Prihastuti, Evi (2014) Penerapan pendidikan lingkungan hidup dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN Tunjungsekar I Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan hendaknya mampu menjawab persoalan-persoalan yang nantinya dihadapi siswa di masyarakat serta dapat memecahkan masalah saat ini terkait kesadaran lingkungan generasi muda yang mulai merosot. Pendidikan lingkungan hidup sangat penting karena berpengaruh terhadap sikap dan perilaku anak. Oleh karena itu, pendidikan lingkungan hidup yang diberikan di sekolah hendaknya bisa menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Terkait hal tersebut di SDN Tunjungsekar I Malang menerapkan pendidikan lingkungan hidup dengan berbagai macam kegiatan yang tidak hanya dilaksanakan di kelas namun juga kegiatan di luar kelas.
Penelitian ini difokuskan untuk (1) mengetahui penerapan pendidikan lingkungan hidup di SDN Tunjungsekar I Malang mulai dari perencanaan, implementasi dan hasil. (2) mengetahui dampak penerapan pendidikan lingkungan hidup terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedua hal tersebut.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data-data yang ada untuk menggambarkan realita sesuai dengan fenomena yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup mulai dari perencanaan, implementasi dan hasil di SDN Tunjungsekar I Malang meliputi pembelajaran di kelas, memilah sampah, piket kelas, pengaitan antara pelajaran umum dengan pendidikan lingkungan hidup, Jum’at bersih, komposing, outbond, peringatan menyambut hari lingkungan hidup sudah terlaksana dengan baik serta nilai-nilai yang terkandung di dalam masing-masing kegiatan sesuai dengan visi dan misi sekolah. Untuk pelaksanaannya dilakukan setiap hari melalui pembiasaan dan terjadwal. Pendidikan lingkungan hidup ini mampu memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan materi yang relevan, terbukti dari nilai hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Disamping itu, pendidikan lingkungan hidup mampu menghasilkan anak-anak yang selalu peduli dan berbudaya lingkungan. Hal ini terbukti dari tingkah laku anak setiap harinya. Anak menjadi lebih peduli terhadap lingkungan dan tidak merasa berat ketika melaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikan lingkungan hidup.
ENGLISH:
Education should be can answer the problems involved by students in the society and be able to solve the problems concerned the rising generation to awarness about environment that degenerative. Environmental education is very important because of have the influence to children attitude and behavior. Therefore, environmental education has given by school can be a habit in daily life. Concern based the things, in SDN Tunjungsekar I Malang implement environmental education with kind of activity not just implement in the class but also out class.
This research has been focused to (1) knowing about implement environment education in SDN Tunjungsekar I Malang begin from the planning, implementation, and result. (2) knowing the impact of the implementation of environmental education about result of study in social science. This research purposed to describe both of that things.
Data collected by observation, interview, and documentation. To analytic method for data, writer use the descriptive qualitative analytic technique, that describe and interpret data to explain the fact based of real phenomenon.
The result of this research shows that in implementation environmental education begin on the planning, implementation, and result in SDN Tunjungsekar I Malang iclude studying in the classroom, classify trash, class picket, relevance about the general lesson and environmental education, clean Friday, composting, outbond, extend the environmental education day have been carried out well with values in each activity based on the school’s vision and mission. For the implementation is do every day by the habituation and scheduled. Environmental education be able to given the positive influence in upgrade the value of lesson on the social science with the relevan lesson, this proven to the lesson value that get upgrade. Beside, environmental education can be product children who always care and behave based the environment. This shown from the children’s behavior in everyday. Children be more cara about environment and not feel so hard when doing activity environmental education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Lingkungan Hidup; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial; Environmental Education; Student Result; Social Science | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2017 18:09 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2017 18:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7685 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |