Umayah, Kiftiyatul (2017) Pengaruh konformitas teman sebaya dan konsep diri terhadap pembelian impulsif mahasiswa program studi diploma tiga (D-III) Perbankan Syariah UIN Maliki Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13410101.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Konformitas terhadap kelompok teman sebaya merupakan hal yang tidak dapat diabaikan begitu saja pada masa remaja karena teman sebaya dapat mempengaruhi sikap dan gambaran diri yang mengarahkan pada konsep diri seeorang. Konformitas dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosial remaja, salah satunya yakni norma sosial yang menjadi kesepakatan bersama untuk mengatur remaja dalam berperilaku sehingga tercipta keseragaman tingkahlaku dalam kelompok. Kondisi tersebut sedikit banyak berpengaruh terhadap perilaku pembelian dan mengarah pada perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini dilakukan untuk menguji secara empirik pengaruh konformitas teman sebaya dan konsep diri terhadap pembelian impulsif pada mahasiswa Program Studi Diploma Tiga (D-III) Perbankan Syariah UIN Maliki Malang.Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa jurusan Program Studi Diploma Tiga (D-III) Perbankan Syariah UIN Maliki Malang angkatan 2015-2016 yang berjumlah 83 mahasiswa. Data penelitian diungkap dengan Skala Konformitas Teman Sebaya, Skala Konsep Diri dan Skala Pembelian Impulsif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konformitas teman sebaya mahasiswa jurusan Program Studi Diploma Tiga (D-III) Perbankan Syariah UIN Maliki Malang 77,1% berada pada kategori sedang. Pada tingkat konsep diri diketahui bahwa 74,6% berada pada kategori sedang. Sementara pada pembelian impulsif diketahui 74,6% berada pada kategori sedang. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan nilai t pada konformitas teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif t = 2,019 dengan signifikansi p = 0,47 dan konsep diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif t= -0,416 dengan signifikansi p = ,000 dimana p < 0,05. Konformitas teman sebaya dan konsep diri terhadap pembelian impulsif (R) sebesar 0,541, sedangkan koefisien determinasinya (R Square) sebesar 0,292. Hal tersebut menunjukkan bahwa 29,2% pembelian impulsif dipengaruhi oleh konformitas teman sebaya dan konsep diri, sisanya 70,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum terungkap pada penelitian ini.
ENGLISH:
Peer conformity is something that can not be ignored in adolescence because peers can influence attitudes and self-image that leads to self concept. Conformity can be influenced by the social environment of adolescents, one of which is social norms that become collective agreements to regulate teenagers in behaving and creating uniformity of behavior in groups. These conditions influence on buying behavior and lead to impulsive buying behavior. This research was conducted to test empirically of the influence of peer conformity and self concept towards impulsive purchase. This research was conducted on the students of Diploma Three (D-III) of Syariah Banking of UIN Maliki Malang of 2015-2016 which amounted to 83 students. Research data was revealed with Peer Conformity Scale, Self Concept Scale and Impulsive Purchase Scale. Data analysis technique used multiple linear regression analysis technique.
The result of the research showed that the level of peer conformity of the students of Diploma Three (D-III) of Islamic Banking of UIN Maliki Malang were 77,1% and in medium category. At the level of self-concept was known 74.6%in the medium category. The impulse purchase was known 74,6% in medium category. The result of multiple linear regression analysis showed that t value on peer conformity had significant influence on impulsive purchase t = 2.019 with significance p = 0,47 and self concept had significant influence to impulsive purchase t = -0,416 with significance p = 000 where P <0.05. Peer conformity and self-concept toward impulsive purchase (R) of 0.541, while the determination coefficient (R Square) was 0.292. This showed that 29.2% impulsive purchase was influenced by peer conformity and self-concept, the remaining 70.8% was influenced by other factors that had not been revealed in this research
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mangestuti, Retno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konformitas Teman Sebaya; Konsep Diri; Pembelian Impulsif; Peer Conformity; Self Concept; Impulsive Purchase | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:42 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9319 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |