaran mengenai dirinya, fikiran, dan opini individu tentang dirinya, kesadaran mengenai siapa dan apa dirinya, dan perbandingan yang dilakukan individu antara dirinya dengan orang lain. Asertif komunikasi langsung dari kebutuhan, keinginan dan pendapat seseorang tanpa menghukum, mengancam, atau menekan orang lain.
Penelitian ini dilakukan di MTs-SA Roudlotul Karomah Sukorame Pasuruan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat self esteem kelas VIII, IX MTs-SA Raudlotul Karomah Sukorame-Pasuruan (2) Untuk mengetahui perilaku asertif siswa VIII, IX MTs-SA RAudlotul Karomah Sukorame-Pasuruan, dan (3) Untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan perilaku siswa MTs-SA Raudlotul Karomah Sukorame-Pasuruan
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variable bebas yaitu self esteem dan variable terikat yaitu perilaku asertif. Subjek penelitian 100 responden yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode angket berupa skala likert untuk self esteem dan sematik deferensial untuk perilaku asertif. Analisa data penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment Karl Pearson, dengan bantuan SPSS versi 16.0 for Windows.
Berdasarkan analisa data diperoleh hasil sebagai berikut:(1) hasil analisa self esteem berada pada kategori sedang dengan jumlah prosentase 82% sebanyak 41 siswa, (2) hasil analisa perilaku asertif berada dalam kategori tinggi dengan jumlah prosentase 52% sebanyak 26 siswa, (3) hasil korelasi menunjukan adanya tidak adanya hubungan yang signifikan antara self esteem dengan perilaku asertif dengan nilai korelasi r hitung < r table (0,-236 < 0,541) dan (p = 0,98 0,-236), dimana self esteem berada dikategori sedang, dan sedangkan perilaku asertif berada dikategori tinggi, jadi apabila dari salah satu tidak menunjukkan korelasi, maka keduanya hasilnya tidak akan signifikan . Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi subjek yang diteliti, lembaga, guru dan peneliti selanjutnya.
ENGLISH:
A development task in teenage period is social adaptation. A teenager can do a good socialization with assertive attitude. Self esteem is a base concept of individual about themselves, the awareness of themselves, the thought and opinion of themselves, and the awareness of who and what they are, as well as the comparison between individual and others. Assertive means a direct communication from the demand, interest and opinion of someone without punishing, threatening, or suppressing others.
The research is carried out at MTs-SA Roudlotul Karomah Sukorame Pasuruan. The objectives of research are (1) to understand self-esteem rate of Grade VIII Students at MTs-SA Roudlotul Karomah Sukorame Pasuruan, (2) to acknowledge the assertive behavior of VIII Students at MTs-SA Roudlotul Karomah Sukorame Pasuruan, and (3) to figure out the relationship between self-esteem and the assertive behavior of students at MTs-SA Roudlotul Karomah Sukorame Pasuruan.
Research method is quantitative. The independent variable is self-esteem while the dependent variable is assertive behavior. The subject of research is 100 respondents who are selected using cluster sampling technique. Data are collected with questionnaire method which is Likert Scale for self-esteem and deferential semantic for assertive behavior. Data analysis technique is Karl Pearson’s correlation product moment supported with SPSS version 16.0 for Windows.
Result of data analysis indicates that: (1) result of self-esteem analysis remains in moderate category by 82 % for 41 students; (2) result of assertive behavior analysis is in high category by 52 % for 26 students; and (3) result of correlation does not show a significant relationship between self- esteem and assertive behavior. The correlation rate is rcount < rtable (0.236 < 0.541) with p = 0.98 < 0.236, meaning that self-esteem is in moderate category while assertive behavior is in high category. If one does not show a correlation, both have insignificant result. Based on these results, research expects to give useful input and benefit for the observed subject, the organization, the teacher and the next researcher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yusuf, Aris Yuana | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Self Esteem; Perilaku Asertif; Assertive Behavior | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170109 | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2015 09:28 | ||||||
Last Modified: | 08 Sep 2015 09:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1717 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |