Penny Respati, Yurisa (2012) إعداد المواد التعليمية على ضوء لتنمية مهارة الكلام: بحث تطويري و تجريبي بمعهد سونان أمفيل العلى جامعة مولانا مالك ابراهم الإسلامية الحكومية مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10720072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang adalah pusat pembinaan Spiritual dan Mental, karena Universitas memiliki Ma’had dimana para Mahasiswa semester satu tinggal disana dan mempelajar pelajaran Agama serta berbicara Bahasa Arab. Kenapa berbicara? karena manusia lebih banyak berbicara dari pada menulis. Mahasiswa Ma’had Sunan Ampel al’Aly mulai mempelajari bahasa Arab semenjak pertama kali mereka masuk ke Ma’had ini , namun hingga saat ini mereka belum mampu berbicara bahasa Arab, kecuali hanya mahasiswa yang sudah mempelajarinya sebelum masuk ke Ma’had. Ma’had Sunan Ampel al’Aly belum memiliki buku ajar dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab, buku ajar yang digunakan sementara ini adaah buku kosakata, dimana buku ini kurang cocok digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa.
Dari masalah diatas maka peneliti meletakan rumusan masalah yaitu Bagaimana proses penyusunan materi pembelajaran dalam meningkatkan ketrampilan berbicara? Serta sejauh mana kefektifan materi yang disusun setelah diterapkan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyusunan materi pengajaran berbicara bahasa Arab dan keefektifanya bila diterapkan bagi kelas Pemula di Ma’had Sunan Ampel al’Aly. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen dimana peneliti mendesain Pre-test dan Post- test terhadap dua kelompok (Eksperimen dan Kontrol).
Penelitian mencapai hasil t-test yaitu 9,956, dimana hasil ini lebih besar dari pada tingkat t-table 5% 2,073 dan tingkat 1% 2,818. Dari hasil ini menunjukan bahwa pengajaran berbicara bahasa Arab efektif dengan menggunakan materi ajar yang telah disusun oleh peneliti. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penyusunan materi ajar untuk ekstrakurikuler bagi kelas pemula ini dimulai dengan membatasi tujuan pengajaran, kemudian menentukan pembagian materi sesuai dengan jumlah hari yang digunakan untuk pembelajaran dalam satu minggu. Materi terdiri dari Kosa Kata, Kalimat, Percakapan, Tata Bahasa Arab dan mempraktekan percakapan diluar kelas. (2) Pembelajaran berbicara bahasa Arab dengan menggunakan Materi ajar ini dinyatakan efektif.
Dari hasil yang disebutkan diatas, sudah semestinya materi pengajaran berbicara bahasa Arab dapat dimanfaatkan dengan benar dalam proses pengajaran, selain itu penulis berharap agar penelitian ini menjadi referensi untuk penelitian lanjutan yang berhubungan dengan penelitian ini sehingga dapat dikembangkan ke dalam desain materi ajar berbicara untuk tingkat selanjutnya.
ABSTRACT
State Islamic University Maulana Malik Ibrahim become a center of spiritual and moral building, because there are Ma’had where the students of first grade studied about Islamic science and Arabic speaking. The speaking is chosen because most of people in their life prefer to speak than writing. The students of Ma’had Sunan Ampel al’Aly begin to study about speaking from the first time they are coming, until now they didn’t speak Arabic yet except who has studied before. And Ma’had hasn’t speaking teaching material, only a vocabularies book which unsuitable in using for improving Speaking Skill. And speaking teaching material is very important for improving it.
The Researcher put the research problem of this research are How is the process for finishing the teaching material in improving speaking skill? and how effective this object after implementation?. This research aims at designing process of speaking teaching material and finding out the effectiveness of speaking teaching material using in Basic Class in Ma’had Sunan Ampel al’Aly State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang. This research uses the experimental method that the researcher design pre-test and post-test for both groups (Experiment and Control group).
This research reach the degree of t-test 9,956, this biggest than t-table at the level of 5% (2,073) and at the level 1% (2,818). This indicates that the use of Speaking Teaching Material in Arabic for improving speaking skill is effective. And the result of this research are obtained bellow: (1) Preparing this teaching material process started by determining the goals, finding out the learning material based on the days in a week which used for teaching. The material contain of Vocabularies, Sentences, Conversation, Arabic grammatical and Conversation practicing out door. (2) The use of Speaking Teaching Material in Arabic for improving speaking skill is effective.
Based on these results, teaching material must be used as good as possible in teaching process. Besides, the researcher hopes that the research becomes the reference for further researchers which have a relation with this chapter and could be developed to other teaching material for advance grade.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al-Kamil, Mohammed Ali and Masduki, Masduki | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | المواد التعليمية; مهارة الكلام; بمعهد سونان أمفيل العلى; Teaching Material; ADDIE Model; Speaking Teaching; Ma’had Sunan Ampel al’Aly State Islamic University Maulana Malik Ibrahim; Materi Ajar; Model ADDIE; Kemampuan Berbicara; Ma’had Sunan Ampel al’Aly | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2017 15:31 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2017 15:48 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8016 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |