Wahyudin, Wahyudin (2012) تعليم اللغة العربية بطريقة تعليم المفردات: دراسة وصفية تقويمية في جامعة الشيخ نور جاتي الإسلامية الحكومية بشربون. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
10720010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Bahasa Arab melalui metode pengajaran kosakata yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab intensif di Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mempunyai kontribusi positif dan efektif dalam mencapai empat ketermapilan berbahasa.
Kosakata merupakan salahsatu unsur bahasa yang memeiliki urgensi besar dalam menentukan kemampuan berbahasa seseorang. Dalam hal ini, PBB mencoba menerapkan dan mempraktekan pembelajaran tersebut dalam program pembelajaran bahasa Arab intensif sejak tahun pelajaran 2010/2011.
Namun demikian, karena dalam praktek pembelajaran tersebut belum mengindahkan dan menjalankan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Arab untuk non Arab, maka belum bisa mencapai target dan tujuan pembelajaran secara maksimal, sehingga diperlukan adanya penelitian ilmiah untuk mengevaluasi dan memperbaiki segala kekurangan tersebut.
Berdasarkan problematika di atas, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi praktek pembelajaran bahasa Arab melalui metode pengajaran kosakatayang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab intensif di Pusat Bahasa dan Budaya IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauhmana efektifitas pembelajran tersebut dalam mencapai kemahiran berbahasa khususnya kemahiran berbicara.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif karena penelitian ini berusaha menggambarkan fenomena yang berkembang. Metode ini ditujukan pada proses pelaksanaan program pembelajaran bahasa Arab intensif berbasis kosakata yang diselenggarakan oleh PBB IAIN Syekh Nurjati Cirebon, khususnya semerter II tahun pelajaran 2011/2012.
Adapun Instrumen peneletian ini adalah peneliti itu sendiri, wawancara secara mendalam dengan pimpinan PBB, dosen
bahasa arab, mahasiswa, studi arsip atau dokumentasi yang ada, dan observasi langsung pada saat pembelajaran dilaksanakan.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran Bahasa Arab melalui metode pengajaran kosakata mempunyai kontribusi positif dan tepat diterapkan di PBB IAIN Syekh Nurjati Cirebon serta menuntut para dosen untuk mempersaipkan segala hal yang berkaitan dengan suksesnya pembelajaran tersebut dalam mencapai target pembelajaran yang ingin ditempuh. 2).
Praktek pembelajaran bahasa Arab berbasis kosakata tersebut belum terprogram dan berjalan secara maksimal. Ada beberapa permasalahan didalamnya, seperti dalam materi pelajaran yang digunakan, metode pengajaran kosakata, media yang digunakan dalam pembelajaran kosakata dan prinsip-prinsip memilih kosakata yang diajarkan.
Ada kecenderung pemahaman bahwa hafalan kosakata sebagai tujuan, bukan cara atau bekal untuk meraih kemahiran berbahasa.3). Secara umum, pembelajaran bahasa Arab berbasis kosakata tersebut sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Arab untuk non Arab, walaupun masih terdapat beberapa permasalahan yang harus diatasi, dengan harapan dapat memperbaiki dan menyempurnakan aspek-aspek penting yang harus ada didalam pembelajaran tersebut serta mampu mencapai target dan tujuan pembelajaran bahasa Arab yang diharapkan.
ABSTRACT
Learnig Arabic through vocabulary teaching method which is implemented in the Arabic intensive teaching program at the language and culture center (PBB) IAIN syekh nurjati Cirebon has a positive contribution and effective in achieving the four language skill. Vocabulary is the language element which is very urgent in determining individual language competence. In this case, PBB efforts to implement this learning model in the Arabic intensive teaching program since 2010/2011.
However, the principles of teaching Arabic for non native speaker was not well implemented yet, the target of teaching Arabic has not been achieved optimally, and the scientific research which is purposed to evaluate and treat the weaknesses is needed.
Based on the above problematic, this research is purposed to identify and evaluate the Arabic learning vocabulary based which is implemented in the intensive Arabic program at the language and culture center of IAIN syekh Nurjati Cirebon.
This research also aims to know how is the effectiveness of that teaching program toward the four language skill achievement especially speaking.
This research is conducted trough the qualitative approach by using the descriptive analyze because this research tries to describe the progressing phenomenon. This method is to capture the process of Arabic learning vocabulary based at the Language and culture center of IAIN syekh Nurjati Cirebon, especially the students of the second semester academic year 2010/2011.
The instrument of the research is the researcher himself, in depth interview with the head of PBB, Arabic lecturers, students, study of documentation and direct observation toward process of teaching and learning.
The result of this research is; 1) the Learnig Arabic through vocabulary teaching method has positive contribution and suitable to implement in the Language and culture center of IAIN syekh nurjati Cirebon and demand the lecturers to prepare every aspect relate to the success of teaching process in achieving the expected learning target 2). The practice of The Arabic learning vocabulary based has not programmed maximally, some problems instead such teaching material, method of vocabulary teaching, the media which is used in the vocabulary teaching, and the principle of determining vocabulary type that will be taught.
There is also an understanding tendency that the vocabulary memorizing is as the goal of teaching not as the way or material to achieve the language skill. 3). In general, the Arabic teaching vocabulary memorizing based has suited to some principles of teaching Arabic for non native speaker, however there some problems that need be overcome, with hopes of improving and refining the important aspects that should be lies in the teaching process and able to achieve the expected target and goal of Arabic teaching.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Dimyati, Mohammad Afifuddin and Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تعليم اللغة العربية; طريقة تعليم المفردات; Arabic teaching; vocabulary teaching method; Pembelajaran Bahasa Arab; Metode Pengajaran Kosakata | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Muhammad Syahriel | |||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2017 13:15 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 10:01 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7951 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |