Saidah Har, Baiq (2012) تكوين بيئة العربية بمعهد منير العارفين نهضة الوطن برايا لومبوك الوسطى: دراسة وصفية تحليلية موازنة. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fultext)
10720017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Lingkungan Bahasa adalah salah satu faktor yang mempunyai peranan penting dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran bahasa asing, dan dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam menguasai kemahiran berbahasa. Lingkungan bahasa Arab adalah semua yang didengar, dilihat dan dipelajari oleh siswa dari bahasa Arab yang memberikan pengaruh kepada peningkatan kompetensi kemahiran berbahasa siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Pondok Pesantren Munirul Arifin adalah salah satu pondok pesantren yang mengembangkan lingkungan bahasa Arab.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan dari pengadaan lingkungan bahasa Arab dan efektifitasnya dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Munirul Arifin Nahdlatul Wathan Praya Lombok Tengah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif analisis komperatif. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data model interaktif yang melalui langkah-langkah pengumpulan dan pengecekan data, mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data.
Hasil penelitian ini adalah: (1). Langkah-langkah yang digunakan dalam menciptakan lingkungan bahasa Arab di pondok pesantren munirul Arifin Nahdlatul Wathan adalah: menyediakan tempat bagi santri (asrama), menyiapkan sumber daya manusia, menciptakan lingkungan bahasa di dalam kelas, menciptakan lingkungan bicara, lingkungan dengar, lingkungan pandang, lingkungan dengar dan pandang, melaksanakan usbu’ul Araby dan mengadakan lomba-lomba berkaitan dengan peningkatan kompetensi bahasa Arab santri (2) sebagian besar dari langkah-langkah penciptaan lingkungan bahasa Arab di pondok pesantren Munirul Arifin Nahdlatul Wathan belum efektif (3) sebab-sebab dari sebagian besar penciptaan lingkungan Bahasa Arab belum efektif adalah: guru-guru bahasa Arab kurang mengusai metode pembelajaran dan kurang mengusai kemahiran berbicara serta kurangnya pelatihan- pelatihan pembelajaran bahasaArab, media pembelajaran bahasa Arab yang terbatas, dan pada tahun pembelajaran disaat penelitian ini di lakukan pondok pesantren lebih memusatkan perhatiannya pada penciptaan lingkungan bahasa Inggris.
ABSTRACT
Language environment is one of the factors that has an important rule in achieving a success in learning foreign language and increasing student’s competence so they can be master a language skills. Arabic Language environment is everything that related to Arabic language that be heard, be seen, and be learned by student and gives an influence in increasing student’s language skills in Arabic learning. Munirul Arifin is one of Islamic boarding school that creating a Arabic language environment .
The aim of this research is to know the situation of creating a language environment for Arabic learning in Islamic Boarding School Munirul Arifin Nahdlatul
Wathan Praya, Central Lombok and to know the effectiveness of creating it in Arabic learning.
This research used a qualitative approach and descriptive analysis method. And the instruments of this research are observation, interview and documentation. Data analysed using an interactive model began with data collection, data verification, data reduction, data display, and conclusion.
The result of this research is: (1) language environment for Arabic learning in Islamic Boarding School Munirul Arifin Nahdlatul Wathan Praya, Central Lombok divided into two situations, formal language environment and non formal language environment. Language activity in formal language environment connected to arabic learning in formal and non formal institution, which most of it organized inside the classroom. (2) Non formal language environment is language activities which are organized outside of classroom, it is not connected to formal arabic learning directly. (3) Language environment, formal and non formal, does not run as weel as what has been programmed or planned, because of some reasons. (4) The effectiveness of creating a language environment for arabic learning does not showed, because the unsuccesful creating of language environment.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masqon, Dihyatun and Wargadinata, Wildana | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | بيئة العربية; Arabic Language Environment; Lingkungan Bahasa Arab | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2017 15:19 | |||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2017 15:19 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8031 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |