Rahmawati, Nur Aini (2025) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Wordwall terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN Burengan 3 Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
210103110109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. (6MB) |
Abstract
INDONESIA:
Minat merupakan sebuah fenomena yang muncul dari interaksi individu dengan lingkungannya. Minat belajar sangat penting dalam mendukung keberhasilan proses belajar. Namun, adanya penurunan minat belajar pada peserta didik masih sangat sering ditemui dalam setiap jenjang pendidikan. Fenomena ini dapat terlihat dari kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penurunan minat belajar ini dapat disebabkan beberapa faktor seperti metode pembelajaran, strategi pembelajaran yang kurang efektif, media pembelajaran yang kurang menarik, maupun inovasi guru yang kurang dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran digital seperti penggunaan media berbasis wordwall ini dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterlibatan peserta didik dalam belajar sehingga dapat memunculkan minat belajar pada peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis wordwall terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV SDN Burengan 3 Kediri.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest, melibatkan seluruh peserta didik kelas IV sebagai sampel penelitian. data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan uji statistik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar peserta didik meningkat dari 56,93 kemudian pada pretest menjadi 66,78 pada posttest. Nilai signifikansi menunjukkan 0,000 ≤ 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media wordwall. Temuan ini mengindikasikan bahwa inovasi dalam penggunaan media pembelajaran digital dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Hendaknya penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran pendidikan pancasila untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.
ENGLISH:
Interest is a phenomenon that result from how people interact with their sorroundings. Interest in learning is very important in supporting the success of the learning proccess. However, a decline in students interest in learning is still frequently found in every level of education. This phenomenon can be observed through the lack of student engagement in the learning procces. The decline in learning interest may be caused by several factors, such as ineffective learning methods, inappropriate learning strategies, unappealing learning media, or insufficent teacher innovation in classroom instruction. The use of digital learning media, such as wordwall based media, has the potential to create a more enjoyable learning athmosphere. Tis can increase student activity and engangement, thereby fostering students learning interest. This study aims to determine whether or not there is an influence of using wordwall-based learning media on students learning interest in pancasila education for fourth-grade students at Burengan 3 Kediri elementary school.
The research method used in this study is quantitative with a one group pretest-posttest design, involving all fourth-grade students as the research sample. Interviews, observations, and questionares were used to gather data. Ststistical test dan hypothesis testing were then used to analyze the data. According to the study’s findings, pupils averange level of learning interest rose from 56,93 on the pretest to 66,78 on the posttest. The use of wordwall media has a onsiderable influence as indicated by significance value of 0,000 ≤ 0,05, indicating that H0 was rejected and Ha was accepted, this confirming a sigificant influence of using wordwall media on students learning interest. These findings indicate that innovation untilizing digital learning medu acan enhance students learning interst and create a more interactive and enjoyable learning environment. Therefore, this study is expected to serve as an alternative approach in teaching pancasila education to improve students learning interest.
ARABIC:
الاهتمام هو ظاهرة تنشأ من تفاعل الفرد مع بيئته. يمكن للعلاقة بين الفرد وبيئته أن تثير الاهتمام في النفس. الاهتمام بالتعلم هو دافع يمكن أن يخلق متعة عندما يقوم الشخص بشيء ما، مما يعزز الحماس لتلبية الرغبة في التعلم. انخفاض اهتمام الطلاب بالتعلم يحدث بسبب نقص ابتكار المعلمين في نماذج التعليم القائمة على الرقمنة. استخدام وسائل التعليم الرقمية مثل استخدام وسائل تعتمد على ووروال يمكن أن يخلق تجربة تعليمية أكثر متعة وبالتالي يعزز الاهتمام بالتعلم.
المنهج البحثي المستخدم في هذا البحث هو منهج كمي بتصميم اختبار قبلي وبعدي لمجموعة واحدة، شارك فيه جميع طلاب الصف الرابع كعينة للدراسة. تم جمع البيانات من خلال استبيانات، وملاحظات، ومقابلات. ثم تم تحليل البيانات باستخدام الاختبارات الإحصائية واختبار الفرضيات. أظهرت نتائج البحث أن متوسط اهتمام الطلاب بالتعلم ارتفع من 56.93 في الاختبار القبلي إلى 66.78 في الاختبار البعدي. أظهرت قيمة الدلالة 0.000 مما يعني وجود تأثير معنوي لاستخدام وسيلة ووردوول. تشير هذه النتائج إلى أن الابتكار في استخدام وسائل التعليم الرقمية يمكن أن يعزز اهتمام الطلاب بالتعلم، ويخلق جوًا تعليميًا أكثر تفاعلية ومتعة. ينبغي أن يكون هذا البحث بديلاً في تعليم مادة الفلسفة الإندونيسية لتعزيز اهتمام الطلاب بالتعلم.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Azizi, Alfan Nur |
Keywords: | Media pembelajaran; Minat belajar; Pendidikan pancasila; Learning media; Wordwall; Learning interest; Pancasila education; وسائل التعليم؛ ووردوول ؛ اهتمام بالتعلم؛ تعليم الفلسفة الإندونيسية |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Aini Rahmawati |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 11:51 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 11:51 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/76747 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |