Sari, Ika Mustika (2012) Pemikiran pendidikan Islam Abu Hasan Ali Hasan al-Nadwi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10770033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Abu Hasan Ali Hasan Al-Nadwi adalah seorang guru besar dan da’i yang bijaksana. Dalam hidupnya telah melihat kelemahan iman yang menimpa umat Islam, hal ini sangat mengusik hati pemikir ini karena melihat taqlid umat Islam pada kebudayaan negara-negara asing. Kelebihannya adalah membawa bendera ukhuwah Insaniyah. Melalui perjalanan hidupnya yang berkecimpung dalam dunia pendidikan dan dakwah, maka akan sangat bermanfaat jika pemikirannya dalam hal pendidikan Islam digali lebih dalam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemikiran pendidikan Islam Abu Hasan Ali Hasan Al-Nadwi, dengan fokus penelitian meliputi (1) pemikiran pendidikan Islam Abu Hasan Ali Hasan Al-Nadwi, dengan sub fokus meliputi: Pandangan Abu Hasan tentang ilmu, Pengertian Pendidikan Islam, Sumber dan asas Pendidikan Islam, Tujuan Pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Islam, Konsep Guru dan Murid, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pemikiran Abu Hasan Ali Hasan Al-Nadwi.
Penelitian ini diklasifikasikan pada penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, yaitu mengumpulkan data dari berbagai data primer dan sekunder yang relevan dengan tema penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan content analisys dengan tahapan penelitian meliputi; Heuristik (pengumpulan data); Verifikasi (kritik data); Interpretasi (penyimpulan data); serta Historiografi (penulisan data).
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemikiran Abu Hasan dalam pendidikan: Ilmu pengetahuan tidak dibeda-bedakan dan bersumber dari kalam Ilahi dan hadits nabawi, menurut Abu Hasan Pendidikan adalah alat untuk membentuk generasi baru yang beriman kepada Allah, berakidah Islam, membawa misi Islam dan melaksanakan dakwah Islam, asas dan dasar pendidikan Islam adalah Al-Qur’an dan Sunnah, tujuan pendidikan Islam adalah membentuk generasi baru yang berfikir dan beramal mulia serta penuh dengan ruh dakwah dan dapat bergaul dengan masyarakatnya. Kurikulum pendidikan Islam, menurut Abu hasan, harus ada pembiasaan-pembiasaan baik dari keluarga sejak dini, dan untuk sekolah formal, mata pelajaran yang diajarkan berorientasi “ketuhanan”, kemudian “kemanusiaan”, dan terakhir “kealaman”. Konsep guru dan murid, menurut Abu Hasan guru dan murid harus memahami tujuan hidup dan tugas mereka, melaksankan tugasnya dengan penuh keimanan kepada Allah, memahami keutamaan ilmu, tidak sombong, orientasi hidup bukan untuk urusan keduniawian. (2) Pemikiran Abu Hasan Ali Hasan Al-Nadwi dipengaruhi oleh berbagai hal yaitu latar belakang pendidikan, pendidikan awal beliau dapatkan dari keluarga yang sangat taat beragama dan memperhatikan pendidikan, kemudian peranan Dar al-ulum tempat dimana beliau belajar dan mengabdi, selain itu anugerah yang dilimpahkah oleh Allah kepada beliau yakni kecerdasan intelektual yang luar biasa, beliau juga sangat terkesan akan al-Qur’an dan sirah nabawiyah yang membentuk beliau menjadi pribadi yang zuhud dan ikhlash, serta pengaruh sosial yang terjadi di sekitar beliau baik dari dunia timur maupun Barat.
ENGLISH:
Abu Hasan Ali Hasan Al-Nadwi is a great teacher and wise proselytizer. In his life he has seen the weakness of faith which bear upon muslimin, this matter really touch on his heart, because seeing muslimin follow the culture of foreign state. His superiority is takealong the fligh of human brotherhood. Seeing his life which splash around the education and religious proselytizing, then will be very coming in useful to explore his thought of Islamic education.
This study aims to reveal the Islamic Education thought of Abu Hasan Ali Hasan Al-Nadwi with sub focus include: (1) analysis of his Islamic education though with sub focus: Abu Hasan’s opinion about knowledge, his interpretation about Islamic education, the source and principle of Islamic education, the purpose of Islamic education, the curriculum of Islamic aducation, the concept of educator and student, (2) the factor’s that influence Abu Hasan Ali Hasan Al-Nadwi thought.
This study classificationed at a qualitative approach with kind of research is library research. Data was collected through documentation that is collect data from any primer and secondary data that relevant with this research. Technical analysis of the data using content analisys with arranging inphase: heurictic (collecting data), verification (critict data), Interpretation (conclusion) and historiografi (writing data).
The results showed that: (1) The education thought of Abu Hasan Ali Hasan Al-Nadwi, in this matter the researcher arranged it into: he does not discerned the knowledge and the source of knowledge and education is Al-Qur’an and hadith, in his opinion the islamic education is an instrument to shape a new generation that belief in Allah, have faith in Islam, take along the mission of Islam and perform Islamic proselytize. The source and princip of Islamic education is Al-Qur’an and hadith, the purpose of Islamic education is to shape a new generation who think and do the noble thing with spirit of proselytize and can consort with their society. The curriculum of Islamic aducation, according to him is it should be there is a good habituality from the family since childhood, and for the formal school or institution the lesson oriented to “God” so “Humanity” and “Natural”. the concept of educator and student, according to him they have to understand the purpose of life and understand their duty, doing their duty full with faith to Allah, understand the superiority of knowledge, not arrogant, their orientation of life is not for worldliness. (2) Abu Hasan Ali Hasan Ali Nadwi’s thought was influence by various case, that is the background of his education, his first education is from his family which very obidient to Islam and very attention to education, so Daar al-ulum Nadwatul Ulama Lucknow the place where he studied and teach, in addition the Godsend that Allah gave him that is an amazing intelligent, he is also impression into Al-Qur’an and shirah Nabawiyah that shape him leave the world behind and be a sincerity person, also social influence that happen around him from east and west world.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto and Padil, Moh | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pendidikan Islam; Abu Hasan Ali Hasan Al-Nadwi; Islamic Education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2017 19:46 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2018 10:15 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7872 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |