Responsive Banner

Peran ustadz dalam membentuk pendidikan karakter santri melalui kegiatan kerja bakti (ro'an) di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang

Fanani, Mochammad Adif (2025) Peran ustadz dalam membentuk pendidikan karakter santri melalui kegiatan kerja bakti (ro'an) di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
19110146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

(2MB)

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan karakter adalah sebuah pendekatan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan nilai-nilai moral serta perilaku positif pada individu. Tujuan utamanya adalah mencetak generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki integritas, tanggung jawab, empati, dan rasa hormat terhadap sesama. Dalam konteks ini, pendidikan karakter bukan hanya mengenai apa yang kita pelajari di sekolah, tetapi juga bagaimana kita berkembang menjadi pribadi yang lebih baik di masyarakat. Pendidikan karakter memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini yaitu jenis pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui Peran Ustadz dalam Membentuk Pendidikan Karakter Santri Melalui kegiatan Ro’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang. penelitian kualitatif (Qualitative Research) sebagai suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, dan aktivitas sosial, sikap, kepercayan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi tersebut digunakan untuk menemukan prinsi-prinsip dan penjelasan yang menuju pada penyimpulan.

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk: (1) Untuk menjelaskan bagaimana strategi dalam pembentukan Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang (2) peran ustadz dalam membentuk pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang. (3) Untuk menjelaskan faktor hambatan dan solusi ustadz dalam membentuk pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang. Untuk mencapai beberapa tujuan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data utama primer adalah kepala pondok, ustadz, dan santri. Sedangkan sumber data sekunder adalah beberapa berkas serta dokumentasi yang diambil. Peneliti melakukan penelitian langsung di lapangan dengan observasi, wawancara kemudian dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa integrasi nilai-nilai pendidikan karakter yang diperankan ustadz di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang melalui kegiatan ro’an mampu membentuk karakter santri yang disiplin, mandiri dan bertanggung jawab. Peran yang dilakukan Ustadz dalam Kegiatan ro’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang yakni dengan memberikan tauladan kepada santri, mengatur atau memprogram jalannya ro’an, mengontrol jalannya kegiatan dan mengevaluasi kegiatan.

ENGLISH:

Character education is an approach in the learning process aimed at shaping and developing moral values and positive behaviors in individuals. The main goal is to create a generation that is not only excellent in academics but also possesses integrity, responsibility, empathy, and respect for others. In this context, character education is not only about what we learn in school, but also about how we grow into better individuals in society. Character education plays a very important role in a person's life. In this complex era, intellectual intelligence alone is not enough to face the challenges of life. With the development of technology and globalization, we are also confronted with various social problems that require people with strong morals and ethics. Without strong character, individuals may struggle to build harmonious social relationships, work in teams, or make wise decisions.

Pesantren Islamic boarding schools are unique educational institutions in Indonesia that combine Islamic religious education with character development. Here, students (santri) not only learn religious knowledge but are also taught life values related to morality, ethics, and discipline. Pesantren plays a crucial role in shaping a generation that is noble in character, knowledgeable, and ready to contribute to society. Pesantren offer various activities to enhance character education, one of which is Ro’an. Ro’an is a communal activity in the pesantren environment, carried out together with the aim of mutual benefit.

The purpose of this research is to: (1) explain how character education is improved at Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang; (2) examine the role of ustadz (teachers) in character education of the santri at Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang; (3) identify the barriers and solutions faced by ustadz in improving the character education of the santri at Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang. To achieve these objectives, the researcher uses a qualitative approach with a descriptive qualitative research design. The primary data sources are the head of the pesantren, ustadz, and santri, while secondary data sources include various documents and records. The researcher conducts field research through observation, interviews, and documentation.

ARABIC:

تربية جيل ال يقتصر تميزه على الجانب األكاديمي فحسب، بل يتمتع أي ًضا بالنزاهة، والمسؤولية، والتعاطف، واحترام اآلخرين . في هذا السياق، فإن التعليم القيمي ال يقتصر على ما نتعلمه في المدرسة، بل أي ًضا على كيفية تطورنا لكي نصبح أفرادًا أفضل في المجتمع. التعليم القيمي له دور بالغ األهمية في حياة الفرد. في هذا العصر المعقد، ال يكفي الذكاء العقلي فقط لمواجهة تحديات الحياة. مع تطور التكنولوجيا والعولمة، نحن أي ًضا نواجه العديد من المشكالت االجتماعية التي تتطلب أشخا ًصا ذوي أخالق وقيم قوية . بدون شخصية قوية، قد يواجه الفرد صعوبة في بناء عالقات اجتماعية متناغمة، والعمل ضمن فرق، أو اتخاذ قرارات حكيمة.

ِر الـ "بوندُوك ن المؤسسات، ال يتعلم الطالب (السانتري) المعرفة الدينية فقط، بل يتعلمون أي ًضا القيم الحياتية المتعلقة باألخالق، واألدب، واالنضباط . الـ ِرن" تُعد مكانًا مهًما جدًا في تشكيل جيل ذو أخالق نبيلة، و ُمتعلم، ومستعد للمساهمة في المجتمع. تقدم الـ "بوندُوك "بوندُوك بيسانتْ ِرن"، يتم تنفيذه معًا ِرن بيسانتْ " العديد من األنشطة التي تعزز التعليم القيمي، ومن بينها روآن .روآن هو نشاط جماعي داخل بيئة الـ "بوندُوك بيسانتْ بهدف النفع المشترك.

ِرن ِمْفتَا ُح اْ هدف هذه الدراسة هو: (١) شرح كيفية تعزيز التعليم القيمي في "بوندُوك بيسانتْ ل ُهدَى َجاِدن ْج َمَالْنغ"؛ (٣) شرح العوامل التي تشكل عوائق ِرن ِمْفتَا ُح اْ دور األساتذة في التعليم القيمي للسانتري في "بوندُوك بيسانتْ ل ُهدَى َجاِدن ْج َمَالْنغ". لتحقيق هذه األهداف، ِرن ِمْفتَا ُح اْ والحلول التي يتبناها األساتذة لتحسين التعليم القيمي للسانتري في "بوندُوك بيسانتْ استخدم الباحث منه ًجا نوعيًا مع نوع من البحث النوعي الوصفي. مصادر البيانات األساسية األولية هي مدير البوندُوك، واألساتذة، والسانتري . بينما المصادر الثانوية تشمل بعض الوثائق والمستندات التي تم جمعها. يقوم الباحث بتنفيذ البحث مباشرة في الميدان من خالل المالحظة، والمقابالت، ثم التوثيق

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Marno, Marno
Keywords: Pendidikan karakter; Peran Ustadz; Mengatasi masalah
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mochammad Adit Fanani
Date Deposited: 19 Aug 2025 12:46
Last Modified: 19 Aug 2025 12:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/80665

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item