Firdaus, Amelia (2025) Perancangan Islamic Boarding School Santriwati di Desa Sengon dengan Pendekatan Behavior Setting. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
210606110122.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. (12MB) |
Abstract
ABSTRAK:
Islamic Boarding School merupakan lembaga pendidikan berbasis asrama yang mengintegrasikan kurikulum pendidikan umum dan agama Islam untuk membentuk generasi yang unggul secara akademis dan berakhlak Islami. Namun, lingkungan IBS kerap menghadapi tantangan sosial, seperti perundungan (bullying) yang disebabkan oleh struktur sosial senioritas, kurangnya pengawasan, dan dinamika interaksi santri. Berdasarkan data KPPPA tahun 2023, 41% anak Indonesia pernah mengalami bullying di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, diperlukan strategi perancangan ruang yang mampu merespons permasalahan ini secara holistik.
Pendekatan Behavior Setting digunakan dalam perancangan islamic boarding school khusus santriwati jenjang Madrasah Aliyah (MA) di Desa Sengon, Kabupaten Pasuruan. Pendekatan ini menitikberatkan pada interaksi antara manusia dengan ruang dan aktivitas, serta mempertimbangkan aspek sosial, psikologis, dan fisik dalam pembentukan perilaku. Rancangan dilakukan dengan mempertimbangkan tiga unsur utama: manusia, alam, dan bangunan, sehingga menghasilkan ruang yang mendukung interaksi sosial positif, pengawasan alami, serta menciptakan zona aman bagi santriwati.
Desain islamic boarding school ini juga mengusung nilai-nilai keislaman seperti ukhuwah Islamiyah, ibadah, kasih sayang, dan tauhid sebagai dasar pembentukan karakter. Ruang-ruang seperti asrama, masjid, dan ruang belajar dirancang untuk memperkuat spiritualitas, membentuk kedisiplinan, dan mengurangi potensi konflik. Penataan massa bangunan mempertimbangkan kedekatan aktivitas utama santriwati dengan asrama, guna mencegah isolasi dan meminimalkan peluang terjadinya bullying.
Dengan pendekatan behavior setting dan nilai keislaman yang terintegrasi, rancangan Islamic Boarding School ini diharapkan dapat menjadi solusi pendidikan holistik yang mendukung perkembangan karakter dan spiritual generasi Alpha dalam lingkungan yang aman dan positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Mutiara, Elok and Andriya N, Anita |
Keywords: | Islamic Boarding School; behavior setting; bullying; generasi Alpha. |
Subjects: | 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120110 Architecture of Building for Educational and Research Purposes > 12011007 Pesantren (Islamic Boarding School) |
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Arsitektur |
Depositing User: | Amelia Firdaus |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 13:20 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 13:20 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/77466 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |