Roihah, Al Iftitahu Haffatir (2015) Efektifitas pelatihan incredible mom terhadap peningkatan sikap penerimaan orangtua dengan kondisi anak berkebutuhan khusus. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
11410112_Pendahuluan.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
11410112_Indonesia.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
11410112_Inggris.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
11410112_Arab.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
11410112_Bab_1.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
11410112_Bab_2.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
11410112_Bab_3.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
11410112_Bab_4.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
11410112_Bab_5.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text (References)
11410112_Daftar_pustaka.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
11410112_Lampiran.rar Download (2MB) |
||
|
Text (Summary)
11410112_Ringkasan.pdf Download (375kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam keluarga, kelahiran anak merupakan hal paling dinanti sebagai wujud karunia tuhan, penyelamat perkawinan, serta tumpuan harapan dimasa tua. Nilai dan harapan tersebut begitu saja hilang dan berbalik menjadi sumber masalah saat anak yang dinanti lahir dengan kebutuhan khusus. Setelah menyadari perbedaan yang dimiliki anak, umumnya orangtua akan melewati serangkaian proses panjang sebelum benar-benar berada pada kondisi “menerima”. Agar anak yang terlahir dengan kebutuhan khusus mampu berkembang optimal, motivasi diri bukanlah faktor tunggal. Lebih dari itu, keluarga (terutama orangtua) berperan besar dalam perkembangan ABK sedari dini. Jika sikap penerimaan sudah ditunjukkan oleh keluarga terlebih orangtua, proses pengasuhan akan dapat berlangsung secara optimal. Menyadari akan pentingnya sikap penerimaan orangtua terhadap kondisi anak, disusunlah satu program intervensi berupa parent educationberupa pelatihanyang berfokus pada peningkatan penerimaan orang tua terhadap kondisi anak dengan kebutuhan khusus. Program pelatihan ini selanjutnya diberi nama pelatihan “incredible mom”.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen time series, yaitu desain eksperimen satu kelompok yang dilakukan dengan beberapa kali pengukuran di awal dan di akhir perlakuan. Subjek yang digunakan adalah sebanyak 6 orang ibu dengan anak berkebutuhan khusus. Subjek diberi perlakuan berupa pelatihan incredible mom selama 2 kali pertemuan, dengan pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan, menggunakan masing-masing 2 skala penerimaan yang dikembangkan dari teori parental acceptance dari Porter.
Berdasarkan hasil analisa terhadap skor pretest dan posttestt dengan menggunakan 2 skala melalui software SPSS 21 for windows didapatkan nilai Z = 1,604 dengan taraf signifikansi 0,19 (p>0,05) pada skala 1 dan nilai z =7,30 dengan taraf signifikansi = 0,46 pada skala 2 (p>0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang diberikan berupa pelatihan incredible mom dalam penelitian ini kurang efektif dalam meningkatkan sikap penerimaan orangtua terhadap kekhususan anak.
ENGLISH:
In the family, child is the most-awaited person by new parents, as a gift from God, and as the foundation of the future. This will be as a disaster or source of problem when a child is born as special needs. Generally, parents will pass several long processes step by step after knowing the differences until they accept sincerely the condition. In order to they can grow as normal people, self-motivated is not the main factor. However, family plays a vital role in developing them early on. If the parents show the parental acceptance, the parenting process will be optimal. Realizing the importance of the acceptance to the children, then a program, namely parent education, is established focusing on the improvement of the parental acceptance toward the condition of the childrenwith the special needs. This program, then, is called by “incredible mom” training.
This research uses quantitative method by experimental design of time series. It is an experimental design consisting of one group conducted by several measures in the first and the last treatment. The subject used in this research is six mothers whose children with special needs. They gave twice meetings of incredible mom treatment, with the pre and post treatment. It uses two acceptance scales developed by parental acceptance theory from Porter.
According to the analysis result towards pre-test score and post-test by using two scales through SPSS Software 21 Windows is Z value= 1, 604with the significance level = 0,46 on the scale 2 (p>0,05). Therefore, it can be concluded that the incredible mom treatment given to the parents is ineffective to improve the parental acceptance to the children with the special needs.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholichatun, Yulia | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Anak Berkebutuhan Khusus; Pelatihan Incredible Mom; Penerimaan Orang Tua; Children with Special Needs; Incredible Mom Treatment; Parental Acceptance | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 17 Aug 2015 11:24 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2023 11:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1484 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |