Perancangan madrasah ibtidaiyah dengan pendekatan metode ajar konstruksivisme: Tema arsitek perilaku

Cholis, Fitri Nuriyatun Nisa (2014) Perancangan madrasah ibtidaiyah dengan pendekatan metode ajar konstruksivisme: Tema arsitek perilaku. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

[img]
Preview
Text (Introduction)
09660011 - PENDAHULUAN.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract_Indonesia)
09660011 - ABSTRAK BHS INDO.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract_English)
09660011 - ABSTRAK BHS ING.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract_Arab)
09660011 - ABSTRAK BHS ARAB.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter1)
09660011 - BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter2)
09660011 - BAB II.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter3)
09660011 - BAB III - METODE PERANCANGAN [ISI].pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter4)
09660011 - BAB IV - ANALISIS [ISI].pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter5)
09660011 - BAB V - KONSEP.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter6)
09660011 - BAB VI - HASIL RANCANGAN.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter7)
09660011 - BAB VII - PENUTUP.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
09660011 - LAMPIRAN.rar
Restricted to Registered users only

Download (298MB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :

Pengembangan sekolah yang baik dan bermutu merupakan faktor yang penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan pendidikan dasar di Indonesia. Sebagai negara yang mayoritas beragama Islam, sebuah sarana pendidikan yang berlandaskan prinsip Islam dalam setiap pembelajarannya tentu akan sangat membantu orang tua untuk mengarahkan karakter anak sejak dini. Sayangnya, sarana pendidikan dasar Islam di wilayah Kota Malang masih cenderung lemah baik dari sisi kualitas dan kuantitas. Kecenderungan masyarakat dalam memilih sarana pendidikan Islam yang masih terbilang rendah menjadi faktor latar belakang utama pemilihan objek perancangan madrasah ibtidaiyah dalam judul ini.

Konstruktivisme, yang merupakan konsep dari perancangan judul adalah sebuah metode ajar yang menekankan para siswa untuk “membangun” sendiri pengetahuan mereka masih terbilang baru di masyarakat. Metode ini bertolak belakang dengan metode lama yang umum diajarkan saat ini yaitu mentransfer pengetahuan dari guru kepada murid tanpa ada banyak usaha dari siswa. Dalam konstruktivisme, murid tidak hanya dirangsang untuk mencari tahu ilmu yang mereka inginkan sendiri. Mereka juga akan dituntut untuk menyusun pengetahuan-pengetahuan tersebut menjadi sebuah kesatuan. Dalam sejumlah kasus, metode ini lebih terbukti efektif dan lebih banyak berhasil mencetak siswa yang kritis dan cerdas, yang merupakan tujuan akhir dari setiap pembelajaran di sekolah manapun.

Memperkuat konsep perancangan yang berangkat dari pengguna madrasah ibtidaiyah yaitu anak-anak usia dasar, tema arsitektur perilaku diambil agar perancangan yang dihasilkan nantinya akan benar-benar mempertimbangkan kenyamanan dan kebutuhan berdasarkan analisis perilaku anak. Di atas itu semua, sebagai objek perancangan yang bernafaskan Islam tentunya setiap penerapan aplikatif dalam perancangan memiliki prinsip integratif keislaman yang merupakan ciri yang membedakan madrasah ibtidaiyah dengan sekolah dasar biasa. Perancangan ini mengambil 4 prinsip dasar dari pembelajaran konstruktivisme yaitu continuity, learning by doing, relation with environment dan learning by yourself yang dikombinasikan dengan prinsip arsitektur perilaku persepsi, teritori dan integrasi keislaman dalam setiap penerapan perancangan.

ENGLISH :

The development of a good school with high quality are one of important factor to support basic educational growth and development. With Indonesia being a country with Islam religion as a majority, a education facility with a basis of Islamic principle in every learning aspect will give a great help for the parents to mould the children characteristic earlily. Unfortunately, the Islamic basic learning facility in Kota Malang region still lack of quality and quantity side. People low tendency to choose Islamic education became main factor to create this title madrasah ibtidaiyah.

Constructivism, as the concept from this title is one learning method for the students to “construct” their own konwledge are still considered new. This method contradict with general old method which is to transfer knowledge from the teacher to the student without much of children’s effort. In constructivism, the student not only stimulated to find their own wanted knowledge, they also demanded to construct those knowledge as one unity form. In some cases, this method proved as the more effective and can create smart and critical students, which is the final purpose in every school learning, more than the others.To strengthen this design concept which started from elementary school main user as is kids, behaviour architecture theme was choosen in hope that the future design will be really consider children needs and comfort based from kids behaviour analysis.

Above all of that, as a design object breath with Islam certainly will apply integratic value as one characteristic that can distinguish madrasah ibtidaiyah with general elementary school.This design took 4 basic principle from constructivism learning which area continuity, learning by doing, relation with environment and learning by yourself which combined with behaviour architecture perception, teritory and Islamic integration in every aspect of the design.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muchlis, Aulia Fikriarini and Maslucha, Luluk
Keywords: Madrasah Ibtidaiyah, Konstruktivisme, Arsitektur Perilaku, Madrasah Ibtidaiyah, Constructivism, Behaviour Architecture
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120101 Architectural Design > 12010128 Behaviour Setting
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120110 Architecture of Building for Educational and Research Purposes > 12011001 Primary and Secondary School Buildings
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Arsitektur
Depositing User: Alexander Malik
Date Deposited: 10 Aug 2015 03:52
Last Modified: 09 Jun 2016 02:39
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item View Item