Rachma, Dewy Alifiyah (2017) Hubungan gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif fashion pakaian pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi angkatan 2015 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13410129.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin maju membuat perubahan yang menyakup hampir seluruh pada bidang kehidupan. Termasuk pada gaya hidup yang selalu mengikuti perkembangan setiap waktu membuat masyarakat khususnya mahasiswa berlomba-lomba mengikuti gaya hidup modern yang menuju pada gaya hidup hedonis. Hampir seluruh mahasiswa cenderung melakukannya untuk mendapatkan status sosial pada pada kelompok ataupun masyarakat dan di terima di lingkungan pergaulannya. Gaya hidup hedonis dapat dilihat melalui barang-barang yang mereka kenakan berupa barang dengan nama bermerek tertentu yang tidak semua orang memilikinya. Sehingga dari gaya hidup hedonis tersebut menyakut pada perilaku konsumtif yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dari bergaya hidup hedonis tersebut, dimana perilaku konsumtif ini tidak lagi untuk memenuhi kebutuhan pokok melainkan memenuhi hasrat keinginan dari dalam individu. Perilaku konsumtif yang banyak terjadi adalah perilaku konsumtif yang mengarah pada bidang fashion pakaian yang sekarang menjadi bahan topik pembicaraan dikalangan mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif fashion pakaian pada mahasiswa Jurusan Manajemen FE angkatan 2015 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dimana hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan gaya hidup hedonis dan perilaku konsumtif fashion pakaian pada mahasiswa Jurusan Manajemen FE angkatan 2015 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Metode penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif, menggunakan penelitian korelasi karena untuk mengetahui adanya hubungan gaya hidup hedonis dan perilaku konsumtif fashion pakaian. Serta pengambilan data dengan menggunakan skala Likert. Dari uji analisis diperoleh hubungan yang sigifikan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif fashion pakaian pada mahasiswa Jurusan Manajemen FE angkatan 2015 UIN Maulana Malik Ibrhaim Malang dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,226, p = 0,002 < 0,05 Artinya semakin tinggi gaya hidup hedonisnya maka semakin tinggi perilaku konsumtif fashion pakaian. Sebaliknya, jika semakin rendah gaya hidup hedonism aka semakin rendah perilaku konsumtif fashion pakaiannya.
ENGLISH:
As the time passes by, technology development shows an obvious trend. The development of technology eventually makes some changes in some aspects of life, including people’s lifestyle. Some people try to follow the trend by changing their style of living to hedonistic style, not to mention, the university students. Most of university students force themselves to keep up with modern way of living to get their desired social status. Hedonistic lifestyle can be seen through the items students wear and this condition drags them to have a consumptive behavior. The consumptive behavior on the students lies on the aspect of fashion, which has became a hot topic among university students.
This study aims to know the relation between hedonistic lifestyle and consumptive behavior on fashion among Management students at UIN Malang in 2015. The hypothesis of the study is the strong relation between hedonistic lifestyle and consumptive behavior on fashion among Management students at UIN Malang in 2015. A research method used in this study is a quantitative approach. To know the relationship between hedonistic lifestyle and consumptive behavior on fashion, corrrelation study is applied. Furthermore, data is taken by using Likert scale. The result of the study shows that there is a significant relation between hedonistic lifestyle and consumptive behavior on fashion among Management students at UIN Malang in 2015. The correlation coefficient obtained was r = 0.226, p = 0.002 <0.05. It means that the higher hedonistic lifestyle, the higher consumptive behavior on fashion. Conversely, the lower hedonistic lifestyle is, the lower consumptive behavior on fashion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahmudah, Siti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Gaya Hidup Hedonis; Perilaku Konsumtif Fashion Pakaian; | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:41 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9357 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |