Responsive Banner

Analisis pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal materi Teorema Pythagoras berdasarkan teori APOS ditinjau dari kemampuan matematika siswa

Laili, Iftitah Nur (2025) Analisis pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal materi Teorema Pythagoras berdasarkan teori APOS ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
210108110014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

(6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Analisis pemahaman konsep digunakan untuk mengindentifikasi seberapa jauh pemahaman siswa terhadap suatu materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep yang dimilki siswa dalam menyelesaikan soal Teorema Pythagoras berdasarkan teori APOS yang ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Kemampuan matematika siswa dibagi menjadi tiga kategori, yakni kemampuan matematika kategori tinggi, kemampuan matematika kategori sedang, dan kemampuan matematika kategori rendah. Proses analisis pemahaman konsep siswa menggunakan teori APOS, yaitu aksi, proses, objek, dan skema.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Hikam Jombang pada kelas VIII. Subjek penelitian dipilih berdasarkan nilai raport matematika siswa dan rekomendasi dari guru mata pelajaran matematika. Setelah itu, guru mata pelajaran merekomendasikan masing-masing 2 siswa untuk setiap kaetgori. Kemudian, 6 subjek yang terpilih diberikan tes analisis pemahaman konsep berupa soal materi Teorema Pythagoras untuk dianalisis pemahaman konsepnya berdasarkan teori APOS. Setelah itu, dilakukan wawancara kepada 6 subjek penelitian dengan mempertimbangkan pemahaman konsep yang beragam pada setiap tingkat kemampuan matematika siswa. Selanjutnya, hasil analisis tersebut dipaparkan menggunakan analisis deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persiapan data, membaca seluruh data, proses coding, identfikasi tema, penyajian data, dan interpertasi data. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode, yang melibatkan tes analisis pemahaman konsep dan wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi dapat memenuhi semua tahapan teori APOS, yaitu aksi, proses, objek dan skema. Siswa dengan kemampuan matematika sedang, memenuhi tahapan teori APOS, yaitu aksi, sebagian dari tahapan proses, objek dan sebagian dari tahapan skema. Siswa dengan kemampuan matematika rendah, memenuhi tahapan teori APOS, yaitu hanya tahap aksi.

ENGLISH:

Conceptual understanding analysis is used to identify the extent of students' understanding of a particular topic. The purpose of this study is to describe students' conceptual understanding in solving problems related to the Pythagorean Theorem based on APOS theory, viewed from their mathematical ability levels. Students’ mathematical abilities are categorized into three levels: high, medium, and low. The analysis of students' conceptual understanding is conducted using the APOS theory, which consists of action, process, object, and schema.

This study employs a qualitative research method with a descriptive qualitative approach. The research was conducted at MTs Al-Hikam Jombang in an eighth-grade class. The research subjects were selected based on students’ mathematics report card scores and recommendations from the mathematics teacher. The teacher recommended two students for each ability category. A total of six selected students were then given a conceptual understanding analysis test in the form of problems related to the Pythagorean Theorem, which were analyzed based on APOS theory. Subsequently, interviews were conducted with the six research subjects, taking into account the diverse levels of conceptual understanding across the different levels of mathematical ability. The results of the analysis were then presented using descriptive analysis. The data analysis techniques used in this study included data preparation, reading the entire data set, coding process, theme identification, data presentation, and data interpretation. To ensure the validity of the data, method triangulation was employed, involving both the conceptual understanding test and interviews.

The results of this study show that students with high mathematical ability were able to fulfill all stages of the APOS theory: action, process, object, and schema. Students with medium mathematical ability met the action stage, part of the process, object, and part of the schema stages. Meanwhile, students with low mathematical ability were only able to meet the action stage.

ARABIC:

يُستخدم تحليل فهم المفاهيم لتحديد مدى فهم الطلاب للمادة الدراسية. والغرض من هذه الدراسة هو وصف فهم المفاهيم لدى الطلاب في حل مسائل نظرية فيثاغورس استنادًا إلى نظرية من حيث قدرة الطلاب الرياضية. تنقسم قدرة الطلاب الرياضية إلى ثلاث فئات، وهي القدرة الرياضية للفئة العالية، والقدرة الرياضية للفئة المتوسطة، والقدرة الرياضية للفئة المنخفضة. لتحليل وتحديد فهم الطلاب للمفاهيم باستخدام نظرية التي تتضمن الفعل والعملية والموضوع والمخطط

يستخدم هذا البحث أساليب بحث نوعية ذات منهج وصفي. وقد أُجري هذا البحث في مدرسة الحكم جومبانج المتوسطة في الصف الثامن ب. وقد تم اختيار موضوعات البحث بناءً على درجات بطاقة تقرير الرياضيات الخاصة بالطلاب وتوصيات مدرس مادة الرياضيات. بعد ذلك، أوصى مدرس المادة بطالبين لكل فئة. بعد ذلك، خضع الطلاب الستة الذين تم اختيارهم لاختبار تحليل فهم المفاهيم في شكل أسئلة حول مادة نظام نظرية فيثاغورس لتحليل فهمهم للمفاهيم بناءً على نظرية أبوس. بعد ذلك، أُجريت مقابلات مع 6 أشخاص تم اختيارهم من خلال النظر في فهم المفاهيم المتنوعة في كل مستوى من مستويات قدرات الطلاب الرياضية. بعد ذلك، تم عرض نتائج التحليل باستخدام التحليل الوصفي

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Faridah, Siti
Keywords: pemahaman konsep; teorema pythagoras; teori APOS; kemampuan matematika
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Iftitah Nur Laili
Date Deposited: 01 Aug 2025 10:10
Last Modified: 01 Aug 2025 10:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/79708

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item