Taufiqurrohman, Taufiqurrohman (2015) تطوير مادة المفردات على أساس التعلم الذاتي ببرنامج أندرويد في مدرسة دار النجاح الإبتدائية الإسلامية ببجي باسوروان. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13720057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Di era sekarang, banyak anak-anak yang menggunakan hape canggih dengan sistem operasi Android. Begitu pula yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyyah Darun Najah Beji Pasuruan, banyak siswa madrasah tersebut yang menggunakan handphone Android saat di rumah. Maka tentunya pengembangan materi pengajaran Bahasa Arab dengan aplikasi Android adalah penting adanya, sebab dengan adanya aplikasi tersebut para siswa dapat belajar mandiri kapanpun dimanapun. Terlebih dalam pembelajaran kosa kata Arab yang merupakan dasar dalam belajar bahasa Arab. Atas dasar tersebut, lantas peneliti berkeinginan untuk mengembangkan materi kosa kata Arab berbasis belajar mandiri dengan aplikasi Android di MI Darun Najah Beji Pasuruan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah pengembangan materi kosa kata Arab berbasis belajar mandiri dengan aplikasi Android di MI Darun Najah Beji Pasuruan, (2) mendeskripsikan spesifikasi materi kosa kata Arab berbasis belajar mandiri dengan aplikasi Android di MI Darun Najah Beji Pasuruan, (3) mengukur efektifitas materi kosa kata Arab berbasis belajar mandiri dengan aplikasi Android di MI Darun Najah Beji Pasuruan.
Pendekatan yang dipakai peneliti dalam penelitan ini adalah penelitian dan pengembangan . Model pengembangan yang dipakai adalah model Borg & Gall.
Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, untuk menyusun aplikasi Android dalam belajar kosa kata Arab untuk belajar mandiri, maka peneliti menyusun langkah-langkah sebagai berikut: (1) tahap desain dan pembuatan aplikasi android (2) tahap penulisan scenario dan peta konsep (3) penentuan mufrodat (4) penentuan gambar (5) penentuan suara yang digunakan (6) penentuan lagu (7) penentuan materi isi pada tiap halaman (8) mendesain kode pemograman untuk meyanbung anatara bagian satu dengan laiinya (9) validasi produk dan revisi (10) uji coba kecil dan besar lalu revisi produk. Kedua, aplikasi ini terdiri atas beberapa layar yaitu: ikon, halaman depan, layar musik, layar materi dan latihan. Ketiga, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Android efektif dalam pembelajaran kosa kata Arab. Kesimpulan tersebut diambil dari hasil Paired Sample T Test nilai pretest dan post test kelompok eksperimen dan hasil Independent Samples T Test nilai post test kelompok kontrol dan eksperimen. Kedua perhitungan tersebut menunjukan hasil H0 ditolak. Atau dengan kata lain, bahwa antara pretest dan post test kelompok eksperimen berbeda atau tidak sama (H1), begitu pula post test kelompok kontrol dan eksperimen juga berbeda atau tidak sama (H1).
ABSTRACT
In the current era, the Many children use smartphones with android applications. So did that occur in Madrasah Ibtidaiyyah Darun Najah Beji Pasuruan, a lot of students who use mobile Android while in their home. Then it surely, making Android applications for students for learning is very important, because because by using these materials students can study independently wherever he is and whenever it is especially in learning vocabulary, because it is the basis of language learning. On the basis of these, hence the researcher wishes to develop Arabic vocabulary materials using android applications for independent learning, applied in MI Darun Najah Beji Pasuruan.
The aims of this research is: (1) to find out the stepin developing of Arabic vocabulary materials based on independent learning using Android applications in MI Darun Najah Beji Pasuruan (2) to describes the specification of the vocabulary learning materials based on independent learning (3) to measure the effectiveness of Arabic vocabulary materials based on independent learning using Android applications in MI Darun Najah Beji Pasuruan.
The approach used in this study is Research and Development. The model used is the development model of Borg & Gall.
The results of this research are: first, to develop Android software in Arabic vocabulary instruction based on independent learning, then researchers compiled the following steps: (1) stage of the design and manufacture of the Android application (2) the stage of writing the scenario and concept maps (3) determination of vocabulary (4) determination of images (5) the determination of the sound that was used (6) determination of songs (7) the determination of the material contents on each page (8) designed the programming code to connect between the part and other (9) product validation and revision (10) small and large trials then revision of the product. Second, the program consists of several screens, are: icon, main page, screen for the song, screen for lesson, and screen for exercise. Third, the results of this research show that the use of Android apps are effective in learning vocabulary. The conclusion was drawn from the results of the paired t test value samplet pretest and post test experimental group and the results of the independent samples t test value post test control group and experimental. Both of these calculations showed the results of H0 is rejected. Or in other words, that between the pretest and post test experimental group differently or are not the same (H1), so did the post test control group and also different experiments or are not the same (H1).
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Machmudah, Umi and Huda, Miftahul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تعلم الذاتي ;تعليم المفردات; ببرنامج أندرويد; Learning Vocabulary; Independent Learning; Android; Pembelajaran Kosa Kata; Belajar Mandiri; Program Android | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2017 15:05 | |||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2017 15:05 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8464 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |