Yusuf, Maimunah (2017) Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar tahfidz siswa Kelas XI SMA di PP Al-Munawwariyyah Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10410158.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Prestasi belajar merupakan taraf keberhasilan murid dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu sesuai dengan target. Prestasi belajar siswa kelas XI SMA di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah kurang maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh konsep diri. Sedangkan konsep diri pada siswa kelas XI SMA di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah dalam kategori sedang, Sehingga belum bisa menunjukkan prestasi belajar tahfidz yang tinggi. Dari itu peneliti hendak melihat apakah ada hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar tahfidz siswa kelas XI SMA di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah Bululawang Malang.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk melihat tingkat konsep diri siswa kelas XI SMA di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah. 2) Untuk melihat tingkat prestasi belajar tahfidz siswa kelas XI SMA di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah. 3) Untuk melihat apakah ada hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar tahfidz siswa kelas XI SMA di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah siwa kelas XI SMA di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah yang berjumlah 109 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik kuota sampling. Sedangkan metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, skala (kuisioner), dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsep diri siswa kelas XI SMA di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah adalah sedang dengan nilai prosentase 87,2%. Sedangkan tingkat prestasi belajar tahfidz siswa adalah kurang maksimal, dengan nilai prosentase 42,2%. Terdapat hubungan yang kuat antara konsep diri dengan prestasi belajar tahfidz siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0,680. Jadi semakin tinggi tingkat konsep diri siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar tahfidz siswa kelas XI SMA di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah.
ENGLISH:
Student achievement of study is level succed in studying lesson in school which stated in a score that gained from number of certain lesson test as targeted. Student achievement in XI grade of senior high school of Al-Munawwariyyah is not maksimum. This affected by self concept. As their self concept is in medium category, so cannot show their high achievement of study tahfidz. Because of that reason, researcher wants to see is there any corelation between self concept and achievement of study tahfidz of XI grade senior high school of Al-Munawwariyyah.
Aim of study are : 1) to see the level of self concept student in XI grade senior high school of Al-Munawwariyyah. 2) to see the level of achievement of study tahfidz student in XI grade senior high school of Al-Munawwariyyah. 3) to see is there any corelation between self concept and study tahfidz.
The method use in this research, use the quantitative approach with corelation design. Sample of this research are student in XI grade senior high school of Al-Munawwariyyah that consist of 109 students. The sample technique used is random sampling. While the method of collect the date use consist of observation, interview, quistionare, and documentation.
Research result show that the level of self concept from student in XI grade senior high school of Al-Munawwariyyah is medium with 87,2%. Mean while the achievement of tahfidz in the level of less maximum with 42,2%. There is a strong corelation 0,680. In conclution, as higher the self concept, the achievement also higher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Habib, Zainal | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep Diri; Prestasi Belajar; Self-Concept, Achievement of Study | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:51 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9114 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |