Responsive Banner

Dampak penggunaan media sosial terhadap minat siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan dalam berwirausaha

Anhar, Yuridul Izzata Arafat Al (2025) Dampak penggunaan media sosial terhadap minat siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan dalam berwirausaha. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
210102110097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

(3MB)

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis dampak penggunaan media sosial terhadap minat siswa dalam berwirausaha, dengan fokus pada siswa-siswi di MAN 1 Lamongan. Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam cara generasi muda mengakses informasi, termasuk informasi terkait kewirausahaan. Media sosial seperti Instagram, TikTok, dan WhatsApp kini menjadi platform yang tidak hanya digunakxan sebagai sarana komunikasi dan hiburan, tetapi juga sebagai media belajar informal yang menyediakan berbagai konten inspiratif dan edukatif mengenai dunia usaha.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada siswa, guru, dan pengelola program kewirausahaan sekolah, observasi aktivitas siswa terkait penggunaan media sosial, serta dokumentasi kegiatan kewirausahaan di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial memberikan dampak positif dalam meningkatkan minat berwirausaha di kalangan siswa. Banyak siswa mengaku termotivasi memulai usaha setelah melihat konten sukses wirausaha muda, tutorial bisnis, serta strategi pemasaran digital yang dibagikan oleh pelaku usaha melalui media sosial. Bahkan, sebagian siswa telah mempraktikkan ide usaha secara sederhana dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi dan komunikasi dengan pelanggan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir kewirausahaan di kalangan remaja, terutama dalam menumbuhkan rasa percaya diri, kreativitas, dan keberanian untuk mencoba hal baru dalam bidang bisnis. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif dari pihak sekolah dan keluarga untuk membimbing siswa agar dapat memanfaatkan media sosial secara positif dan produktif dalam mengembangkan potensi kewirausahaan mereka.

ENGLISH:

This study aims to examine and analyze the impact of social media use on students’ interest in entrepreneurship, focusing on students at MAN 1 Lamongan. The rapid development of information technology has significantly changed how young people access information, including business-related content. Social media platforms such as Instagram, TikTok, and WhatsApp are no longer used solely for communication and entertainment but have become informal learning tools that provide inspirational and educational content about entrepreneurship.

This research employs a qualitative approach with a case study method. Data were collected through in-depth interviews with students, teachers, and school entrepreneurship program coordinators, as well as through observation of students’ social media usage and documentation of entrepreneurship-related activities within the school environment. The findings reveal that social media has a positive impact on increasing students’ entrepreneurial interest. Many students reported being motivated to start a business after viewing content such as young entrepreneurs’ success stories, business tutorials, and digital marketing strategies shared by online creators. Some students have even begun to implement simple business ideas, using social media as a tool for promotion and customer engagement.

The study concludes that social media plays a significant role in shaping entrepreneurial mindsets among students, particularly in building confidence, creativity, and the willingness to explore new opportunities in business. Therefore, active support and guidance from schools and families are needed to help students use social media positively and productively in developing their entrepreneurial potential.

ARABIC:

رتكز هذا البحث على أهمية انضباط المعلم في تهيئة بيئة تعليمية مواتية، وتأثيره المباشر على دافعية الطلاب للتعلم. فالمعلمون المنضبطون قادرون على أن يكونوا قدوة حسنة، وأن يخلقوا بيئة تعليمية منظمة وممتعة ومحفزة. تهدف هذه الدراسة إلى تحديد (١) العوامل المؤثرة على انضباط معلم الدراسات الاجتماعية في دافعية الطلاب للتعلم في مدرسة إسلام كارانجبلوسو الثانوية، (٢) مستوى دافعية الطلاب للتعلم في الدراسات الاجتماعية، و(٣) تأثير انضباط المعلم على دافعية الطلاب للتعل

منهج البحث المُستخدم هو منهج نوعي بنمط دراسة الحالة. وتُجمع البيانات من خلال الملاحظة والمقابلات والتوثيق. شملت الدراسة معلمي وطلاب الدراسات الاجتماعية في الصفين السابع والثامن في مدرسة إسلام كارانغبلوسو الثانوية، مقاطعة مالانغ.

أظهرت نتائج الدراسة أن معلمي الدراسات الاجتماعية أظهروا انضباطًا من خلال الالتزام بالمواعيد،والالتزام بالقواعد، والانتظام في أداء المهام. وهذا له أثر إيجابي على دافعية الطلاب للتعلم، ويتجلى ذلك في زيادة مشاركتهم، ومسؤوليتهم تجاه التعلم، وحماسهم للمشاركة في تعلم الدراسات الاجتماعية

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Firdiansyah, Yhadi
Keywords: Media sosial; Minat wirausaha; siswa; kewirausahaan; Social media; Entrepreneurial interest; Students; Entrepreneurship; وسائل التواصل الاجتماعي; الاهتمام بريادة الأعمال; الطلاب; ريادة الأعمال
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuridul Izzata Arafat Al Anhar
Date Deposited: 07 Nov 2025 15:01
Last Modified: 07 Nov 2025 15:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/81134

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item