Responsive Banner

Kepemimpinan perempuan dalam inovasi pendidikan di pesantren: Studi kasus Pondok Pesantren Al Ishlahiyah Pagentan Singosari Malang

Mursyida, Risda (2025) Kepemimpinan perempuan dalam inovasi pendidikan di pesantren: Studi kasus Pondok Pesantren Al Ishlahiyah Pagentan Singosari Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
230204210010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

(3MB)

Abstract

INDONESIA:

Kepemimpinan perempuan di pesantren merupakan fenomena yang menarik karena secara historis pesantren identik dengan kepemimpinan laki-laki melalui figur kiai. Namun, di Pondok Pesantren Al Ishlahiyah Pagentan Singosari Malang, kepemimpinan justru dijalankan oleh perempuan secara turun-temurun melalui sosok para Ibu Nyai. Penelitian ini difokuskan pada dua hal, yaitu: (1) strategi kepemimpinan perempuan dalam inovasi pendidikan di Pesantren Al Ishlahiyah dan (2) model kepemimpinan perempuan dalam perspektif feminisme eksistensial Simone de Beauvoir.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman yang meliputi empat tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data diperkuat melalui triangulasi sumber dan metode.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan perempuan di Pesantren Al Ishlahiyah: 1) Strategi perintisan (Ibu Nyai Hasbiyah) (2) Strategi pengembangan (Ibu Nyai Latifah) (3) Strategi ekspansi kelembagaan (Ibu Nyai Anisah). Penelitian ini menganalisis kepemimpinan perempuan di Pondok Pesantren Al-Ishlahiyah melalui pendekatan feminisme eksistensial Simone de Beauvoir, dengan fokus pada Ibu Nyai Hasbiyah, Latifah, dan Anisah. Ketiganya menunjukkan otonomi sebagai subjek mandiri, membentuk identitas dan menolak patriarki melalui pengalaman. Ibu Nyai Hasbiyah memimpin selama 40 tahun, mendidik santri secara setara dan aktif di Muslimat NU. Ibu Nyai Latifah memperkuat pesantren dengan tata kelola musyawarah dan kepedulian sosial seperti koperasi. Ibu Nyai Anisah mengembangkan pendidikan modern melalui SMP Takhasus, SMK Terpadu, dan Day Care, dengan latar aktivis PMII dan DPR. Ketiganya membentuk identitas kepemimpinan melalui keteladanan, melawan struktur patriarki, dan menjadikan pesantren sebagai pusat pemberdayaan perempuan yang mandiri dan berdampak sosial.

ENGLISH:

Female leadership in Islamic boarding schools is an interesting phenomenon because historically, Islamic boarding schools are synonymous with male leadership through the figure of the kiai. However, at the Al Ishlahiyah Islamic Boarding School in Pagentan, Singosari, Malang, leadership is actually carried out by women from generation to generation through the figure of Ibu Nyai. This research focuses on two things, namely: (1) women's leadership strategies in educational innovation at the Al Ishlahiyah Islamic Boarding School and (2) women's leadership models from the perspective of Simone de Beauvoir's existential feminism.

This research used a qualitative approach with a case study. Data were collected through interviews, observation, and documentation. Data analysis followed the Miles and Huberman model, which includes four stages: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing and verification. Data validity was strengthened through triangulation of sources and methods.

The results of the study indicate that women's leadership at Al Ishlahiyah Islamic Boarding School: 1) Pioneering strategy (Mrs. Nyai Hasbiyah) (2) Development strategy (Mrs. Nyai Latifah) (3) Institutional expansion strategy (Mrs. Nyai Anisah). This study analyzes women's leadership at Al-Ishlahiyah Islamic Boarding School through Simone de Beauvoir's existential feminism approach, focusing on Mrs. Nyai Hasbiyah, Latifah, and Anisah. All three demonstrate autonomy as independent subjects, forming identities and rejecting patriarchy through experience. Mrs. Nyai Hasbiyah led for 40 years, educating students equally and being active in Muslimat NU. Mrs. Nyai Latifah strengthened the Islamic boarding school with deliberation management and social concerns such as cooperatives. Mrs. Nyai Anisah developed modern education through SMP Takhasus, SMK Terpadu, and Day Care, with a background as PMII and DPR activists. The three of them formed a leadership identity through exemplary behavior, challenging patriarchal structures, and making Islamic boarding schools centers for empowering independent and socially impactful women.

ARABIC:

تُعدالقيادةالنسائيةفالمدارسالداخليةاإلسالميةظاهرةمثيةلالهتمام،إذارتبطتتاريخيًابالقيادةالذكوريةمنخاللشخصية
"كياي."أمافمدرسةاإلشهاريةاإلسالميةالداخليةفباجنتان،سينغوساري،ماالنغ،فتتولالنساءالقيادةجيلبعدجيلمنخالل
شخصية"إيبونياي."كزيرهذاالبحثعلمحورين:(1)اسير اتيجياتالقيادةالنسائيةفاالبتكارالتعليمفمدرسةاإلشهاريةاإلسالميةالداخلية،و(2)
نماذجالقيادةالنسائيةمنمنظورالنسويةالوجوديةلسيمونديبوفوار.
اعتمدهذاالبحثعلمنهجنوعقائمعلدراسةحالة.جُعُتالبياناتمنخاللالمقابالتوالمالحظةوالتوثيق.
وتبعتحليلالبياناتنموذجمايلزوهوبرمان،الذييتضمنأربعمراحل:ُجعالبيانات،واخير الها،وعرضها،واستخالصالنتائجوالتحققمنها.
وعُززتصحةالبياناتمنخاللالتثليثبيالمصادرواألساليب.
تشينتائجالدراسةإلأنالقيادةالنسائيةفمدرسةاإلشالحيةاإلسالميةالداخلية:(1اسير اتيجيةالريادة)السيدةنيايحسبية((2)
اسير اتيجيةالتنمية)السيدةنيايلطيفة((3)اسير اتيجيةالتوسعالمؤسس)السيدةنيايأنيسة.(تحللهذهالدراسةالقيادةالنسائيةفمدرسة
اإلشالحيةاإلسالميةالداخليةمنخاللنهجسيمونديبوفوارالنسويالوجودي،معر كياليعلالسيدةنيايحسبيةولطيفةوأنيسة.تُظهر
الثالثةاستقالليتهمكأشخاصمستقلي،وتشكيلهوياتورفضالنظاماألبويمنخاللالخير ة.قادتالسيدةنيايحسبيةلمدة40عامًا،
وعلمتالطالبعلقدمالمساواةوكانتنشطةفNU.Muslimatعززتالسيدةنيايلطيفةالمدرسةالداخليةاإلسالميةمنخالل
اإلدارةالمتعمدةواالهتماماتاالجتماعيةمثلالتعاونيات.طورتالسيدةنيايأنيسةالتعليمالحديثمنخاللبرنامج"تاخاسوس"وبرنامج
"تيبادو"ودارالرعايةالنهارية،انطالقًامنخير تهاكناشطاتفرحزبPMIIوDPR.وقدشكّلتثالثتهنهويةقياديةمنخاللسلوكهنالمثال،
وتحديهنللهياكلاألبوية،وجعلهنالمدارسالداخليةاإلسالميةمراكزلتمكيالنساءالمستقالتوالفاعالتاجتماعيًا.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Mufidah, Mufidah and Zuhriyah, Erfaniah
Keywords: kepemimpinan perempuan; inovasi pendidikan; pesantren; simone de beauvoir; educational innovation; pesantren; women’s leadership; القيادةالنسائية،االبتكارالير بوي،المعهداإلسالم،سيمونديبوفوا
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169901 Gender Specific Studies
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Ilmu Agama Islam
Depositing User: Risda Mursyida
Date Deposited: 01 Dec 2025 14:23
Last Modified: 01 Dec 2025 14:23
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/81315

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item