Permadani, Indriati Alia (2025) Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan Kelas 1 di MI Alma'arif 3 Langlang Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
210103110140.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kemampuan membaca pada tahap awal merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi siswa karena menjadi fondasi dalam memahami berbagai mata pelajaran. Namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam belajar membaca permulaan, yang disebabkan oleh rendahnya motivasi serta kurang tersedianya media pembelajaran yang sesuai. Untuk itu, media pembelajaran berbasis augmented reality dipilih sebagai alternatif yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa di sekolah dasar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 di MI Al Ma’arif 3 Langlang Singosari, (2) mengetahui tingkat validitas, kelayakan, dan kemenarikan media yang dikembangkan, serta (3) mengetahui perbedaan keterampilan membaca permulaan sebelum dan sesudah penggunaan media tersebut. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Lee and Owens. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, serta tes pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan mencakup lembar observasi, panduan wawancara, angket validasi ahli, angket respon siswa, serta soal tes. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan subjek sebanyak 20 siswa kelas 1 MI Al Ma’arif 3 Langlang Singosari. Data dianalisis menggunakan persentase untuk validasi dan respon, serta uji N-Gain untuk mengukur peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa (1) prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. (2) tingkat validitas dan kelayakan media yang dikembangkan memperoleh kategori sangat layak dan valid berdasarkan hasil validasi dengan presentase 98% dari ahli media, 88% dari ahli materi, dan 79% dari ahli bahasa. Respon siswa menunjukkan kemenarikan produk dengan presentase 94%. (3) perbedaan keterampilan membaca sebelum dan sesuah menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata pre-test 52,4 dan post-test 82,1. Hasil analisis uji N-Gain 0,5 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Dengan demikian media pembelajaran berbasis augmented reality dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 MI Alma’arif 3 Langlang Singosari.
ENGLISH:
Early reading skills are a very important basic skill for students because they form the foundation for understanding various subjects. However, many students still experience difficulties in learning to read, which is caused by low motivation and a lack of appropriate learning media. For this reason, augmented reality-based learning media was chosen as an attractive alternative that is suitable for the characteristics of elementary school students.
This study aims to (1) describe the procedure for developing augmented reality-based learning media to improve the early reading skills of first-grade students at MI Al Ma'arif 3 Langlang Singosari, (2) determine the validity, feasibility, and attractiveness of the developed media, and (3) identify differences in early reading skills before and after using the media. The method used was Research and Development (RnD) with the Lee and Owens development model. Data collection techniques included observation, interviews, questionnaires, and pre-test and post-test assessments. The instruments used included observation sheets, interview guides, expert validation questionnaires, student response questionnaires, and test questions. The sampling technique used was purposive sampling, with 20 students from class 1 of MI Al Ma'arif 3 Langlang Singosari as subjects. Data were analyzed using percentages for validation and responses, as well as the N-Gain test to measure learning outcome improvements.
The results of this research and development are (1) a procedure for developing augmented reality-based learning media. (2) The validity and feasibility of the developed media obtained a very feasible and valid category based on the validation results with a percentage of 98% from media experts, 88% from subject matter experts, and 79% from language experts. Student responses showed the attractiveness of the product with a percentage of 94%. (3) The difference in reading skills before and after using augmented reality-based learning media showed an improvement with an average pre-test score of 52.4 and a post-test score of 82.1. The results of the N-Gain test analysis were 0.5, which falls into the moderate improvement category. Thus, augmented reality-based learning media can improve the initial reading skills of first-grade students at MI Alma'arif 3 Langlang Singosari
ARABIC:
تُعَدُّ القُدْرَةُ عَلَى القِرَاءَةِ فِي المَرْحَلَةِ الأُولَى مِنَ المَهَارَاتِ الأَسَاسِيَّةِ الهَامَّةِ جِدًّا لِلطُّلَّابِ، لأَنَّهَا تُشَكِّلُ أَسَاسًا فِي فَهْمِ المَوَادِّ الدِّرَاسِيَّةِ المُخْتَلِفَةِ. إِلَّا أَنَّ كَثِيرًا مِنَ الطُّلَّابِ لا يَزَالُونَ يُوَاجِهُونَ صُعُوبَاتٍ فِي تَعَلُّمِ القِرَاءَةِ المُبْتَدِئَةِ، بِسَبَبِ ضَعْفِ الدَّافِعِيَّةِ وَنَقْصِ الوَسَائِلِ التَّعْلِيمِيَّةِ المُنَاسِبَةِ. وَلِذَلِكَ، تَمَّ اختِيَارُ وَسِيلَةٍ تَعْلِيمِيَّةٍ مُعْتَمِدَةٍ عَلَى تِقْنِيَةِ الحَقِيقَةِ المُعَزَّزَةِ كَبَدِيلٍ جَذَّابٍ وَمُلَائِمٍ لِخَصَائِصِ طُلَّابِ المَدَارِسِ الِابْتِدَائِيَّةِ.
يَهْدِفُ هَذَا البَحْثُ إِلَى وَصْفِ إِجْرَاءَاتِ تَطْوِيرِ وَسِيلَةٍ تَعْلِيمِيَّةٍ مُعْتَمِدَةٍ عَلَى الحَقِيقَةِ المُعَزَّزَةِ لِتَعْزِيزِ مَهَارَةِ القِرَاءَةِ المُبْتَدِئَةِ لِطُلَّابِ الصَّفِّ الأَوَّلِ بِمَدْرَسَةِ مِي الأَلْمَعَارِفِ٣ لَنْلَنْغ سِينْغُوسَارِي، وَمَعْرِفَةِ مُسْتَوَى الصِّحَّةِ وَالصَّلَاحِيَّةِ وَالجَاذِبِيَّةِ لِلوَسِيلَةِ المُطَوَّرَةِ، وَمَعْرِفَةِ الفَرْقِ فِي مَهَارَةِ القِرَاءَةِ المُبْتَدِئَةِ قَبْلَ وَبَعْدَ اسْتِخْدَامِ تِلْكَ الوَسِيلَةِ. الطَّرِيقَةُ المُسْتَخْدَمَةُ فِي هَذَا البَحْثِ هِيَ بَحْثٌ وَتَطْوِيرٌ (R&D) بِنَمُوذَجِ "لِي وَأُوْنْز". أَمَّا أُسْلُوبُ جَمْعِ البَيَانَاتِ فَيَشْمَلُ: المُلاَحَظَةَ، المُقَابَلَةَ، الاسْتِبْيَانَ، وَاخْتِبَارَيْ قَبْلِيٍّ وَبَعْدِيٍّ. وَالأَدَوَاتُ المُسْتَخْدَمَةُ تَشْمَلُ: اسْتِمَارَةَ المُلاَحَظَةِ، دَلِيلَ المُقَابَلَةِ، اسْتِبْيَانَ تَحْكِيمِ الخُبَرَاءِ، اسْتِبْيَانَ رُدُودِ فِعْلِ الطُّلَّابِ، وَأَسْئِلَةَ الاخْتِبَارِ. أَمَّا أُسْلُوبُ اختِيَارِ العَيِّنَةِ فَهُوَ العَيِّنَةُ القَصْدِيَّة (Purposive Sampling)، وَكَانَت العَيِّنَةُ تَتَكَوَّنُ مِنْ ٢٠ طَالِبًا مِنَ الصَّفِّ الأَوَّلِ فِي مِي الأَلْمَعَارِفِ (٣) لَنْلَنْغ سِينْغُوسَارِي. وَتَمَّ تَحْلِيلُ البَيَانَاتِ بِاِسْتِخْدَامِ النِّسَبِ المِئَوِيَّةِ لِلتَّحْكِيمِ وَالرُّدُودِ، وَاخْتِبَارِ N-Gain لِقِيَاسِ تَطَوُّرِ نَتَائِجِ التَّعَلُّمِ.
وَأَسْفَرَتْ نَتَائِجُ هَذَا البَحْثِ وَالتَّطْوِيرِ عَنْ إِجْرَاءَاتِ تَطْوِيرِ وَسِيلَةٍ تَعْلِيمِيَّةٍ مُعْتَمِدَةٍ عَلَى الحَقِيقَةِ المُعَزَّزَةِ، وَحُصُولِ الوَسِيلَةِ المُطَوَّرَةِ عَلَى تَقْيِيمٍ "صَالِحٍ جِدًّا وَصَحِيحٍ" بِنِسَبِ ٪٩٨ مِنْ خَبِيرِ الوَسَائِلِ، ٪٨٨ مِنْ خَبِيرِ المَادَّةِ، وَ ٪٧٩ مِنْ خَبِيرِ اللُّغَةِ، وَبَلَغَتْ نِسْبَةُ جَاذِبِيَّةِ المُنْتَجِ حَسَبَ رُدُودِ الطُّلَّابِ ٪٩٤، وَظَهَرَتِ الفُرُوقُ بَيْنَ مَهَارَةِ القِرَاءَةِ قَبْلَ وَبَعْدَ اسْتِخْدَامِ الوَسِيلَةِ التَّعْلِيمِيَّةِ المُعْتَمِدَةِ عَلَى الحَقِيقَةِ المُعَزَّزَةِ تَطَوُّرًا مَلْحُوظًا، حَيْثُ بَلَغَ مُتَوَسِّطُ دَرَجَةِ الاخْتِبَارِ القَبْلِيِّ ٥٢٫٤ وَالاخْتِبَارِ البَعْدِيِّ ٨٢٫١، وَأَسْفَرَ تَحْلِيلُ اخْتِبَارِ N-Gain عَنْ قِيمَةٍ تُقَدَّرُ بِـ ٠٫٥ وَهِيَ تَقَعُ فِي فِئَةِ "التَّطَوُّرِ المُتَوَسِّطِ".وَبِذَلِكَ، يُمْكِنُ القَوْلُ إِنَّ الوَسِيلَةَ التَّعْلِيمِيَّةَ المُعْتَمِدَةَ عَلَى الحَقِيقَةِ المُعَزَّزَةِ قَادِرَةٌ عَلَى تَعْزِيزِ مَهَارَةِ القِرَاءَةِ المُبْتَدِئَةِ لِطُلَّابِ الصَّفِّ الأَوَّلِ فِي مِي الأَلْمَعَارِفِ (٣) لَنْلَنْغ سِينْغُوسَارِي.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Sugiri, Wiku Aji |
Keywords: | Membaca permulaan; Media pembelajaran; Augmented Reality; Beginning Reading; Learning Media; Augmented Reality; القراءة الابتدائية، الوسيلة التعليمية، الواقع المعزز |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Indriati Alia Permadani |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 14:22 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 14:22 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/77360 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |